Saturday, April 2, 2016

9 Apps Android Untuk Tetap Produktif Dari Mana Saja

apps android

Ngobrolin soal apps Android/iOS memang nggak ada habisnya. Nggak kebayang 5-6 tahun yang lalu saya masih team yang heboh kemana-mana bawa laptop. Meski waktu itu laptop saya, Toshiba DynaBook warisan yang tergolong tipis, tapi tetap repot aja sih apalagi harus cari colokan dan wifi dulu kalau mau browsing internet. Sekarang, semua kerempongan itu hampir 70% terselesaikan lewat apps yang ada di smartphone.

Punya smartphone pertama kali itu Samsung Galaxy Y, tahun 2010-an. Apalah ya, memorinya dikit banget. Tapi sudah cukup senang karena bisa install apps Instagram dan Twitter. Maklum, waktu itu sudah jadi pejuang receh dari social media. Makin ke sini, setelah kerjanya benar-benar di dunia digital media dan content writing, rasanya keberadaan apps di smartphone benar-benar membantu. Apalagi untuk kita yang kerjanya kebanyakan mobile dan berhubungan dengan orang lain via messenger dan e-mail.

Nah, kali ini saya mau berbagi nih, apps apa aja yang ada di smartphone saya yang kerjanya kayak kutu loncat. Oh iya, smartphone saya nih nggak mihil kok harganya, standar saja, tapi kameranya cukup oke dengan kapasitas RAM yang sampai 2 GB. Saya pakai Lenovo A-7000.

Agar nggak bingung, saya membagi segmen tersendiri untuk Work And Productivity. Isinya ada:

- Basecamp 3

Basecamp
Basecamp 3 | Image taken from wired.com
Basecamp ini fungsinya jika mengerjakan project bersama-sama dengan banyak orang. Pakai Basecamp ini bisa upload image, upload document, assign to do-list, bikin event menggunakan calendar. Kita juga bisa mengintegrasikan Basecamp ini dengan akun Google, jadi bisa mengirim dokumen yang ada di Google Drive langsung. Untuk Basecamp 3 sudah ada fitur push-notification dan chats.

- Wunderlist

Wunderlist
Wunderlist | Image taken from aitinesia.com
Karena banyak detil yang harus dikerjakan, termasuk belanja telur dan sabun cuci piring, saya sangat terbantu sama Wunderlist. Wunderlist ini tak lain, tak bukan adalah apps to-do list. Enaknya Wunderlist ini bisa diset notification yang sesuasi sama kebutuhan kita, mau 2 hari sebelumnya, 1 minggu sebelumnya, bisa. Interfacenya bagus, suka!

- Google Drive

Google Drive
Google Drive | Image taken from flipboard.com
Siapa sih yang nggak butuh cloud storage jaman sekarang? Dari berbagai cloud storage yang ada, saya masih paling suka sama Google Drive. Sekarang kalau bikin dokumen langsung di Google Drive deh, supaya nggak perlu repot bawa laptop karena sewaktu-waktu bisa edit di smartphone (walaupun mata jereng) atau pinjam laptop gitu.

- Evernote

Evernote
Evernote | Image taken from amazon.co.uk

Evernote ini bisa bikin to-do list, bisa simpan gambar penting ... Kalau saya menggunakan Evernote ini untuk mengetik ide-ide yang tiba-tiba sekelebat lewat, daripada mubazir. Oh iya, biasanya juga kalau liputan saya menulisnya di Evernote.

- Gmail 

gmail
Gmail | Image taken from labnol.org

Meskipun judul appsnya Gmail, tapi isinya juga ada e-mail kantor, e-mail project, e-mail personal dan seketapruk lainnya. Total ada 6 e-mail di Gmail client ini. Mungkin kalau bisa ngomong, dia akan memohon untuk dikasih istirahat sejenak ya? Hehehe ...

- Google Calendar

calendar
Google Calendar | Image taken from talkofweb.com
Harus wajib punya, supaya tidak lupa hari ini janjian dengan siapa, hari ini waktunya bayar tagihan apa hehehe ..

- Pocket

pocket
Pocket | Image taken from androidapps.com

Sering menemukan bahan bacaan bagus lalu lupa nyimpan? Atau pengen baca lagi sebuah artikel, tapi lagi nggak ada koneksi internet? Pocket ini sangat membantu lho, karena bisa diintegrasikan dengan Google Chrome. Jadi tinggal simpan halamannya (caranya seperti menyimpan Bookmarks seperti biasanya), lalu Pocket yang di smartphone akan mendownload kontennya. Nah, meski nggak ada koneksi internet, kita tetap bisa membaca-baca artikel yang kita simpan. Lumayan lho, buat killing time.

Yang tidak ada di gambar di atas tapi saya masukkan ke segmen lain adalah Google Word dan Google Sheets. Tanpa 2 apps ini, kita nggak akan bisa membuka dokumen berupa Word dan Excel yang ada di Google Drive.

Nah itu dia sekian apps yang sangat membantu saya untuk tetap produktif dari mana saja.Meskipun apps-apps ini sangat membantu, memang keberadaannya tidak bisa sepenuhnya menggantinya fungsi dan kelegaan mengetik di latop atau desktop sih. Kalau kamu, apps apa yang sangat membantu kamu untuk tetap produktif meski menggunakan smartphone?


5 comments:

  1. Saya juga banyak pakai gmail, gdocs, & gcal uk bekerja. Makasih banyak referensinya, ada tambahan seperti evernote, wunderlist, & basecamp 3. Makin memudahkan pekerjaan harapannya :).

    ReplyDelete
  2. Urutan 3 ke bawah itu aku pakai, haha

    ReplyDelete
  3. I use some of them...walaupun kadang bawaan smartphonenya juga cukup untuk notes, foto, edit dan ngeblog hehehe

    ReplyDelete
  4. Dapet banyak referensi, makasih loh Kak :)
    Evernote kudu dicobain nih, hueuhehe

    ReplyDelete
  5. wah makasih kak infonya :D membantu banget untuk yang aktif bekerja

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)