Unstoppable Me: 3 Bulan Pertama di 2018, Melaju Terus Seperti Kereta Api

6:40:00 PM



Nggak terasa sudah bulan Maret, minggu pertama. Memang seringkali nggak terasa waktu seperti berlari, bukan lagi berjalan. Larinya nggak tanggung-tanggung, marathon! Padahal sepertinya baru kemarin lho saya menulis soal "tahun baru" di blog ini.

Melihat jadwal sejak awal tahun, rasanya dipenuhi dengan berbagai project. Sebenarnya cuma dua project sih, tapi padat dan  berasa berlari-lari mengejar jadwal kereta api yang berganti begitu cepatnya. Happy, tapi menegangkan, takut kelewat dan telat.

Komentar teman kalau saya bilang, "Iya, ini kayaknya aku running," selalu ditangkis, "Gak running ah kamu itu, juggling."

Baca Juga: Karena Manusia Bukan Benda, Berinvestasilah Pada Jiwa Raganya

Untuk yang belum tahu, ini adalah tahun ke-empat saya bekerja di bawah naungan Kapanlagi Youniverse (dulunya "Kapanlagi.com", kemudian berganti jadi "Kapanlagi Network", dan per Februari berganti lagi menjadi "Kapanlagi Youniverse"). Dari berbagai ups and downs, memang saya paling awet di bawah dekapan channel Vemale.com, part of KLY untuk women network. 

Nah, sejak 2016 kemarin, saya menyandang pekerjaan sebagai Partnership and Community Coordinator. Seperti yang disinggung di atas, ada dua project besar yang saya kerjakan untuk Vemale. Yang pertama adalah Vemale Talks dan Vemale Stories.

Vemale Talks

Vemale Talks adalah offline community gathering yang diadakan rutin hampir setiap bulan. Vemale Talks sendiri diadakan di dua kota, yaitu Malang dan Jakarta (karena kantor dan SDM Kapanlagi Youniverse ada di dua kota tersebut).

Untuk Malang sendiri, saya mengkomando event per tiga bulan bersama Mbak Nana (managing editor Vemale.com). Sebetulnya Vemale sudah pernah mengadakan event gathering di tahun 2015. Tetapi karena SDM-nya kurang fokus (iya, kamu yang kurang fokus, Wind), akhirnya baru bisa terlaksana lagi di tahun 2016 kemarin. Tepatnya bulan Desember, dalam rangka merayakan Hari Ibu. Highlightnya bisa dilihat di video ini:



Nah, di bulan Maret ini, tepatnya tanggal 10 Maret nanti, Vemale juga akan mengadakan event gathering dalam rangka International Women Day. Tema kali ini adalah "#imPOSSIBLE: Aku ada, aku berkarya, aku berdaya" yang bertujuan untuk empowering teman-teman Vemalist yang merasa putus asa, takut atau nggak mampu mewujudkan mimpinya. Oh iya, setiap tema event offline yang diselenggarakan Vemale itu pasti bersinergi dengan tema campaign tiap bulannya. Jadi kamu akan menemukan benang merah antara event offline, online activity hingga video series.



Untuk event bulan Maret ini, konsep A-Z sudah matang sejak Januari. Mulai dari payung besar, partner untuk diapproach, wishlist speakers hingga promo event. Entah karena sudah mulai mempelajari ritmenya dari event sebelumnya dan juga partner yang semakin teredukasi, event bulan Maret ini berasa lebih ringan dan lebih santai saat persiapan. Puji Tuhan, cari partner dan speakers juga mudah dan pesertanya pun yang mendaftar banyaaaaak! Aduh seriusan lho, saat banyak peserta yang antusias dengan event yang kita buat, itu rasanya berkali-kali lipat bahagianya yang gak bisa terbayar dengan apapun.

Makanya saya heran saat ada teman yang pernah bilang kalau eventnya (kuis) banyak pesertanya, dia nggak happy karena bingung nyortirnya. Lah ... Justru itu tandanya orang menaruh perhatian ke brandmu dan apa yang kamu lakukan. Sebuah penghargaan lho.

Semoga event bulan Maret dan bulan-bulan selanjutnya berjalan dengan baik dan kita semakin cuan!

Vemale Stories

Another project that makes me feel so alive! Project ini sebetulnya adalah lanjutan obral-obrol dengan tim KATA Pictures yang support event Vemale di bulan Desember yang lalu. Punya keinginan yang sama, akhirnya sepakat lah Vemale berkolaborasi dengan KATA Pictures di tahun 2018 ini. Mempersembahkan sebuah video series berjudul #VemaleStories.

Vemale Stories sendiri sebetulnya adalah cara Vemale dan KATA Pictures menyampaikan pesan bahwa "There's a story behind every person and we believe, everyone has a story to tell."

Saya lahir dari rahim editorial, nggak pernah mencicipi produksi video secara profesional. Baru kali inilah saya belajar dari tim KATA Pictures, proses produksi secara profesional meski baru sebatas di konsep ide cerita. 

Setiap bulannya, kami memproduksi 3 video yang mengangkat tema campaign bulanan Vemale. Ternyata proses seperti ini ... menantang! Mulai dari "mau dibikin seperti apa", mencari narasumber, approach narasumber, belanja box, sampai jadi tukang motongin bunga dekorasi. 

Untuk detilnya, bisa disimak di Youtube channelnya Vemale.com ya ~


Meski agak terpontang-panting ke sana-kemari, sejujurnya yang membuat saya selalu happy -- bahkan kata Mbak Nana "Lapo se kamu iki ngguya-ngguyu ae, Nik!" (Kamu ini kenapa ketawa-ketawa aja) saat saya bikin kebodohan malah ngakak -- adalah karena saya mengerjakan hal yang membuat saya senang. 

Sungguh lah kegiatan-kegiatan ini jauh dari kata jenuh dan membosankan. Saya bisa ketemu banyak orang, dengan berbagai cerita kehidupan yang luar biasa. Hal yang nggak pernah saya bayangkan sebelumnya, bahwa lewat project-proejct ini saya bisa dipertemukan dengan orang-orang "biasa" yang punya kisah luar biasa. 


Selain itu, saya belajar betul begitu pentingnya support system. Orang-orang, baik dalam pekerjaan maupun di luar pekerjaan, yang terlibat dengan saya dan memberi semangat serta dukungan penuh ... dan juga mengingatkan. 

And now, I feel my life is like a train. UNSTOPPABLE :)

Dari apa yang saya kerjakan dan alami beberapa bulan ini, saya belajar hal lain yang nggak kalah penting: "Ketika kamu mengajak orang lain untuk bertumbuh dan berproses bersama, tetapi mereka hanya mau berdiri di tempat saja, bukan artinya kamu juga harus berhenti. Mereka lah yang harus berhenti. Leave him/her, teruskan dan temukan orang-orang yang mau mewujudkan mimpinya bersama kamu."

Dan sekali lagi mengutip kata Morrissey, "That's how people grow up..."

You Might Also Like

3 comment

  1. Selalu suka dengan pekerjaan yang berbau kreatif, baca ceritanya jadi inget kerja dulu di media hehehe selalu suka ketemu dengan orang baru, create event dan benar nggak bikin jenuh!
    Semoga sukses ya mbak untuk event bulan ini dan event-event lainnya.

    ReplyDelete
  2. aku tadinya mau komen baik.
    trus kamu ga bawain titipanku. aku jadi kehausan.

    trus aku jadi ga konsen mau komen baik-baik.
    windaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!

    ReplyDelete
  3. Saya menanti project kerennya (dan orangnya juga) dtg ke Surabaya. Kapan yaa

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan