Wednesday, June 17, 2015

[After Lunch Music] Romantisme Berbalut Kegalauan Ala Bobby Caldwell

Setiap siang hari, setelah makan siang, saya mencoba merilekskan kepala saya dengan mendengarkan musik. Mengingat masa-masa sekolah, saat di rumah biasanya siang hari habis makan siang Mama menyetel radio Kosmonita FM. Nah, sesi siang hari playlist Kosmonita FM adalah lagu-lagu love song tahun 80-90an. Mulai dari Natalie Cole, Surface, Chaka Khan sampai lagunya Utada Hikaru, jadi teman leyeh-leyeh siang hari yang paling manis deh.


Bicara tentang lagu-lagu romantis yang everlasting, sepertinya belum lengkap kalau tidak menyenggol nama Bobby Caldwell. Gila, tua amat Wind kamu bahas Bobby Caldwell. Hahaha .. Saya itu kepincut Bobby Caldwell gara-gara sahabat kecil saya, si Putra, yang suka muterin lagu-lagu nostalgia di mobilnya. Lagu yang memperkenalkan saya dengan Bobby Caldwell adalah lagu Real Thing.




“I want the real thing or nothing at all
I need someone that I can be sure will
Catch me if I should fall
Someone who'll be there when I call
Then I'll know that it's the real thing
I want the real thing to warm me each night
Someone to love me over and over
Making the future bright
Somebody who will make it all right
Just give me the real thing”


Sebenarnya, Bobby Caldwell di awal kemunculannya tahun 1978 lebih dikenal dengan lagu What You Won’t Do For Love. Saya nggak begitu familiar dengan lagunya yang ini. Musiknya jazz-jazz ala 80-an banget.




Suaranya adem banget ya, bikin kemlecer. Menurut saya yang berilmu sok tau tentang musik nih, musiknya Bobby Caldwell ini punya ciri di part-part saxophone dan keyboardnya. Malahan, awalnya saya kira Caldwell adalah penyanyi berkulit hitam seperti James Ingram atau Peabo Bryson lho. Begitu melihat video klipnya, saya salah. Caldwell adalah penyanyi kulit putih yang warna suaranya cukup tebal.


Lagu-lagu Caldwell adalah lagu romantis dan galau yang dikemas dengan nada yang manis dan dramatis. Misalnya, lagu Heart Of Mine ini:




"One day I may find true love that will last forever and ever
Till then I'll spend a lifetime wishing us together
I never thought she'd say goodbye
And I'll never understand the reasons why"


Perasaan saat kita yakin dengan seseorang yang akan menemani kita selamanya. Tetapi, mungkin dianya yang tidak yakin dan memutuskan untuk meninggalkan kita dengan remah-remah perasaan yang sulit disatukan lagi. *wuih ngomong apaan sih Wind?*


Satu orang yang saya tahu ngefans sama Bobby Caldwell adalah Mak Uniek. Beberapa waktu yang lalu, waktu lihat thumbnail post sharing blog Mak Uniek di Facebook, muncullah frase Heart of Mine itu. Ah, saya jadi keingat sama lagu yang nggerus itu. Kemudian iseng-iseng mencolek mak gaul yang hobi menulis ini, “Mak, OOT, liat nama blognya jadi inget sama salah satu lagunya Bobby Caldwell deh”. Wah ternyata saya ketemu sama penggemar beratnya yang bahkan masih menyimpan koleksi kaset Caldwell, yaitu album Solid Ground dan Where Is Love. Lha kok, usia kita yang terpaut beberapa tahun dan jarak Malang-Semarang justru menyatukan kita gara-gara Heart of Mine :)) Iya, mungkin yang kalau galau dengerin lagu beginian adalah saya dan Mak Uniek deh … Hiks …Coba ditanyain deh Mak Uniek via Twitter di sini, betul apa nggak kalau galau dengerinnya lagu-lagu beginian hihihihi ..


Apakah kamu juga salah satu penggemar Bobby Caldwell? Lagu apa yang paling kamu sukai? Boleh dong sharing-sharing di sini, siapa tahu kita bisa bikin playlist keroyokan bareng Mak Uniek juga :D

5 comments:

  1. Windaaaa.... aku ga pernah galau yaaa... tapi kalut pengin dengerin pakdhe Bobby secara mendadak hehehee.. apalagi sekarang nemu sesama Caldwellers gini ;) Nggak nyangka loh ada anak jaman sekarang yg tau lagu beginian *kibas poni beruban

    ReplyDelete
  2. wah ini berbalas postingan tentang Bobby nih :)

    ReplyDelete
  3. Waaaa kok anak muda tau sih bobby caldwell. Jaman2 aku kuliah nih

    ReplyDelete
  4. aku sukaaaa dengan Bobby...dan Heart of Mine emang hits...ya kan Mak Uniek hehehe...aku bilang di blognya mba Uniek kalau lagu ini seriiing banget diputer jaman aku siaran dulu..syahdu memang suaranya om Bobby :)

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)