Kita Semakin Menua, The Adams Tetap Awet Muda

10:43:00 PM


the adams, album the adams, lirik the adams, pelantur the adams, konservatif the adams, janji joni, OST jani joni,

Perkenalan saya dengan The Adams dimulai sejak saya masih berseragam putih-biru alias masih SMP. Tepatnya tahun 2005, waktu pertama kali film Janji Joni tayang. Yakinlah, pasti cerita awalan yang klise ini juga banyak dialami oleh orang-orang seumuran saya karena memang lagu Konservatif yang jadi OST-nya Janji Joni ini begitu fenomenal dan remarkable.

Siang kusaksikan engkau terduduk sendiri // Dengan kostummu yang berkilau // Dan angin sedang kencang-kencang berhembus // Di Jakarta

Sejak hari di mana saya tahu lagu Konservatif dan menonton film Janji Joni, saya seperti punya ikatan batin dengan The Adams. Seperti cinta, memang terkadang kita tidak punya alasan pasti kenapa kita menyukai sesuatu sebegitunya 'kan?

Setahun setelahnya, saya sudah bertransformasi menjadi gadis SMA. Tidak banyak teman-teman saya yang tahu tentang The Adams, karena teman-teman sekolah saya sejak SD sampai SMA lebih menyukai musik-musik hiphop, R n B atau rock yang banyak diputar di televisi. Ya nggak salah sih, 'kan namanya selera. Tapi saya ingat punya teman sekelas namanya Friz dan dia lah satu-satunya yang tahu The Adams di sekolah :")

Berbekal duit jajan yang dikumpulkan dari menahan lapar nggak jajan pangsit mie dan es moka, kami berdua pergi ke Inspired dan menyambar album V2.05 dengan jumawa. Waktu itu belum ada Record Store Day di Malang, jadi tahunya beli CD band 'indie' itu di distro hahahaha ... Anak distro ya ampuuuunnn ...

Setelahnya, memutar lagu "Halo Beni" kemudian menyanyikannya sambil jingkrak-jingkrak setelah mandi adalah rutinitas yang menyegarkan. Berangkat sekolah, memutar "Selamat Pagi Juwita" lewat MP3 (dulu CD-nya diripped dong biar bisa masuk di MP3) yang dicolokin ke tape di mobil adalah sebuah mandat walau jarak sekolah ke rumah cuma 5 menit naik mobil. Waktu itu baru dipasang Wi-Fi di sekolah dan murid-murid boleh bawa laptop, meracuni teman-teman dengan video klip "Konservatif" adalah hal yang khayal ... karena ternyata teman-teman saya pada nggak suka HAHAHAHAHA ...

Bertahun-tahun setelahnya, karena CD yang ketlisut entah di mana pun karena preferensi musik dan pergaulan yang berubah, ikatan batin itu merenggang meski saya masih tetap memutar lagu-lagu mereka melalui layanan streaming musik online.

Hingga pada tahun 2015, saya dichat oleh Mbak Nana, "Nonton The Adams yuk, main lho di belakang Stadion Gajayana." Rasanya nggak percaya, saya coba cari info sendiri. Dan ternyata benar! The Adams manggung di Malang setelah sekian puluh tahun ... Langsung saya iyakan ajakan Mbak Nana dan kami janjian malam itu nonton bareng-bareng.

Malam itu, melihat The Adams membawakan lagu-lagu yang pernah jadi soundtrack masa remaja saya, rasanya saya nggak bisa menahan ke-lebay-an diri buat lompat-lompat dan sing along. Saya dan ratusan orang yang menonton di stage kecil itu seolah nggak peduli dengan hujan rintik-rintik yang turun. Berdiri di barisan terdepan itu militan! Nostalgia lebih penting ketimbang bersin-bersin!


the adams, album the adams, lirik the adams, pelantur the adams, konservatif the adams, janji joni, OST jani joni,

"Duh, aku pengen nangis bisa nonton band masa remajaku, Banana ..." kata saya ke Mbak Nana.

Tahun lalu, saya kembali hadir di barisan terdepan menonton Ario saling melempar jokes witty dengan Ale di atas panggung A-stage Soundrenaline 2017. Tentang Ario yang mulai ngos-ngosan, dan jokes Ale soal uban membuat saya ingat, "Sumpah, sudah 12 tahun berlalu sejak aku pertama kali mendengarkan lagu Konservatif!" Dan rasanya, hampir semua yang berdiri di depan panggung saat itu tidak ada yang tidak bisa menyanyikan semua lagu The Adams.

the adams, album the adams, lirik the adams, pelantur the adams, konservatif the adams, janji joni, OST jani joni,

Hey, di manakah engkau berada // Tiada kabar berita // Kucari engkau gelisah ..

Kemarin, saat Record Store Day 2018, CD single "Pelantur" saya timang-timang dengan sayang. Sengaja nggak mau mendahului mendengarkan di Spotify sebelum saya punya CD tersebut. Sepulangnya dari acara, barulah saya memutar single "Pelantur" dan special track "Just" di Spotify dan tidak membuka plastik pembungkus CD-nya sampai hari ini.

the adams, album the adams, lirik the adams, pelantur the adams, konservatif the adams, janji joni, OST jani joni,


Luangkan waktu 'tuk berpikir // Jangan pernah mudah tersindir // Nanti engkau akan tersingkir // Lihatlah sekitarmu // Bukalah matamu // Masih ada waktu // Banyak hal yang perlu engkau tahu

Beberapa band yang dulu di awal kemunculannya saya suka, akhirnya mengikuti tren musik terbaru dan sedikit mengubah gaya bermusiknya. Namanya juga mengikuti perkembangan zaman dan hal itu nggak salah. Tapi tidak semuanya cocok dengan selera saya yang ternyata nggak terlalu berkembang ini hehehe ...

So, untuk single "Pelantur" dan special track "Just" ini bagaimana? Saya rasa judul di atas sudah menggambarkan kesan saya.

All day .. alone with you in every minutes left // Seems to be an endless conversation // In any words

You Might Also Like

1 comment

  1. makin seru pasti bareng temen yg udah lama

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia