Meringkas Bawaan Traveling Jadi Lebih Praktis Berkat Ovale Micellar Cleansing Water

10:40:00 PM


ovale micellar water
Ovale Micellar Cleansing Water | Image taken by Winda Carmelita
Selama tiga bulan terakhir ini, saya bongkar-muat isi ransel terus. Beberapa acara mengharuskan saya traveling dadakan. Sebagai orang yang malas ribet, tentunya ransel jadi andalan karena saya paling malas bawa koper geret gitu. Selain tangan jadi nggak bebas karena harus menenteng koper, pakai ransel itu lebih compact dan fleksibel. Tinggal cangklong, langsung lari deh ~

Selama bertahun-tahun, saya berusaha meringkas barang bawaan saya supaya bisa muat hanya dengan satu tas ransel dan satu tas utama untuk keperluan yang mudah dicari. Biasanya saya toh perginya cuma 2-3 hari saja, jadi nggak perlu bawa barang banyak-banyak. Memang sih tergantung occasion-nya apa, tapi formulasi pakaian saya biasanya nggak jauh-jauh dari ini:

  • 1 celana jeans, dipakai saat berangkat, pulang dan aktivitas sehari-hari
  • 1 dress kaos, yang bahannya ringan dan sporty
  • 1 celana pendek buat jalan dan sekalian buat tidur (jorok ya, hahahhaha, gakpapa demi...)
  • 3 atasan, bisa ketiganya kaos atau mix dengan kemeja. Salah satu kaos terakhir biasanya dipakai sekalian buat pulang (makin jorok, Wind, huahauhauhua)
  • 3 pasang pakaian dalam
  • 1 jaket buat dipakai sehari-hari
Untuk handuk, biasanya kalau nginep di hotel, pakai handuk hotel saja. Sepatu juga biasanya saya pakai keds/slip on untuk segala acara, jadi jarang bawa sepatu tambahan. 

Sudah itu saja. Cukup light ya, bawaannya? Oh, jangan salah ... Printilan saya yang ribet justru di bagian buat dandan dan skincare. Jadinya usaha meringkas isi ransel sebetulnya sia-sia saja sih, karena makeup pouch dan toiletriesnya masih berat juga.

Sejak dulu saya selalu khawatir kalau-kalau ada kebutuhan toiletries yang ketinggalan di rumah. Padahal kalau mau dipikir praktis, 'kan ada banyak minimarket, tinggal beli aja to. Tapi sekian perjalanan ini membuat saya belajar gimana caranya meringkas printilan makeup, skincare dan toiletries jadi lebih sedikit, tapi nggak mengurangi nilai fungsinya.

So, saya mau bagi-bagi tipsnya:

Make Up

Untuk make up, saya sekarang hanya bawa yang basic saja. Toh biasanya kebutuhan make upnya natural saja. Yang biasanya saya bawa: BB cream, eyeliner, maskara, pensil alis, lipstik. Kalau perlu eyeshadow, bawa yang pallete 2 warna saja. BB cream ini di kulit saya sudah cukup menahan minyak, jadi nggak perlu dibedakin lagi. Lipstik bawa dua warna, yang keduanya bisa difungsikan selain buat mewarnai bibir juga buat blush on. Sungguh lifehack yang bermanfaat untuk nusa-bangsa ya :))

Toiletries

Urusan sabun mandi, saya nggak idealis harus pakai sabun yang gimana-gimana. Zaman sekarang, hotel atau dorm sudah menyediakan sabun cair, shampoo bahkan kondisioner. Kalau sabun mandi, pakai yang sudah disediakan saja. Kalau shampoo, biasanya saya bawa yang travel size. Kondisioner, yah mengalah sedikit lah, fungsinya digantikan dengan vitamin rambut yang bentuknya kapsul. Yang jelas harus bawa sendiri itu sikat gigi beserta odolnya. Body lotion di depot ke wadah travel size. Kelar deh.

Skin Care

Untuk skincare, ini tricky banget karena di rumah saya biasanya ribet banget. Pagi ribet, malam ribet. Tapi kalau traveling, harus menurunkan keidealismean dulu lah. Biasanya yang saya bawa dan wajib adalah tiga hal ini: pelembab, sunscreen dan micellar water. Pelembab dan sunscreen adalah benda wajib buat daily. Sementara kalau malam hari, pakai pelembab yang sama dengan pagi hari saja, nggak perlu bawa night cream, toh cuma untuk 1-2 malam aja. 

Sementara itu, belajar dari pengalaman, ternyata micellar water adalah item yang bener-bener bermanfaat. Kemarin saya traveling dan butuh make up yang sedikit niat, jadi pakai maskara yang waterproof. Ternyata susah banget dihapusnya, walau sudah cuci wajah pakai facial wash. Malah sisa beleberan di mata seperti panda. Harus dibersihkan dengan pembersih yang lebih 'niat'.

Jarang-jarang tuh saya bawa micellar water, tapi sebelum berangkat saya mampir ke minimarket dan beli Ovale Micellar Cleansing Water. Kebetulan micellar water yang lama sudah habis dan Ovale Micellar Water ini keikut sama tas isinya jajanan hehehe .. Ternyata ya, Ovale Micellar Cleansing Water ini penyelamat! Saya nggak berekspektasi bakal bisa menghapus sisa maskara, BB cream dan eyeliner yang agak bold. Ternyata dua kali swipe aja, sudah bisa angkat eyeliner dan lipstik matte. Kalau maskara, harus ditekan dan didiamkan 5 detik-an, baru di-swipe. Kayaknya kalau untuk make up mata yang cukup tebal, caranya harus seperti ini biar bisa maksimal bersihnya.

(Atas-bawah) Eyeliner, lipstick matte, maskara waterproof | Image taken by Winda Carmelita

Sisa make up yang terangkat | Image taken by Winda Carmelita

Yang saya suka dari Ovale Micellar Cleansing Water ini adalah nggak ada rasa licin sama sekali setelah diusap ke wajah. Benar-benar konsistensinya menyerupai air lho. Setelahnya saya nggak cuci wajah lagi karena ... agak malas ke kamar mandi. 'Kan saya nginepnya di dorm gitu, sebangsal isinya cuma saya. Agak horor mau ke kamar mandi sendiri 😂 (ternyata alasannya sederhana hahahahhahaa) Sungguh keberadaan Ovale Micellar Cleansing Water ini sangat membantu lah karena praktis banget 'kan!

Oh iya, Ovale Micellar Cleansing Water ini punya dua varian, yaitu pink (brightening) dan hijau (brightening untuk kulit berjerawat). Yang saya miliki adalah yang pink, yang 200 ml. Eh kemarin waktu saya jalan ke minimarket lagi, saya baru tahu kalau ada yang kemasan 100 ml. Lebih kecil, lebih praktis, cocok buat bepergian karena nggak makan banyak ruang. Sepertinya saya bakal beli yang kemasan 100 ml deh buat di pouch travelling.

Dengan cara-cara di atas, sekarang beban tas ransel saat saat traveling jauh berkurang drastis. Memang, menyederhanakan sesuatu itu tantangannya nggak mudah. Saya belajarnya dari hal-hal kecil seperti meringkas isi ransel seperti ini.

Apa kamu punya pengalaman atau lifehack lain untuk meringkas kebutuhan traveling jadi lebih simpel? Boleh dong saya dibisikin :D

Ovale Micellar Cleansing Water
Varian: Pink (Brightening) dan Hijau (Brightening for acne skin)
Ukuran: 100 ml dan 200 ml
Harga: Rp21.000 (100 ml) dan Rp33.000 (200 ml)
Beli di: toko kosmetik, drugstore, minimarket dan supermarket terdekat di kotamu

You Might Also Like

2 comment

  1. Berarti kalo bisa dipake bersihin buat makeup berat bisa juga dipake buat bebersih kena debu dan kotoran di jalanan ya. Huehehehe. Coba ah.

    ReplyDelete
  2. Kalo itk urusan skin care aku biasanya bawa yg travel size. Kalo ga ada size kecil, mau ga mau pindahin ke tempat yg lbh kecil. Tp skin careku skr ada aih travel size nya.. Khusus ini aku agak emoh kalo hrs ngurangin items nya mba :D. Mndingan aku disuruh ngurangin bawa baju, drpd skin care huahahahah. . Ato make up deh. Lebih rela ngurangin itu, krn aku memang jrg dandan. Tp yg namanya skin care, wajib , jgn dikurangi :D

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia