Tuesday, January 10, 2012

Januari


Jika Desember adalah bulan penuh kesukaan, maka Januari (seharusnya) adalah perpanjangannya. Bagaimana bisa kita tidak mencintai awal tahun, di mana sepertinya hampir semua pengharapan-pengharapan di dunia muncul? Begitu banyak suka resolusi bertaburan di langit dilenakan oleh suka cita. Gegap gempita, semangat penuh gairah. Dua belas bulan berikutnya adalah kenyataan yang harus dihadapi, harapan yang dirangkai, niat yang (harus) ditepati.


Beruntunglah mereka yang lahir di awal tahun. Mereka adalah kado berharga untuk orang-orang di sekitarnya untuk memulai lahir yang baru. Januari memang punya banyak keistimewaan, kecuali orang-orang yang keras hati dan terjebak dalam kelahiran di rasi itu.


Januariku adalah sekumpulan haru dan duka yang terbungkus dalam taburan ucapan. Betapa berusaha kureduksi semua euphoria itu karena sudah seharusnya aku menyadari tahun-tahun yang kemarin, semua kebanggaan itu hanyalah aku yang berusaha menjaring angin. Tidak pernah aku ingin ada pesta, ucapan, kejutan yang seakan menghabiskan waktu dan tenaga tapi tak meninggalkan apa-apa. Tidak pernah aku ingin ada bunga, bingkisan atau terlebih kembang api, karena cukuplah membahagiakan sebuah ucapan yang bukan sekedar karena apa yang muncul dan menjadi kewajiban, tapi karena kasih sayang yang tulus berselimutkan doa.


Kali ini belum kutentukan bagaimana membungkus Januariku tahun ini dengan tepat. Kata orang usia dua puluh berlari dengan begitu cepatnya. Adalah sia-sia jika kuhabiskan satu hariku dengan tawa riang saja, tanpa menyiapkan rencana-rencana untuk melalui tingkatan hidup.


Aku belum berharap melewatinya dengan hal yang istimewa karena ini masih begitu sulit. Kalau begitu, bisakah aku bersyukur, memaafkan dan melupakan untuk membuat Januariku menjadi mudah dan berbeda dari sebelumnya?


Terimakasih karena masih ada sebuah Januari lagi yang terbingkai dan Kau berikan untukku.



Semakin dewasa semakin banyak hal tidak terduga, yang tidak kita sukai,dan harapan-harapan kita, tidak terkabul.


Semakin naik tingkat kehidupan kita, semakin kita tahu bahwa hal-hal yang istimewa adalah saat-saat kecil yang berharga.


No comments:

Post a Comment

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)