Tuesday, January 26, 2016

Prosedur dan Tata Cara Memperpanjang SIM C [Malang]


Buat pengendara kendaraan bermotor, setiap 5 tahun sekali punya kewajiban untuk memperpanjang SIM-nya. Nah, urusan panjang-memperpanjang SIM sebetulnya adalah hal yang mudah, yang bikin susah adalah ... niatnya. Nggak salah sih, karena untuk memperpanjang SIM kita harus mengantri lumayan panjang dari subuh untuk dapat giliran.

Khawatir kelupaan, akhirnya beberapa hari yang lalu saya sempat-sempatin memperpanjang masa hidup SIM C saya. Soalnya, kalau SIM-nya mati lebih dari 2 minggu (eh apa 1 bulan ya?), bakal disuruh bikin baru yang mana kudu ujian. Lha 'kan males tuh, makin ribet aja. Jadi mendingan perpanjang 2 minggu sebelum masa berlakunya habis.

Sebenarnya untuk memperpanjang SIM C di Kota Malang bisa dilakukan di 2 tempat, yaitu di Jalan Wahid Hasyim (daerah dekat SMP 3 Malang) dan di Plaza Araya lantai 2. FYI, Samsat Corner di MOG sudah tutup dan layanan SIM keliling juga sudah tidak ada lagi karena mobilnya rusak (?) -- update Juli 2016: Samsat corner Araya-nya udah tutup, balik lagi di MOG depan Ace Hardware ya.

Kemarin saya memperpanjang SIM di Jalan Wahid Hasyim. Secara umum sih sama ya administratif yang dibutuhkan, tapi saya ceritakan saja prosedur dan tata cara memperpanjang SIM C untuk Kota Malang:

Yang Harus Disiapkan
  • 1 lembar fotokopi KTP
  • 1 lembar fotokopi SIM
  • SIM lama
  • Surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas (kalau tidak punya, bisa ke dokter di seberang kantor Samsat hanya saja biayanya Rp. 20 ribu + ada biaya asuransi bla-bla-bla Rp. 30 ribu. Kalau di puskesmas paling cuma Rp. 5 ribu *bloody truth*)
  • Biaya administrasi Rp. 75 ribu (tunai, nggak ada debit)
  • Bolpoin, bawa sendiri deh daripada ngerepotin orang lain
Prosedur
  1. Datanglah selambat-lambatnya jam 07.00 untuk ANTRI nomor antrian. Jadi begitu datang, kita nggak langsung dapat nomor, melainkan duduk sesuai kedatangan untuk dapat nomor antrian. Nah nomor antrian ini mulai dibagikan jam 08.00. FYI saja, ada yang datang jam 05.00 pagi lho~ Jadi, ya sudah silakan dikira-kira sendiri ya ...
  2. Setiap hari hanya dibatasi kuota untuk 150 orang yang memperpanjang SIM (sepertinya untuk semua golongan SIM deh, CMIIW). So, siapa cepat dia dapat.
  3. Setelah mendapat nomor antrian, kita akan diberi form berkas yang harus diisi.
  4. Setelah diisi, kita ANTRI lagi untuk memproses berkas tersebut. Per kloter 20 nomor antrian yang bisa masuk.
  5. Di dalam ruangan Samsat, berkas akan diproses dan kita akan membayar biayanya Rp. 75 ribu.
  6. Setelah pembayaran selesai, kita diminta masuk ke dalam ruangan lainnya untuk verifikasi data dan foto.
  7. Kelar foto, ke ruangan sebelahnya untuk menunggu kartu SIM dicetak. Cepat kok, maksimal 5 menit sudah jadi.
Kira-kira dari proses nomor 4 - 7 waktu yang dibutuhkan hanya 15 menit. Tapi proses nomor 1 - 3 itu yang bisa makan waktu sampai 2 jam-an *nangis*. Intinya semuanya mudah kalau kamu mau belajar dan berdoa  sudah mempersiapkan semua hal di poin Yang Harus Disiapkan dari rumah.

FYI, ini syarat kehilangan SIM | Image taken by Winda Carmelita

Cuma 5 menit saja, SIM sudah jadi | Image taken by Winda Carmelita
Mekanisme Penerbitan SIM | Image taken by Winda Carmelita
Nah, itu dia prosedur dan tata cara memperpanjang SIM C untuk area Kota Malang. Semoga informasi ini membantumu ya ^^

Update:

Ada tambahan nih, buat yang nggak bawa Surat Keterangan Sehat, bisa bikin di rumah seberangnya Samsat, syaratnya:




11 comments:

  1. bulan ini nyawa SIM saya juga habis, terimakasih tutorialnya

    ReplyDelete
  2. aku kemarin perpanjang sim administrasinya 135.000, sedih :( beda kota sih tapi tetep aja :( efek ga ngerti apa-apa nih hft

    ReplyDelete
  3. waaa, thank you infonya ya mak :) berguna banget nih

    The Journey

    ReplyDelete
  4. Aku galau nih. Sudah domisili Malang tapi SIM lama keluaran Aceh. Bisa diperpanjang atau harus bikin baru ya? Hiks.

    ReplyDelete
  5. Waktu perpanjang sim ada tes simulatornya nggak ?

    ReplyDelete
  6. bang.. bukannya telat 1 hari aja udah harus buat baru ? juni kmren saya antri buat ortu saya katanya pak polisi yng ada dsitu kalo SIM mati 1 hari aja udh harus buat baru ?

    ReplyDelete
  7. terima kasih banyak infonya

    ReplyDelete
  8. wih bagus nih info nya , makasi kak

    ReplyDelete
  9. ya telat sehari harus ngurus SIM baru....ruwetnya minta ampun hati hati...ad mafia dikantor dr,wahidin itu


    ReplyDelete
  10. sudah ngurus sesuai prosedur 13 juli-25 oktober 2016 yang harus bolak-balik karna tidak lulus,,harus ngulang sampe 3,5 bulan. ujung2nya ada oknum yang meluluskan bersyarat...alias dluluskan dengan memberi tambahn sangu ke oknum...100rib masuk kas negara,,100 ribu masuk kantong pribadi.
    saya benar-benar kecewa...tp kondisi tertekan gak diberi pilihan.trus gimana aparat negeri ini

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)