Liburan Kok Ke Bali Melulu? Ke Jawa Barat Dong!

10:11:00 PM

Image taken from pexels.com
Seperti biasa, tiap tahun rasanya kita semua punya wishlist. Mau melakukan ini, melakukan itu. Mau ke sana, mau ke situ.
Tapi ujung-ujungnya tetap ... di depan laptop, dasteran sama maskeran ...
Ya walaupun di depan laptop, dasteran dan maskeran, sebenarnya tetap bisa plesiran ... lewat Youtube atau baca Tintin. Yah, kasihan banget ya :')
Wishlist saya tahun ini (awalnya) adalah tidak merencanakan liburan ke mana-mana. Sebetulnya saya memang bukan tipikal anak traveling, yang dikit-dikit "kurang piknik". Tapi saya punya tujuan pergi ke kota lain untuk menghadiri acara atau pokoknya ada perlunya lah.
"Kayaknya tahun ini aku mau ke Bali, deh," kata saya kepada seorang teman. "Sekitar April gitu, ada acara yang pengen aku datangi."
"Hmm, Bali? Lagi? Tiap tahun ke Bali, setahun dua kali. Kamu gak bosen? Ke kota lain lho."
"He em. Aku sebetulnya pengen ke daerah Jawa Barat. Aku belum pernah ke sana. Melas nemen. Tapi, mau ke mana ya? Aku kok bingung malahan ..."
"Jawa Barat bagus-bagus lho. Ke Situ Gunung, menikmati senja di balik danau."
"Caelaah ... Penikmat senja, anaknya indie banget nih? :))"
Saya ini memang anak media online. Makanya plesirnya digital *halah. Plesiran saya itu melalui bahan bacaan-bacaan yang saya baca untuk menulis artikel hahaha *sad. Dari situ saya akhirnya tahu kalau di Jawa Barat memang banyak tempat-tempat yang bagus yah, cocok untuk menyepi. Lagipula kalau ke Jawa Barat sebetulnya terjangkau juga kalau dari Malang. Tinggal naik kereta api. Naik kereta api itu bagi saya menyenangkan daripada pesawat atau pun bis. Selain karena harga tiket kereta api yang terjangkau, minim mabuk darat maupun udara. Ya maklum, udik saya ini. Naik bis, mabuk. Naik pesawat, jetlag. Mending mabuk minum-minum, lha ini mabuknya muntah-muntah :((
Konon, kata teman saya, Mbak Nana, harapan dan tujuan itu harus dituliskan supaya cepat terkabul. Setelah beberapa puluh artikel saya tulis, scrolling-scrolling Instagram dan keluar-masuk situs wisata, saya menemukan beberapa lokasi wisata yang menarik di Jawa Barat:

Pulau Biawak, Indramayu

pulau biawak
Sumber: wisatabagus.net
Dari dulu saya bercita-cita ke Pulau Komodo, tapi jauh dan biayanya cukup besar ya. Ternyata di Indramayu ada komodo versi mini hehehe. Tepatnya di pesisir utara Indramayu.
Walaupun sebenarnya saya bukan pecinta reptil, bahkan lihat cicak aja saya bisa reaktif menyebalkan, tapi di saat-saat tertentu saya bisa berani menantang diri sendiri. Biawak memang tidak seagresif komodo, tapi tubuh biawak yang bisa mencapai tiga meter itu konon cukup menguji nyali lho.
Selain hang out bareng biawak, di Pulau Biawak itu pemandangan bawah lautnya cakep dan ada hutan bakau yang bagus. Jadi, Pulau Biawak bisa masuk ke dalam to-do list. Tinggal memperbanyak latihan zumba supaya gesit kalau didekatin biawak.

Gunung Padang, Cianjur

Sumber: kesininih.com
Saya lupa kayaknya pernah menulis di suatu blogpost, bahwa saya pengen berkunjung ke tempat-tempat yang banyak batu-batuannya. Aneh ya? Hobi kok melihat batu, sungguh aku dan obsesi hidupku yang aneh hahaha. Bagi saya tempat yang berbatu-batu itu aura mistisnya kena banget. Makanya pengen ke Stonehenge dan Easter Island. Tapi ya itu, jauh ... Takut cuti (dan duitnya) gak cukup *sebetulnya ini sih masalah utamanya.
"Lha kepengenan kok lihat batu? Itu di Gunung Padang aja ada, gak usah jauh-jauh!"
Bener aja, waktu saya cari infonya di internet, nggak jauh dari stasiun Cianjur ada sebuah tempat wisata peninggalan zaman meghalitikum. Tepatnya di Gunung Padang. Situs bersejarah zaman purbakala berbentuk piramida yang diperkirakan dibangun antara 9.000 hingga 20.000 tahun silam.
Saya selalu punya pertanyaan, kenapa ya orang-orang purba menaruh batu-batu di suatu tempat, dengan susunan tertentu? Apa tujuannya? Dan kenapa batu? Haduuuh, sungguh penasaran!

Situ Gunung, Sukabumi

situ gunung
Sumber: republikfotografer.com
Selain tempat berbatu, alam yang saya sukai itu danau. Mungkin ini juga karena obsesi masa kecil pengen nari-nari di padang rumput dekat danau seperti Julie Andrews di salah satu scene The Sound of Music yang nggak kesampaian.
Suatu hari saya iseng melihat tab "discovery" di Instagram dan menemukan postingan seorang traveler. Jembatan gantung yang panjang banget membentang di antara pepohonan. Saya kira itu di luar negeri. Eh, ternyata di Situ Gunung. Penasaran, saya tap lah itu location-nya. Lho, ada danau juga. Danaunya cakep! Kalau langitnya cerah, pohon-pohon yang mengelilingi danau itu refleksinya bisa terpantul oleh air danau.
Membayangkan bikin susu cokelat panas, terus gitaran. Udah macem Julie Andrews beneran belum? Atau kayak Heidi? *ketahuan umurnya kalau ngomongin Heidi gini. Kalian dulu baca cerita Heidi gak sih?

Cuma gara-gara nulis ini aja, saya langsung cek tiket kereta api traveloka. Impulsif ya. Eh, tau-tau kok kepencet booking. Eh tau-tau kirim surat cuti. Eh eh ...
Nggak apa-apa, yang penting rencananya sudah dituliskan. Siapa tahu doanya didengarkan ya 'kan? Jatah cuti 30 hari setahun, horee :p

You Might Also Like

3 comment

  1. aku mau ke gunung padang
    penasaran sama situs arkeologinya
    bagus banget itu

    ReplyDelete
  2. Ah....kepengen ke Situ Gunung Sukabumi deh :) Bisa foto2 cantik, berenang di danaunya bisa ga ya? hehehhe.... Aku mah emang urang Sunda ti Bandung.. tapi jarang2 wisata alamnya. Kapan2 lah berkunjung ke tempat2 alami nan romatis.

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia