Resep Bakmi Ayam Jamur (Kering)

8:35:00 AM

Bakmi Ayam Jamur


Zaman kuliah dulu, di kampus ada yang jualan mi ayam dan itu rame banget. Sebagai orang yang 3 tahunan hidupnya di unit kegiatan mahasiswa melulu, makanan-makanan seperti mieayam itu sudah kayak ibadah harian. Wajib hukumnya. Selain memang nggak banyak pilihan makanan murah lainnya sih :))

Sepanjang saya menghabiskan waktu masa kuliah saya di UKM dulu, mungkin bisa dihitung jari lah saya beli mi ayam Jakarta ini. Selebihnya lebih suka beli lalapan dan nasi goreng kulit yang kulitnya masih jadi misteri hingga kini (kulit apakah itu kok kalau kulit ayam lebar dan tebal? Hahahahhaha).

Entah kenapa ya, mi ayam Jakarta yang dijual di kampus itu nggak menggairahkan buat saya. Mungkin karena saya bukan penggemar makanan yang cita rasanya manis. Topping ayam kecapnya terlalu manis, ngalah-ngalahin rasa mi itu sendiri. Kalau teman-teman saya malah makannya ditambahin saos-saosan Rhodamin B dan kecap lagi. Byuhhh... Tapi ya balik lagi itu selera ya.


Saya tuh selalu kebayang-bayang kalau mi yang toppingnya agak manis itu macam bakmi atau mi yamin yang dijual di depot-depot di Jakarta. Topping ayam dengan jamur. Dulu pernah nyoba sekali waktu awal-awal belajar masak. Waktu itu belum tahu cara dan bumbu yang pas membuat topping ayam jamur yang kering. Setelah beberapa kali percobaan membuat ayam jamurnya, akhirnya sekarang sudah tahu caranya. 

Yuk mari ini resepnya.

Bahan topping ayam jamur: (seperti biasa, tanpa takaran ya, dikira-kira saja sendiri)
Dada ayam, sisihkan bagian daging, kulit dan tulangnya.
Jamur kancing
Bawang putih
Bawang bombay
Saus tiram
Kecap ikan
Minyak wijen
Kecap asin
Kecap manis
Kaldu jamur bubuk
Gula
Garam
Merica bubuk
Daun bawang, cincang

Bahan kuah kaldu:
Rebusan tulang ayam
Kecap asin
Minyak wijen

Bahan minyak bawang:
Kulit ayam
Minyak goreng
Daun bawang cincang
Bawang putih

Bahan mi:
Mi telur (atau pakai mi yang sesuai selera. Di foto ini pakai mi telur yang agak tebal)
Kecap asin
Minyak bawang
Kecap ikan
Lada
Minyak wijen

Pelengkap:
Sawi daging
Bawang merah goreng

Cara membuat:

Kaldu:
  1. Rebus tulang ayam dengan air secukupnya. 
  2. Saat merebus, saring gelembung dan sisa-sisa kotoran supaya hasil kaldunya jernih.
  3. Bumbui dengan kecap asin, lada dan garam.
Minyak bawang:
  1. Panaskan minyak goreng dengan api kecil. Goreng kulit ayam sampai cukup garing dan minyaknya keluar semua.
  2. Masukkan daun bawang cincang, aduk-aduk, jangan sampai gosong.
  3. Setelah daun bawang kecoklatan, baru masukkan bawang putih. Aduk-aduk 3-5 menit saja sampai warnanya kecoklatan.
  4. Angkat dan sisihkan.
Topping ayam:
  1. Setelah dicuci bersih, potong dadu dada ayam bagian dagingnya saja. Sisihkan.
  2. Cincang bawang putih dan bawang bombay. Tumis dengan sedikit minyak goreng dan mentega (supaya wanginya gurih). Tambahkan 1 sdm minyak bawang yang tadi sudah dibuat.
  3. Masukkan potongan dada ayam. Aduk sampai setengah matang.
  4. Tambahkan bumbu-bumbu: kecap asin, kecap manis, lada bubuk, kaldu jamur bubuk, kecap ikan, minyak wijen, saus tiram. Aduk sampai rata menyelimuti daging ayamnya.
  5. Masukkan jamur kancing yang sudah diperas sebelumnya. Aduk lagi sampai bumbu merata.
  6. Tuang setengah cangkir air supaya bumbunya meresap.
  7. Koreksi rasa. Sebisa mungkin toppingnya ini berasa asin supaya nanti nggak kalah sama kuah dan mi-nya.
  8. Biarkan masak dengan api kecil selama 10 menit. Nantinya kuah akan menyusut dan mengental sehingga ayam jamurnya jadi mengering. 
  9. Angkat, sisihkan.
Mi:
  1. Rebus mi dengan air mendidih sesuai bungkus paketnya.
  2. Di wadah yang lain, campurkan kecap asin, minyak wijen, kecap ikan, lada dan minyak bawang.
  3. Tuangkan mi yang sudah empuk ke dalam wadah. Aduk sampai semua bumbunya tercampur rata. Nggak perlu terlalu asin ya, karena toppingnya sendiri sudah asin.
Preparasi:
  1. Rebus sawi dengan air mendidih. Beri sedikit garam. Rebus selama 1-2 menit, langsung angkat dan siram dengan air dingin.
  2. Tata dalam mangkuk: Mi, lalu di atasnya diberi topping ayam jamur dan sawi. Taburi dengan daun bawang cincang dan bawang merah.
  3. Di mangkuk lain, tuangkan kuah kaldunya.
Bakmi Ayam Jamur

Selamat menikmati~ Bahan 1/2 kg daging ayam dan 250 gram jamur kancing, cukup untuk 8 porsi. Enak lah bisa makan bakmi ayam jamur sepuasnya. 

Silakan dicoba .. Ini lumayan banget buat yang mau bikin usaha kuliner yang rasanya ala-ala resto Chinese peranakan, tapi halal. (Semoga nanti saya bisa punya depot sendiri kalau sudah nggak kerja nulis ehehehe...)

Baca Juga: 

You Might Also Like

2 comment

  1. Ternyata bikinnya nggak terlalu sulit ya? Tapi kenapa yang dibikin abang2 itu lezat nian, jadi males bikin sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lezatnya karena nggak perlu capek cuci perabotan masak kali ya Mbak hihihi

      Delete

The Words is Mightier Than The Swords - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)