Experience: Cara Registrasi dan Aktivasi Akun Jenius di Malang

10:21:00 PM


registrasi jenius

Mungkin saya benar-benar mengimani dan mengamini 'ideologi' generasi milenial yang mana salah satunya dikenal sebagai generasi cashless. Saking sungguh-sungguhnya menjadi bagian dari cashless society, saya sering nggak punya duit dua ribuan buat bayar parkir motor πŸ˜‚ Sayangnya, bayar parkir motor di Malang yang sering berpolemik ini belum bisa di-tap-tap pakai Tcash, e-money, Brizzi, Flash atau macem pembayaran kayak OVO. Ya iyalah yaaa ... wong parkir di Malang ini banyak anunya ... Ah sudahlah πŸ˜•

Kembali lagi soal cashless. Setahu saya, cashless di masa kini ini memang lebih menguntungkan. Kalau dari sisi perekonomian, yang saya baca-baca, biaya untuk mencetak uang tunai pun berkurang sampai triliyunan berkat gerakan non-tunai (GNT). Jadi saya baru tahu kalau mencetak selembar uang pun ada biayanya, tergantung dari kompleksitas sistem pengamanannya. Kalau mau lebih jelas, silakan Googling ya, saya nggak punya kapabilitas dan pengetahuan cukup buat menjelaskan hehehe ~

Kalau dari sisi kepraktisan, jelas, cashless itu menguntungkan untuk orang-orang males ribet dan pelupa semacam saya karena tidak perlu khawatir kalau uang jatuh (dih duitnya berapa banyak sih sampai jatuh-jatuh πŸ™ˆ) atau jadi korban kejahatan karena ya memang nggak ada duit tunainya. Lebih mantap lagi kalau punya m-banking atau install apps fintech di smartphone 'kan. Bisa-bisa tahun 2030 anak-anak kita terkagum-kagum tuh sama yang namanya 'dompet' karena sudah bertahun-tahun dompet tak lagi dipakai untuk nyimpen duit.

Omong-omong soal fintech, sekarang lagi getol-getolnya ya orang Indonesia sama fintech. Di smartphone, saya sendiri baru saja install Jenius. Sebetulnya telat banget sih saya ini punya Jenius, karena campaignnya Jenius sendiri sudah dari tahun lalu kalau nggak salah. Setelah peluncurannya, saya sempat penasaran sih gimana sih pakainya Jenius ini. Lha tapi karena ada surveynya untuk aktivasi dan di Malang nggak ada crew Jeniusnya, saya jadi urung lanjut ke step berikutnya.

Kemudian di suatu siang yang terik dan panas di kepala, mengharuskan saya punya akun Paypal. Sebenernya sudah dari dulu saya mau bikin akun Paypal tapi selalu saya tunda-tunda. Singkat cerita, saya kembali pusing setelah sign up karena harus punya kartu kredit gitu untuk pencairan dana di Paypal. Saya nggak punya kartu kredit, sales-sales CC yang nawarin saya anggurin semua dan akhirnya sekarang nyesel hahahaha ... Sedangkan untuk membuat akun Paypal tanpa punya kartu kredit, cara yang lazim digunakan adalah menggunakan jasa VCC alias virtual credit card.

Tanya sana-sini, bikin VCC pun ada biayanya. Inilah momen di mana saya kumat kikirnya dengan mikir, "Aku bisa pasti nih ngurus sendiri. Selalu ada jalan!" Saya pun nanya-nanya ke Rendy yang selalu dengan caranya sendiri yang judes dan menyebalkan, ternyata mengarahkan saya ke jalan yang benar hahahahha ... Kata Rendy, "Bikin o Jenius ae lho, aku lho nggawe iku gantine CC." (Bikin Jenius aja, aku pakai itu buat gantinya CC).

Langsung saya install lagi tuh apps Jenius yang pernah saya hapus setahun lalu. Saya ikutin step-by-stepnya seperti di instruksi di sini. Sampai pada step terakhir saya mikir ... Ternyata untuk aktivasinya, harus diverifikasi oleh Jenius Crew-nya yang akan mendatangi kita ... itu kalau kita tinggalnya di Jakarta. Nah, kalau yang di luar kota gimana? Ternyata bisa langsung datang ke bank BTPN Sinaya yang ada di kota masing-masing!

Saya agak ragu sih awalnya, jadi saya nanya dulu ke Fanpagesnya Jenius Connect. Eh ternyata memang seperti itu prosesnya. Jadilah setelah melengkapi step terakhir di apps, besoknya saya pergi ke kantor BTPN Sinaya di Jalan Bromo.

Kantor BTPN Sinaya di Jalan Bromo ini gemes banget deh, modelnya nggak kayak bank-bank biasanya. Ambiencenya kayak coffee shop gitu lho. Petugas-petugasnya pun nggak pakai seragam yang formalnya gimanaaa gitu kayak bank-bank pada umumnya. Formal, tapi santai. Sepertinya ini bagian dari brandingnya bank BTPN yang sekarang ya.

Begitu sampai di BTPN Sinaya Jalan Bromo, saya dipersilahkan duduk. Eh, petugasnya dong yang datengin kita, bukan kita yang ngantri di mejanya petugas. Ndilalah kok petugasnya ini temen-temen kuliah saya, Yerike dan BibiπŸ˜‚Jadinya nggak ngurus-ngurus malah ngobrol. Setelah obrolan ngalor-ngidul semi reunian, saya dimintain KTP kemudian diuruslah itu aktivasinya. Nggak sampai 5 menit, selesai prosesnya. Nggak ada biaya administrasi, ataupun minimal dana untuk buka 'rekening' Jenius ini ya. Nantinya kita akan dapat nomor rekening di bawah pengelolaan bank BTPN

Setelah proses aktivasi itu, e-card yang ada di apps baru bisa digunakan setelah 24 jam. Sementara untuk m-cardnya, akan dikirimkan selambatnya 2 minggu ke alamat rumah kita. FYI, ada dua macam kartu Jenius yang akan kita miliki setelah sign up, yaitu e-card dan m-card. E-card itu kartu virtual di apps. E-card inilah yang bisa difungsikan seperti CC, karena ada kode CVV-nya untuk diinput ke form-form yang diperlukan. Sedangkan m-card itu kartu fisik yang difungsikan seperti kartu debit. Ohiya, providernya Jenius ini adalah VISA ya.

Sepengalaman saya, untuk aktivasi Jenius ini sama sekali nggak ribet. Bahkan sebelum 24 jam, e-card saya sudah aktif dan saya bisa melanjutkan sign up Paypal yang tertunda itu. Sementara untuk m-cardnya dikirim ke rumah sekitar 1 mingguan.

Sampai post ini ditulis, fungsi Jenius yang sudah saya manfaatkan memang baru untuk keperluan 'ambil kode' CVV untuk membuat akun Paypal. Belum eksplor lebih jauh. Tapi sepertinya sangat menarik untuk difungsikan maksimal, seperti transfer antar bank tanpa biaya administrasi, mengatur pos keuangan bahkan untuk merencanakan tabungan buat mewujudkan mimpi ... *tsah.

Kalau kalian di Malang dan mau buka akun Jenius, silakan dilengkapi dulu registrasinya di apps kemudian aktivasinya di sini:



Selamat menjadi bagian dari cashless society ... Ingatlah pesan saya soal ke-less-lessan berikut ini πŸ˜‚


You Might Also Like

2 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia