Resep Sup Kepala Ikan Salmon Asam Manis

9:37:00 AM

resep sup kepala ikan salmon asam manis


Rasanya lama banget nggak nulis per-resep-an di blog ini. Apakah selama itu saya nggak masak? Oh tentu tidak? Masak adalah hiburan saya, bekerja adalah passion saya, leha-leha adalah life goals saya. Hahahaha ~

Sebetulnya setiap hari masih masak, tapi masaknya ya yang standar-standar begitu lho. Masakan rumahan semacam tumis anu, oseng itu, goreng inu. Kalau resep yang seperti itu, rata-rata orang juga bisa lah ya, wong bumbu dasarnya cuma itu-itu saja.

Baca Juga: Resep Soto Ayam Rumahan

Jadi kalau ada resep yang muncul di blog ini, percayalah itu adalah resep hasil eksperimen keluar dari zona nyaman. Seperti resep kali ini.

Awalnya karena beberapa hari yang lalu, dalam seluncuran dunia maya, saya lihat-lihat video soal budidaya salmon, sampai ke video-video panen salmonnya. Selama ini 'kan taunya cuma makan, nggak tahu prosesnya. Kemudian, dalam prosesnya, kepala salmon 'kan sering di-anak tiri-kan, dibandingkan dagingnya yang jadi idola buat difillet itu.

Lihat kepala salmon, saya jadi pengen masak deh. Selama ini kalau makan salmon ya dalam bentuk sushi, bento atau rice bowl. Itu pun beli, bukan masak sendiri. Akhirnya, kemarin sore, setelah tertunda-tunda, saya pergi ke swalayan dekat rumah dan nyikat satu pack kepala salmon.

Baca Juga: Resep Rice Bowl Chicken Teriyaki

Lucunya, walau judulnya sup KEPALA IKAN SALMON, jangan dinyinyirin ya, Sobat Warganet. Bahwasanya yang ada di foto ini, bukan KEPALA melainkan BUNTUT. Saya ambil random aja yang paling berat dari kepala ikan salmon yang sudah dipack di lemari pendingin, dengan asumsi "Oh ini di atasnya memang buntut, tapi siapa tahu bagian bawahnya ada kepalanya ketutupan." Ndilalah, pas di rumah di buka, jreeeng, ya full buntut sih hahahhaa ~ Tapi, biasanya pack-packan seperti ini memang campuran dari 'tetelan' kepala dan buntut kok. Nggak apa-apa lah ya, yang penting ikannya tetap salmon toh, bukan tiba-tiba jadi Megalodon gitu 😑

Baca Juga: Resep Mangut Ikan

Dari resep-resep yang saya baca dan pernah saya cicipin, umumnya kepala ikan dibuat sup segar yang cenderung rasanya asam. Mungkin untuk menetralisir aroma dan rasa amis. Dan seperti jutaan resep di luaran sana, nggak ada yang sama persis satu dengan lainnya. Begitu pun resep ini yang jadi pengalaman pertama saya masak salmon. Awalnya, manut sama resep di Cookpad. Tapi setelah dicicipin, aroma amis salmonnya masih terasa karena lemaknya banyak. Di tengah-tengah masak, putar balik lah nambahin asam Jawa dan jeruk nipis sama masukin tomat. Taraaa ~ Hasilnya seperti setengah garang asem, setengah sup ikan 😛😛

Wih, preambule-nya panjang banget ternyata. Jadi, marilah kita langsung masuk ke resepnya. Seperti biasa, takarannya suka-suka sesuai selera yah.

Bahan:

Kepala salmon (biasanya sudah dijual per kemasan, beserta tetelannya)
Jeruk nipis atau jeruk lemon (2 buah; 1 untuk bahan lumuran, 1 untuk nantinya masuk ke bahan bumbu)
Jamur kuping, bersihkan, potong-potong agar lebih mudah dikonsumsi
Tomat, cuci dan potong satu buah jadi empat bagian

Bumbu segar:

Bahan yang digeprek:
Serai
Bawang merah
Bawang putih
Kunyit
Lengkuas
Jahe

Bahan yang dirajang:
Cabe rawit (ambil segenggam, sebagian dirajang, sebagian biarkan utuh)

Bahan cemplung:
Asam Jawa
Daun salam
Daun jeruk
Gula
Garam
Merica bubuk

Cara Membuat:

  1. Cuci kepala salmon di bawah air mengalir, kemudian kucuri dengan jeruk nipis. Masukkan kulkas 1 jam untuk menetralisir keamisan. Kalau saya, masukin kulkas semalam. Paginya baru diolah.
  2. Tumis semua bahan geprek dengan sedikit minyak, sampai harum. Kemudian masukkan cabe rawit yang dirajang, daun salam, daun jeruk. Lanjut ditumis sampai wangi dan agak layu.
  3. Tambahkan air sampai separuh panci penuh. Biarkan bumbu sampai mendidih. 
  4. Cairkan asam Jawa di wadah, kemudian saring supaya ampas-ampasnya nggak keikut. Masukkan air asam Jawa ke panci, aduk sampai rata.
  5. Masukkan kepala salmonnya. Karena cenderung gampang hancur, jangan diaduk sering-sering yah. Kalau mau ngaduk, pinggir-pinggir kuahnya aja.
  6. Tambahkan tomat dan jamur kuping.
  7. Masukkan gula, garam, merica bubuk dan perasan jeruk nipis. Koreksi rasa.
  8. Tunggu sampai benar-benar mendidih dan matang.
  9. Saring bumbu-bumbu geprek yang mengambang. Saya lebih suka begini supaya nggak kemakan tuh lengkuas dikira daging 😅 Tapi buat yang lebih suka aromatik, biarin aja nggak apa-apa.
  10. Siap disajikan
resep sup kepala ikan salmon asam manis

Bagian kepala salmon ini adalah bagian yang paling banyak lemaknya. Asli, pas dicuci aja sampai bilas dua kali karena lemak yang jadi minyak ini banyak banget. Di tangan, amisnya nempel banget. Tapi, begitu matang, wah tentu saja enak luar biasa. Lemaknya yang super gurih itu, nggak jadi eneg berkat kuahnya yang asam. Makan ini siang-siang, dijamin segar.

Sup kepala ikan salmon ini enak dimakan sama nasi atau digadoin begitu saja. Buat anak-anak juga bisa, asalkan dikurangi aja takaran cabe rawit dan mericanya supaya nggak pedas. 'Kan salmon baik buat kecerdasan otak karena mengandung asam lemak omega-3. Buat kulit juga biar selalu kencang awet muda and always feeling twentitu gitu lho kayak Taytay.

Selamat mencoba! Semoga resep ini nggak mengecewakan. Besok-besok, enaknya kalau punya kepala salmon lagi, dimasak apa ya? Any idea?


Baca Juga: Resep Sambal Goreng Kentang Ati

You Might Also Like

0 comment

The Words is Mightier Than The Swords - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)