Playlist Underrated: 5 Lagu Dewa 19 Yang Paling ...

3:58:00 PM

Jika ditanya grup band Indonesia yang jadi favorit, saya nggak punya banyak jawaban. Tapi saya bisa dengan cepat menjawab salah satunya adalah Dewa 19. Mutlak wajib pakai embel-embel 19. Karena setelah angka 19 itu hilang, sejujurnya perasaan mendalam saya mendengarkan lagu-lagu band yang sekarang mengikrarkan dirinya sebagai band nostalgia ini, mulai luntur. Postingan ini berawal saat saya menemukan kaset Dewa 19, yang tersisa dari era masa-masa pernah menyisihkan uang jajan demi kesenangan impulsif menurun di keluarga, yaitu beli kaset.

Memilih 5 lagu yang paling dari sekian banyak lagu Dewa 19, tentunya tidak mudah. Kalau boleh nakalan, saya masukin aja deh "Format Masa Depan" jadi poin pertama. Tapi ini bahas 'lagu', bukan 'album' jadi saya nggak boleh curang hehehe .. Jadi, ini pilihan saya, 5 lagu Dewa 19 yang paling ...

TOTO banget! (Rein dan Bayang-Bayang)



Salah satu influencer-nya Dewa 19 adalah TOTO. Di album awal ini, lagu Rein benar-benar terasa banget TOTO-nya. Mungkin bukan kapasitas saya kalau bicara soal kritik musik, tetapi sebagai pendengar awam, keyboard Dhani di menit ke 00.25 di lagu Rein cukuplah membuat kita merem dan nyantol kalau TOTO (dan Casiopea) punya pengaruh besar dalam karya-karya awal Dewa 19.

Masih kurang pembuktiannya? Di kuping saya, lagu Bayang-Bayang menyerempet I Won't Hold You Back. Terutama kesan di bagian solo gitarnya Andra. Monggo ..





Motivasional (Petuah Bijak)



Saya suka banget sama liriknya. Terutama di saat-saat saya ngerasa bahwa masalah saya "yang-paling-berat-sedunia". Well, life goes on, kalau kata Dewa 19 : "Hari ini, terlalu indah untuk diburamkan. Semoga saja ini hanya, sebuah fase dalam hidupmu, dan kuharap itu bukan sisa-sisa umur."

Ngelangut (IPS)



Entah saya kok agak kesulitan mencari padanan kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan waktu mendengarkan instrumen ini. Lead gitarnya Andra bikin ngelangut. Rileks dan tenang, tapi di kuping saya lebih menimbulkan perasaan sepi, kosong. (Tidak disarankan) mendengarkan lagu ini saat mau tidur dengan lampu temaram atau kamu akan merasakan perasaan ngantuk  sendu yang merasuk dan berulang-ulang. Oh iya, saya baru tahu kalau IPS ini singkatan dari Ismulia Permata Sari, nama istrinya Andra.


Mampu Menggerus Perasaan (Jalan Kita Masih Panjang)



Pernah merasa tidak diperjuangkan? Kayaknya kamu bakal nangis kalau dengerin lagu ini karena lagu ini adalah tentang seseorang yang mau memperjuangkan orang yang dicintainya. Lagu ini adalah salah satu lagu Dewa 19 yang dramatis, menurut saya. Baik dari sisi lirik maupun musiknya yang mengaduk-aduk semakin ke bagian akhir. "Di persimpangan hatiku hatimu, singkirkan duri yang ada, satukan dalam hati, kita jalani semua berdua." Namanya cinta memang harus dijalani berdua, kalau cuma satu saja yang berjuang itu mah namanya ujian ...

Suatu masa sebelum hari ini, Ahmad Dhani pernah menjadi sosok 'pemikir' yang bikin saya geleng-geleng kepala. Iya, mungkin masa produktif menciptakan musik yang berkualitas bagi Ahmad Dhani sudah 'lewat' tetapi yang namanya karya tidak pernah bisa berbohong. Sebenarnya di album-album setelah era 19 berlalu, ada lagu yang Queen banget dan Led Zeppelin banget sih. 5 lagu saja sebetulnya masih kurang untuk dimasukkan daftar lagu Dewa 19 yang 'paling'. Next time mungkin saya akan menulis '5 Lagu Dewa Yang Paling Romantis' atau '5 Lagu Dewa Yang Paling Ngebosenin' *nyengir, tapi ini beneran ada lho di list saya*. Kalau kamu, apa lagu Dewa 19 yang 'paling ' versimu?

Btw, setelah sekian lama, akhirnya saya bisa nulis After Lunch Music lagi. Ternyata benar selama ini saya memang kurang piknik, wong nulis begini saja butuh dierami di draft sampai 2 minggu. Bakal lebih banyak menulis di segmen ini ah! :D

You Might Also Like

26 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia