Saturday, June 4, 2016

Anyang-Anyangan Saat Road Trip: 20 Menit Rasanya Seperti 20 Abad

prive uri cran cranberry

Jalanan sudah gelap sepenuhnya. Semua orang di dalam mobil mulai terlelap satu persatu, kecuali yang bertugas menyupir  ... dan saya. Mata saya sulit sekali terpejam apalagi karena jalanan yang berkelok-kelok dengan tikungan tajam dan padat akan bis dan truk tronton yang melintas.

"Kalo nemu pom bensin, berhenti ya. Aku kebelet pipis," kata saya pada teman saya yang malam itu kebagian menyupir. Untungnya tak lama kemudian, ada pom bensin. Segera saya bergegas turun ke toilet. 

Di dalam toilet ..

"Oh, sial, ada yang ga beres ini!" umpat saya dalam hati. Terburu-buru, saya segera keluar dari toilet dengan wajah masam. Baru sedetik duduk di dalam mobil dan mobil mulai bergerak melanjutkan perjalanan, saya berbisik lagi ke teman saya, "Kalo nemu pom bensin lagi ya, kayak'e aku anyang-anyang'en ini."

Dan cerita itu benar-benar terjadi kala saya melakukan perjalanan road trip menuju ke Baluran beberapa waktu yang lalu. Saya dan teman-teman SMA saya suka bepergian tanpa menginap. Jadi kami menempuh perjalanan Malang-Baluran-Bali-Surabaya-Malang tanpa menginap sama sekali. Hanya berganti-ganti tugas menyupir dan sesekali beristirahat makan atau menuntaskan hajat di pom bensin. Total perjalanan bisa lebih dari 30 jam.

Bayangkan, pastinya mengalami anyang-anyangan di situasi seperti itu tidak enak sama sekali. Saya sudah mengalaminya dan ... bikin gelisah. Pasalnya, mau diapakan lagi. Situasi benar-benar tidak memungkinkan untuk mencari obat di tengah belantara Alas Purwo, jadi ya pasrah saja menunggu matahari terbit sambil disuguhi pemandangan 2 teman saya ngorok ngorok dengan nikmat.

Anyang-anyangan adalah sakit buang air kecil akibat infeksi saluran kemih oleh bakteri. Anyang-anyangan bikin perasaan tidak nyaman, karena nyatanya saat berusaha dikeluarkan, air seni yang keluar sedikit sekali bahkan tidak keluar. Pada beberapa kasus, kandung kemih rasanya panas, Perasaan kebelet pipis terus. Sakit, Jenderal!!

Gara-Garanya ...

Nggak heran kenapa saat itu saya terkena anyang-anyangan. Demi menjaga mata tetap melek, di rumah dan dalam perjalanan saya minum kopi cukup banyak. Sebaliknya, kurang minum air putih deh jadinya karena khawatir sedikit-sedikit kebelet pipis. Padahal, tahu sendiri 'kan kalau road trip akan cukup susah mencari kamar mandi kecuali kalau ketemu pom bensin atau rest area. Nah, alasan ini juga turut mendukung yang namanya menahan pipis hingga berjam-jam sampai ketemu 'tempat pembuangannya'.

Akhirnya, saya pun memutuskan masa bodo ah pipis melulu, yang penting anyang-anyangan hilang. Mau curhat ke siapa, karena saya perempuan satu satunya di perjalanan. Ya sudah, saya usaha 'mengobati' diri sendiri. Dan air putih dalam botol 600 ml pun saya habiskan sambil berharap segera sampai tujuan. Eh, nggak sampai 15 menit, perasaan itu pun hilang seiring dengan anyang-anyangan yang mulai hilang. Ya ampun, ternyata karena kurang minum air putih. Akhirnya saya pun bisa tidur di sisa perjalanan, dengan tenang. Yak benar, 20 menit rasanya seperti 20 abad kalau lagi anyang-anyangan ...

Wanita Lebih Rentan Terkena Anyang-Anyangan Daripada Pria

Saya yang notabene perempuan satu satunya dengan 3 orang teman yang semuanya laki-laki dalam perjalanan itu. Lha ya kok cuma saya yang anyang-anyangan, sedangkan 3 orang teman saya lainnya santai-santai saja. Padahal kita minum minuman yang sama, pipis di tempat yang sama.

Ternyata memang perempuan itu lebih mudah terkena anyang-anyangan daripada pria karena saluran kencing pada wanita lebih pendek. Akibatnya, bakteri E.coli penyebab anyang-anyangan ini, lebih mudah masuk ke saluran kencing. Selain itu, pada wanita yang menopause, kondisi anyang-anyangan bakal lebih sering terjadi. Aduh!

Tapi jangan santai-santai dulu ya, kaum pria. Pasalnya, ada seorang teman saya, laki-laki, juga mengalami anyang-anyangan. Hampir mirip dengan kisah saya, tapi lebih epic lagi. Karena dia anyang-anyangan di tengah padang pasir Bromo. Mau cari kamar mandi di manaaaaa coba :))

Katanya Anyang-Anyangan Itu ...

Saya jadi ingat masa kecil dulu. Saya adalah anyang-anyangan girl :)) Lha abisnya, sering banget anyang-anyangan. Kalau sudah seperti ini, almarhum Papa akan menyodorkan karet gelang dan bilang, "Itu jempolmu dikaretin." Namanya anak kecil ya, nurut aja. Eh tapi ternyata beneran manjur lho! Ternyata ini bukan sekedar mitos, karena terbukti kemanjurannya ^^

Nah, ada mitos lagi yang bilang kalau anyang-anyangan timbul karena kita mencampur minuman panas dengan es. Yang satu ini benar-benar mitos kok. Karena jika minuman panas dicampur dengan es yang ada ya ... minumannya jadi anget hehehe ... Kalau kamu pengen lebih jelasnya, bisa baca di infografis di bawah ini:

anyang anyangan
Infographic created by Winda Carmelita

TIPS MENCEGAH DAN MENGATASI ANYANG-ANYANGAN


Sebetulnya anyang-anyangan bisa banget dicegah kok. Baik pencegahan jangka panjang maupun jangka pendek, seperti yang lagi mengadakan perjalanan darat seperti pengalaman saya. Untuk mencegah anyang-anyangan, yang pasti harus diingat adalah ... boleh intip infografis dan penjelasan ini ~

mengobati anyang anyangan
Infographic created by Winda Carmelita


Kebersihan Air Toilet

Ini riskan sekali untuk wanita. Sebisa mungkin gunakan air mengalir daripada air yang ditampung di bak atau ember untuk membasuh Miss V. Apalagi jika kamar mandi yang digunakan adalah kamar mandi umum jika dalam perjalanan jauh. Jika tidak yakin dengan kebersihan air toiletnya, selalu siap-siap tissue basah khusus kewanitaan. Memang rasanya risih sih, tapi kamu bisa membersihkan area pribadi kamu di kamar mandi yang lebih bersih nantinya. Jangan lupa juga bawa pakaian dalam cadangan, pantyliner dan sabun pembersih kewanitaan ya :)

Cara Membersihkan Kemaluan Yang Benar

Udah naluri banget ya, bersih-bersihnya dari belakang ke depan? Tapi ternyata kebiasaan ini potensial banget membawa bakteri dari area belakang ke organ intim kita. Akibatnya, bakteri E.coli akan terbawa menuju ke kemaluan dan jadi penyebab anyang-anyangan. Ayo, mulai ubah kebiasaan kita ^^

Mengikat Jempol Kaki

Pada jempol kaki, terdapat banyak syaraf-syaraf yang terhubung dengan kandung kemih. Dengan mengikat bagian jempol kaki dengan karet gelang atau seutas tali, maka dapat menghentikan rasa tidak nyaman untuk sementara. Eh tapi mengikatnya nggak usah kencang-kencang ya, daripada nanti anyang-anyangannya hilang, begitu pula dengan jempolnya :))

Untuk jangka panjang, penting banget menjaga kesehatan supaya tidak hanya menghindari anyang-anyangan. Tapi juga menjaga agar saluran kemih tetap sehat, misalnya dengan:


Perbanyak Minum Air Putih

Logikanya, semakin banyak minum air putih maka tubuh akan terhidrasi. Semakin sedikit, tubuh akan kekurangan cairan dan memberikan sinyal-sinyal butuh 'pertolongan'. Nah, kalau ada bagian dari tubuh yang lagi tidak seimbang, pasti akan bermasalah. Salah satunya ya anyang-anyangan ini. Dengan banyak minum air putih, tubuh akan terhidrasi, kamu akan mengeluarkan banyak cairan dalam bentuk air seni sehingga bakteri yang menempel pada saluran kemih akan ikut luruh.

Ada rumusnya lho mencukupi kebutuhan air putih sesuai berat badan yaitu:
Berat badan (kg) x 0.03 = ___ liter kebutuhan air putih per hari

Minum Jus Cranberry

Saya habis baca-baca website kesehatan dari luar negeri dan rata-rata merekomendasikan mengkonsumsi jus cranberry rutin untuk menyembuhkan dan menghindari terkena infeksi saluran kemih. Bentuk buah cranberry itu seperti ini :

cranberry
Image taken from mypriveworld.com
Buah yang mirip dengan blueberry ini sudah sah digunakan sebagai antibakteri untuk menyembuhkan penyakit saluran kencing. Hal ini dibuktikan oleh 4 uji klinis acak sempurna yang dilakukan oleh lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA. Nggak cuma untuk mengobati penyakit saluran kencing, tapi buah imut-imut warna merah ini juga kaya serat makanan, mineral dan flavonoid antosianidin, sianidin, peonidin, quercetin dan memiliki senyawa fitokimia untuk memelihara kesehatan jantung.

Setahu saya, jus cranberry itu susah sekali dicari di Indonesia. Lantas apakah orang Indonesia bakal dihantui momok anyang-anyangan? Aduh bayanginnya aja serem ya, momok, trus anyang-anyangan ... Hehehe ... Nggak usah takut, karena kandungan cranberry yang sangat baik itu bisa kamu konsumsi dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan minum Prive Uri-Cran setiap hari.

Prive Uri-Cran punya 2 varian yang bisa kamu konsumsi sesuai selera. Prive Uri Cran Plus dikemas dalam bentuk powder sachet yang mengandung 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Minum Prive Uri-Cran Plus ini nggak bakal berasa minum obat deh, tapi manfaatnya dapat.


Prive Uri-Cran Plus | Image taken from mypriveworld.com

Sementara itu buat yang sering bepergian dan ingin lebih praktis, ada juga Prive Uri Cran yang dikemas dalam bentuk kapsul yang mengandung 250 mg Ekstrak Cranberry. Untuk si kapsul ini sebaiknya dikonsumsi 1-2 kapsul per hari. 

Prive Uri Cran Kapsul | Image taken from facebook.com/priveuricran
Nah sejak tahu hal-hal ini, saya jadi nggak keder lagi lah, apalagi setelah baca-baca di fanpagesnya Prive Uri Cran. Sudah nggak khawatir bakal mengalami momen 20-menit-berasa-20-abad lagi. 20 menit mah saya maunya bobok nyenyak lalu bangun pagi disambut matahari terbit di padang Savana seperti ini:

Savana di padang Bekol, Taman Nasional Baluran [2015] -- Image courtesy Winda Carmelita
















13 comments:

  1. Whoaaa, aku banget! -nggak bangga juga sih-

    kalo aku karena kedinginan, anyang-anyangan itu nyiksa banget euy, bikin ngantuk ilang, jadi hangout di toilet -_- anyway, nice post :D kalo nanti anyang2 lagi langsung minum air ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bener jugaa, biasanya anyang-anyangan itu karena dingin atau abis pipis celana dalamnya lembab

      Delete
  2. Ooh jadi rasa kebelet pipis terus itu namanya anyang2an ya.. Makasih tipsnya. Sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mak, semoga nggak pernah mengalaminya ya mak ;)

      Delete
  3. Kalau kata orang dulu, minum air dingin lalu air panas dalam waktu hampir bersamaan. Tapi tau deh bener apa enggak.
    Yang ngiket jempol kaki itu saya baru tahu lho, ternyata bisa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya mak, tapi itu ternyata mitos lho. Kalo ngiket jempol, itu baru fakta ^^

      Delete
  4. Horor kalau lagi anyang-anyangen lewat alas purwo.
    Buah cranberry blm pernah liat. Untung dah ada obatnya ya, jadi bisa segera diatasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, ngga bisa berhenti sih mak, takut bajing lompatnya banyak denger2 di situ. Etapi jangan2 karena takut, trus malah pipisnya jadi lancar ? :))

      Delete
  5. Wiih kebayang gak enaknya Win.
    Untung ada solusinya sekarang ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga enak banget Mak, kalo tahu begini aku pasti udah siap-siap jauh2 hari bawa obatnya hehehe

      Delete
  6. anyang anyangen emang menyebalkan banget, musti bolak balik ke kamr mandi,.. paling engga suka kalau lagi anyang anyangen,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pernah ngalamin juga ya mas?

      Delete
    2. Wah, pernah ngalamin juga ya mas?

      Delete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)