Malang Rasa Bali: Menikmati Senja dan Balinese Tumpeng Ramadan Ala Ubud Cottages Malang

ubud cottages


Kalau bicara tentang kuliner khas Bali, yang nyantol di kepala saya ya: Ayam Betutu sama Nasi Campur Babi. 2 makanan itu yang selalu saya cari kalau travelling ke Bali. Iya, biasanya memang kuliner khas Bali yang diburu adalah 2 makanan itu. Tapi saya baru 'ngeh' kalau kuliner khas Bali itu beragam sekali ... and surprisingly, rasanya sedap sekali!

Kemarin, saya mampir ke Ubud Cottages Malang. Yup, salah satu hotel dengan konsep yang berbeda dengan hotel-hotel lainnya yang ada di Malang ya Ubud Cottages Malang ini. Selain suasana resortnya yang kental banget dengan suasana liburan, di Ubud Cottages Malang ini masakannya cocok sama lidah.

Berhubung menyambut bulan Ramadan, Ubud Cottages Malang punya menu khusus lho, yaitu Balinese Tumpeng Ramadan. Nasinya campuran dari nasi kuning dan nasi putih. Kok lucu ya nasinya dicampur? Kalau di adat orang Jawa, nasi kuning melambangkan syukuran kebahagiaan. Nah, ternyata dalam adat masyarakat Bali, nasi putih perlambang kasta yang tertinggi. Itu penjelasan dari Chef Sadikin H. Seputro, chef dari Ubud Cottages Malang.


ubud cottages
Balinese Tumpeng Ramadhan | Image taken by Winda Carmelita for Vemale.com

Nasi tumpeng ala Bali ini dilengkapi lauk pauk yang rame banget. Karena terbiasa dengan nasi tumpeng ala orang Jawa Timuran yang ada sambal kentang balado, bali telur dan sebagainya, saya cukup terheran-heran dengan lauk pauk yang disajikan. Ada sate lilit, ayam betutu (seekor lho!), plecing kangkung, plecing kacang panjang, lawar dan ... ini favoritku banget, tum ayam!

Bisa dibilang makanan khas Bali itu penampilannya nggak ada yang cantik atau fancy. Tapi begitu masuk ke mulut, sedap banget. Kebanyakan memang bahannya dari bahan-bahan sambal mentah, tanpa pakai 'kunci' seperti kebanyakan masakan Jawa. Tapi justru di situlah kesegarannya, bikin makan jadi nggak berasa eneg atau bosan. Nambah-nambah terus lah. Apalagi kalau di Ubud Cottages Malang ini semua masakannya enak, padahal nggak pakai MSG. 

ubud cottages
Sate Lilit Serai |  Image taken by Winda Carmelita for Vemale.com

ubud cottages
Lawar |  Image taken by Winda Carmelita for Vemale.com

ubud cottages
Ayam Betutu |  Image taken by Winda Carmelita for Vemale.com
Berhubung saya orangnya doyanan sama masakan Indonesia dan doyan sama makanan pedas, ya langsung habislah sepiring. Gimana nggak, menyantap aneka makanan khas Bali, sore hari sambil menanti senja dan mendengar gemericik air yang menyegarkan dari kolam renang di hadapan saya ... serasa surga dunia pindah ke hadapan mata. Hehehe ...


ubud cottages
Tirta Empul Swimming Pool |  Image taken by Winda Carmelita for Vemale.com
Buat kamu yang di Malang, mau buka puasa bareng dengan menu yang nggak biasa, bisa langsung cuss ke Ubud Cottages Malang. Paket tumpeng seperti foto-foto di atas, bisa kamu santap bareng 4-5 orang teman dengan harga hanya Rp. 200.000 nett.

Butuh buka puasa berbanyak ria? Biasanya kan kalau bulan puasa gini pasti banyak acara buka bersama .. Ada paket menu mulai harga Rp. 35.000/orang. Ini udah full komplit, untuk minimal 30 pax. Nah ya wis, monggo bukbernya di sini, saya pasti ngikut meskipun nggak ikutan puasa hehehe ...

Menulis ini saya jadi pengen ambil cuti, terus bilangnya ke Bali. Padahal 'ngumpet' di Ubud Cottages aja huahahaha ... Abisnya suasananya ini holiday-able dan cuti-able sekali. Malang rasa Bali banget. Pengen mengintip suasana Ubud Cottages? Yuk ...

Ubud Cottages Malang
Jalan Bendungan Sigura-gura Barat no. 44
Malang, Jawa Timur
Phone : +62 341 5071458
IG : @ubudcottagesmalang
Twitter: @ubudcottgmalang
www.ubudcottagesmalang.com

Komentar

  1. saya suka rasa sambal matah. Enak rasanya :)

    BalasHapus
  2. Tumpeng memang identik dengan acara acara di tanah air kita ya gan :D selain Ramadhan waktu perayaan 17an juga pasti ada..
    Salam kenal ya..

    BalasHapus
  3. mantap, ada sambal matah yg seger pula

    BalasHapus
  4. Aku kok jadikangen urap sama sate lilit sambel matah

    BalasHapus
  5. ooowww... tidaaaak aku ngeliatnya tengah hari bolong bulan puasa.. kepengen dicobain semua liat fotonya

    BalasHapus
  6. murah juga ya untuk tempat yang nyaman dan asik

    BalasHapus
  7. itu.. air mancur kolam bikin gue nge-zoom hehe.. ternyata dari kendi ya. Kirain.. biasanya bayi bersayap alias cupid ^^

    BalasHapus
  8. Belakangan makin sering ngeliat ada Ubud dengan aroma Malang seliweran di sosmed. Begitu ngebaca review ini, makin kaget dengan harganya yang super murah kita sudah bisa ngedapetin view dan citarasa makanan yang sepertinya berbanding lurus dgn view di sini.
    Cakeeeeeep mak ^^

    BalasHapus
  9. pengen coba bikin sate lilit tapi belum kesampaian :)

    BalasHapus
  10. sedap nih keliatannya, pengen cobain sate lilit serainya belum pernah makan itu

    BalasHapus

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer