Kelebihan Nominal Saat Top Up Saldo Go PAY, Bisa Dikembalikan Nggak Ya?

gojek, gofood, gopay, refund gopay, withdrawal gojek, withdrawal gopay, transfer gopay,
Image taken from ardisaz.com
Pernah mengalami serangan jantung kecil? 

Beberapa hari yang lalu saya mengalaminya saat mengisi saldo GoPay saya via KlikBCA. Jadi siang itu saya berencana untuk order GoFood untuk makan siang. Entah mungkin karena saya terlalu menginginkan seporsi kwetiau goreng yang nikmat atau karena mabuk bikin proposal sejak pagi, niatan untuk mengisi saldo GoPay cuma Rp. 50.000 jadi kelebihan 0 sebiji. Yak, what the hell on earth saya sok buang duit ngisi GoPay Rp. 500.000 di tengah kegersangan invoice yang (saat itu) belum cair. *nangis gulung-gulung di kebun.

Saldo awal di aplikasi saya adalah Rp. 2.700. Saya baru menyadari kesalahannya saat melihat saldo di apps. "Bentar, ini kenapa angkanya kok aneh?" Harusnya 'kan Rp. 52.700 jadinya, kenapah jadi Rp. 502.700. Lemes bener soalnya meskipun pengguna Gojek, saya jarang pakai GoRide-nya, lebih sering pakai GoFood-nya. Iya sih, pasti bakal kepakai juga itu saldo horang kayah, cuma 'kan ... please, limaratus ribu banget sekali top-up?! :))

Akhirnya, saya sebar deh woro-woro di Twitter dan berbagai grup:




... sembari mencari tahu apakah bisa refund atau tidak. Ternyata, yang mengalami kesiweran seperti saya ini ada buanyak banget berdasarkan pencarian di Google. Rata-rata sih sama, karena sistem memasukkan nominal angka transfer di e-banking (maupun ATM) itu nggak otomatis dipisahkan sama ",". Jadi kesiweran itu memang nyata adanya ... dan GoJek menganggapnya sebagai kesalahan pribadi sehingga kita nggak bisa merefundnya.

Untungnya saya dibisikin sama Bogie, kalau fitur apps Gojek yang terbaru udah ada fitur untuk transfer dan withdrawal. Jadi, kita bisa men-transfer sejumlah nominal tertentu ke akun teman kita. Begitu pula dengan fitur withdrawal, sistemnya mirip dengan 'mencairkan' GoPay ke rekening bank kita. Dalam artian, meski GoJek nggak bisa me-refund top up GoPay kita yang salah, kita tetap bisa mengembalikannya melalui fitur withdrawal itu dengan dikenakan biaya Rp. 2.500 per transaksi.

gojek, gofood, gopay, refund gopay, withdrawal gojek, withdrawal gopay, transfer gopay,


Untuk menggunakan fitur transfer dan withdrawal, kita musti verifikasi akun Gojek dulu dengan upload foto KTP dan foto wajah kita. Maksimal 2x24 jam, kita akan mendapatkan konfirmasinya. Setelah konfirmasi didapatkan, fitur-fitur ini kemudian bisa digunakan. Tinggal ikutin aja step-by-stepnya.

Untungnya saat ini saldo GoPay saya yang kelebihan itu bisa balik ke rekening bank saya hanya dalam waktu 1x24 jam. Sementara, sisanya saya transferin ke temen dan sukses.

Cuma dalam waktu kurang dari 1 jam, semua masalah serangan jantung kecil itu terselesaikan. Berjam-jam setelahnya, banyak yang kemudian Whatsapp saya dan minta ditransferin GoPay juga karena malas harus top-up via e-banking, padahal saldo saya udah habis hahahaha ... *trus kepikir "Wah, besok buka usaha jasa top-up berlian ah!" :))

Memang kok terkadang hidupku ini dramatis dan so clumsy, semoga gak kejadian lagi!

Komentar

  1. iyaa kalo pake internet banking emang sering siwer ya, 0 nya dempet2 nemen. eh aku baru tau kalo udah ada fitur withdrawal di apps gojek hhaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitur apps updatean terbaru Mbak Wuri. Mungkin banyak yang komplain kejadian kaya gini yah, makanya ada fitur withdrawal

      Hapus
  2. Eh, apa cuma aku yg sekali top up bisa sejuta wkwjwkkw.. Soalnya aku tiap hr make sih mba :D. Makanya kalo isi lgs banyak juga hihihi... Kalo temenku malah kuatir ttg masalah saldo dihack kalo isi banyak.. Iya sih, bener juga.. Tapiiii. Kalo isi dikit2, aku mlah takut keburu kepake utk yg lain hahahah.. Maklumlah, lbh boros kalo tau ada uang di rekening

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bisa dihack ya gopay itu? Aku sempet baca juga di forum sih tentang kasus itu. Kalau aku top up kebanyakan itu cuma satu khawatirnya mbak, boros buat beli makan tambah gendut :))

      Hapus
  3. Waah baru tau ada fitur whithdrawal ini. Tapi ternyata salah pencet bisa terjadi di mana saja ya. Adikku pernah mau bayar firstmedia 240 rb keliru jadi 2.4 juta kelebihan nol satu. Untung bisa diurus juga. Tapi 2 minggu baru balik ke rekening.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa ada yang senasib. Iya kalau masih bisa direfund sih gapapa ya mbak walau lama. Lha kalau ad disclaimernya gak bisa direfund itu yg bikin pusing di awal hehehe

      Hapus
  4. Pernah juga Mak 400 ribu. Karena waktu itu belum ada fasilitas withdrawal, ya udah pasrah aja dipake belanja-belinji via gojek 😄

    BalasHapus
  5. untung belum pernah sampai salah begitu hahaha
    tapi aku baru tau loh ada fitur gitu - gitu
    solanya sama kayak mbaknya, make gojek cuma buat gofoodnya doang

    BalasHapus
  6. Wah aku belum pernah ngalami. Syukurlah bisa tertangani dengan baik ya mba. Soalnya aku juga pakai gopay mba :)

    BalasHapus
  7. hehe iya sekarang gojek udah ada fitur withdraw sama transfer, tapi malah was was kalo mau isi banyak-banyak takut dihack akun gopay nya. BTW tau gitu aku minta top up saldo gopay sama dirimu aja mba hihihi

    BalasHapus
  8. aku lho menunggu ditraktir kwetiawnya

    BalasHapus
  9. terus gimana tuh kalau seperti saya yang sudah withdraw dari tgl 14,september kemarin tapi hingga sekarang masih belum di proses alias masih belum masuk ke rekening ??
    padahal udah hubungi customer via email,bahkan telfon dan jawaban sama diminta menunggu 3x24 jam..haloo ini udah lebih dari 3x24 jam.

    BalasHapus
  10. Dan saya barusan kena,, mau isi gopey, nominalnya ane isi pin yg 6 angka.... Terjadilah.....war biasah......
    Lagi nunggu aktivasi id nya.. mudah2an cepet kelar... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus udh nyampe belom gopay yg mau dkembalikan ? Aku juga kena 😔

      Hapus
  11. Dan saya barusan kena,, mau isi gopey, nominalnya ane isi pin yg 6 angka.... Terjadilah.....war biasah......
    Lagi nunggu aktivasi id nya.. mudah2an cepet kelar... Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tau aktivasi brp lama?

      Hapus
    2. akhirnya ini gimna ya? karna saya masih nunggu verifikasi yang tak kunjung datang :( udh lebih dari 1 x 24 jam, tapi masih dalam proses jugaa

      Hapus
  12. Waduh saya lagi mengalami hal yg sama, masalahnya, ktp saya di tolak dan sekarang ga bs verifikasi ulang.. wah sumpah sekarang lg bingung bgt..

    BalasHapus
  13. Kak verifikasi id brp lama ya? Perlu email ke cust service gk?

    BalasHapus
  14. Saya mau tanya mbak, kemarin saya coba tarik dana dari gopay ke rek saya dan ada keterangan tunggu 2x24 jam tp kok sampai sekarang belum masuk ke rek ya dan statusnya juga masih on proses, apa sebaiknya saya hub cs ya?

    BalasHapus
  15. Hi winda, kalau boleh tau informasi utk saldo yg bisa di withdrawal ke rekening kita itu ada batasan brp atau bisa sejumlah total yg salah kita top up? Barusan mengalami nih dan baru verifikasi account, semoga berhasil. Info dong mba winda, thx.

    BalasHapus
  16. Lah... Kalau Saya Malah Sengaja Top up Tiap Hari 100rb.. Alias Ngencreng.. Entar klau.. Udah 6jt Baru Gua Ambil... Buat Beli HP Baru... Itu Rencananya...Hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer