Monday, June 27, 2016

Drama Skincare: Jerawat Bikin Minder, Tumpas Habis Dengan Cetaphil Gentle Skin Cleanser

review Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Sepanjang sejarah, saya pernah mengalami fase kulit wajah berjerawat yang parah-parahnya. Waktu itu saya masih SMP dan menjelang SMA. Saya pikir, wajarlah ya ... Namanya juga hormon belum stabil, masih masa puber. Jadi mau diobatin seperti apa juga bakal muncul lagi.

Setelah usia 20-an, saya sudah jarang berjerawat lagi. Kulit wajah sudah mulus, meskipun nggak bisa dibilang flawless juga sih. Sudah disayang-sayang begini, ternyata nggak bisa menghindar dari yang namanya jerawat ataupun komedo. Padahal, konon katanya kalau sudah berusia 20-an, hormon lebih stabil, begitu pula kulit wajah.

Muncul pertanyaan, "Lha terus ini jerawat munculnya dari mana?" Saya coba mengingat-ingat 'dosa' apa sih yang pernah saya lakukan akhir-akhir ini ...

SARUNG BANTAL DAN SEPREI YANG KOTOR

Memang beberapa waktu yang lalu saking jarangnya di rumah pas weekend, saya jadi lupa mengganti sarung bantal dan seprei. Itu bisa jadi pemicu jerawat, apalagi kalau bobo 'kan sarung bantal langsung bersentuhan dengan wajah. Meh, jorok amat ya :))

SKINCARE YANG TIDAK COCOK

Di saat bersamaan, saya lagi cobain pelembab baru gitu. Sepertinya kandungannya tidak cocok di wajah saya yang cenderung kering di bagian pipi dan oily di T-zone ini. Waduh, langsung saya berhentiin deh pemakaiannya daripada runyam. Wajah cuma satu, Mak, lha mau dituker sama wajah siapa? *Maunya sih sama Scarlett Johannson*

DEBU JALANAN

Nah ini dia, mau dihindari nggak bisa. Sehari-hari saya naik motor. Berangkat ngantor, lokasi kantor saya dekat sama bis dan truk yang bawa bahan bangunan seperti pasir, semen dan sebagainya. Kalau posisi kita di belakangnya ... ya udah .. Debu-debu beterbangan dan sampai di kantor wajah sudah kayak becekan Persami :'))

TERLALU BANYAK MAKAN MAKANAN BERMINYAK DAN PEDAS

Lagi sukanya makan sambal bawang di warung langganan, sama gorengan. Trus kalau iseng, suka ngemilin cabe kering botolan. Lha gimana bokk, laper ! Hehehe .. Kalau makan makanan pedas, pastinya suhu tubuh akan meningkat. Akibatnya, tubuh akan membuangnya melalui keringat sehingga pori-pori membesar. Masih berhubungan dengan 3 hal di atas, pori-pori yang membesar itu menjebak segala 'dosa' di sarung bantal, skincare yang nggak cocok dan polusi udara. 'Jodoh' banget ya :(

STRESS DAN PERUBAHAN HORMON

Sedang ada 1-2 hal yang saya pikirkan membuat hormon jadi naik-turun. Yah, gimana ya, tarif dasar listrik semakin naik, e-mail bertumpuk bikin cemberut. Hehehe ...

Di suatu sore yang rintik dan terjebak hujan di kantor, saya asyik menjelajahi blog Sasyachi. Mata saya tertumbuk pada satu brand yang nggak asing lagi di telinga, Cetaphil. Baru sadar euy, dilihat dari kemasannya, kok sepertinya ini bukan skincare pada umumnya ya? Karena kemasannya, jujur sih, kelihatan seperti obat daripada skincare. Lihat dari komen-komennya, kok makin ngiler, Kak! 

Saya akhirnya browsing tentang brand yang didominasi warna putih, hijau dan biru ini ... Eh, banyak yang merekomendasikan Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini untuk mengatasi kulit yang sedang berjerawat karena kandungannya yang lembut dan soap free. Nah ini cocok 'kan biar nggak semakin bikin bagian pipiku yang offside ini kering :'((

Ibaratnya cewek lirik-lirik cowok di kelompok sebelah pas OSPEK terus dapet kocokan sekelompok bareng garap tugas, nah akhirnya saya kenalan langsung dong sama Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini. Gimana kesannya, Mbak Winda?


review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Cetaphil Gentle Skin Cleanser | Image taken by Winda Carmelita

Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini dikemas dalam packaging botol berwarna putih dengan tutup warna biru tua. Yang saya punya adalah kemasan 125 ml, tutupnya flip top. Mulut botolnya kecil kok, jadi nggak perlu khawatir bakal bleberan atau tumpah ke sana kemari karena kebanyakan menuangkannya. Saya sudah coba menjungkar-jungkirkan, asal tidak ditekan, aman~

Begitu dituang ke tangan, ternyata teksturnya gel warna putih susu. Bayangan saya sih skin cleanser ini seperti krim facial wash. Saya coba beri sedikit air dan menggosokkannya di kedua tangan saya. Eh, nggak ada busa dan nggak ada aromanya sama sekali. Klaimnya yang soap-free dan fragrance-free ini nyata adanya~


Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Nggak berbusa, nggak ada aroma wangi | Image taken by Winda Carmelita
Sebagai orang yang biasanya cuci mukanya pakai sabun dengan busa melimpah, awalnya saya merasa aneh. Nggak terbiasa cuci muka dengan sabun, tapi nggak ada rasa sabun-sabunnya sama sekali. Apalagi waktu diaplikasikan ke wajah rasanya licin-licin hore gitu. Mirip dengan tekstur sabun cair baby lah. Untuk membilasnya, cukup pakai air seperti cuci muka biasanya. Eh, ternyata nggak meninggalkan rasa keset lho. Justru kulit rasanya lembab! 

Besoknya, sepulang kerja saya mau membersihkan wajah yang bermake-up. Di atas meja make-up si Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini nongkrong dan saya nggak sengaja melihat tulisan di bagian belakang botolnya: Cetaphil Gentle Skin Cleanser dapat digunakan dengan air maupun tanpa air. 

"Wow, tanpa air!". 

Saya jajal lah Cetaphil Gentle Skin Cleanser sebagai pengganti make up remover. Eh, ternyata bisa membersihkan bekas foundation dan bedak dengan cukup baik. Untuk riasan mata seperti eyeliner waterproof, maskara dan lipstik matteCetaphil Gentle Skin Cleanser ini kurang bekerja dengan baik. Harus digosok agak ditekan gitu. Jadi harus dibersihkan pakai make-up remover dulu. 


Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Maskara, eyeliner waterproof, lipstick matte, Cetaphil Cleanser | Image taken by Winda Carmelita

Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
First swipe, tidak bisa menghapus eyeliner dan meninggalkan stain lipstik | Image taken by Winda Carmelita

Review Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Digosok, tekan sedikit menggunakan kapas. Ini hasilnya | Image taken by Winda Carmelita

Kalau riasan mata nggak berat sih, cleanser ini bisa menanggung tugasnya dengan baik kok. Begini cara pakainya, klik gambar untuk memperbesar infografisnya ya.


review cetaphil indonesia
Infographic by Winda Carmelita


Eh omong-omong, waktu membersihkan riasan mata, ternyata cleanser yang satu ini nggak bikin perih mata lho. Nggak heran sih, karena formulasinya Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini ditujukan untuk segala umur, termasuk bayi dan buat segala jenis kulit. 

Karena untuk semua jenis kulit, jadi Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini juga cocok untuk kulit berjerawat. Tahu banget kaaan .. Kalau kulit berjerawat itu rentan banget iritasi dan sensitifnya setengah mati.  Maunya dipukpuk, disayang, dilembutin aja ... Nggak bisa deh kalau dibersihkan dengan cleanser yang mengandung scrub atau whiteningnya gitu. Si Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini sama sekali nggak mengandung bahan-bahan yang akan memperparah peradangan jerawat kok, Justru dia mengandung purified water, emollients (Cetyl Alcohol, Stearyl Alcohol) dan humectant (Propylene Glycol) yang berfungsi menjaga kulit dari kekeringan akibat pemakaian bahan kimia.


Bahan-bahan dan cara pemakaian | Image taken by Winda Carmelita
But, wait, katanya 'lembut' kok mengandung alkohol? Jadi begini, menurut blog Of Faces and FingersCetyl Alcohol dan Stearyl Alcohol itu berbeda jauh dengan alkohol yang kita pikirkan. Cetyl Alcohol dan Stearyl Alcohol tidak seperti alkohol yang digunakan untuk membersihkan luka yang memiliki molekul kecil dan dapat menembus lapisan atas kulit. Alkohol yang digunakan untuk membersihkan luka memang dapat berpotensi mengeringkan kulit.

Sedangkan alkohol yang digunakan dalam Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini tergolong dalam jenis fatty alcohol, Cetyl Alcohol dan Stearyl Alcohol. Keduanya punya molekul yang jauh lebih besar yang berasal dari asam lemak dan padat dengan tekstur lilin. Saat digunakan pada kulit, keduanya berada di atas lapisan kulit dan berfungsi sebagai bahan penghalang. Justru kedua alkohol ini yang membantu untuk melembabkan kulit dan mengikat air. Umumnya materi alkohol ini digunakan untuk pelembab dan body lotion juga kok. Jadi nggak perlu khawatir ;)


Dengan segala keamanan dan kandungannya, nggak heran kalau Cetaphil direkomendasikan oleh dermatologis. Udah dari tahun 1947 lho brand Cetaphil ini digunakan untuk perawatan kulit di lebih dari 82 negara di seluruh dunia. Bahkan, bayi pun bisa kok pakai Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini untuk mandi :) Eh, tapi kalau untuk mandi, kamu bisa pilih kemasan yang lebih besar.

Cocok untuk segala jenis kulit dan untuk segala umur | Image taken by Winda Carmelita
Selain untuk merawat kulit wajah, Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini juga bisa digunakan untuk merawat kulit sehabis ditattoo atau di-piercing (1) supaya tidak iritasi. Banyak orang juga menggunakannya untuk merawat rambut yang diwarnai ... bahkan untuk treatment rambut yang kutuan (2)! Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics tahun 2004 (dilansir dari today.com), 133 anak-anak yang memiliki kutu di rambutnya, dirawat dengan menggunakan Cetaphil, disisir, di blow dry kemudian dikeramasi 8 jam kemudian .. Konon cara ini sukses mematikan kutu 95 persen!

Cetaphil Gentle Skin Cleanser tersedia dalam berbagai ukuran, yaitu 125 ml, 250 ml, 500 ml (dengan pump) dan 1 liter (dengan pump). Nggak cuma tersedia dalam berbagai ukuran, range perawatan kulit dari Cetaphil ini juga banyak pilihannya. Mulai dari cleanser, moisturizers, protection (sunscreen) hingga special care. Banyak banget, sampai nggak bisa sebutin satu-satu, langsung cuss lihat aja di sini.

Meski banyak yang bilang harga Cetaphil ini cukup mahal, menurut saya this is worth every penny kok, melihat beragam manfaatnya untuk seluruh tubuh.

Drama selepas skincare yang nggak cocok di wajah sudah sirna, diselamatkan Cetaphil Gentle Skin Cleanser. No more minder!


Mau dapat Cetaphil Gentle Skin Cleanser gratis? Main-main yuk ke http://cetaphil.co.id/id/langganan/

Cetaphil Gentle Skin Cleanser
Harga : +/- Rp. 120.000 (125 ml), Rp. 150.000 (250 ml), 
Rp. 275.000 (500 ml), Rp. 360.000 (1 liter)
Beli di : Guardian, Watsons, Century, KemChicks, The Food Hall, AEON, 
Grand Lucky Superstore atau online marketplace.
Website: http://cetaphil.co.id/
Instagram, Twitter : @cetaphil_id
Facebook, Youtube: Cetaphil Indonesia

Source:
1) http://www.today.com/style/cetaphil-uses-little-known-facts-about-cleanser-t15121
2 ) http://well.blogs.nytimes.com/2010/03/24/the-alternative-medicine-cabinet-cetaphil-for-lice/?_r=0

21 comments:

  1. koyoke gaun ungu2 pink ini aku kenal deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fresh from the oven yak fotonya :))

      Delete
    2. Salam kenal mba,,, q baru aja coba beli cetaphil untuk cuci muka nya yg 500ml tp seperti nya ga cocok q mau jual Rp. 120.000 mungkin mba mau ? Kl mau sms q ya mba 085719748771

      Delete
    3. Salam kenal mba,,, q baru aja coba beli cetaphil untuk cuci muka nya yg 500ml tp seperti nya ga cocok q mau jual Rp. 120.000 mungkin mba mau ? Kl mau sms q ya mba 085719748771

      Delete
    4. wahhh kenalinn ding mbak XD , btw harga nya cukup mahal ya :|

      Delete
    5. iya gan keren banget nih review nya tapi sayang mahal gan

      Delete
  2. Waw, sampai maskara pun bisa bersih gitu ya mbak. Aku selama ini pakai Cetaphil buat bersihkan bedak sama alis. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bisa bersih kok, tapi sayangnya harus ditekan-gosok. Mending dibersihkan pakai make up remover dulu supaya kulitnya nggak sakit :)

      Delete
  3. lokasi fotonya kayak familiar gitu deh xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju sama lokasi fotonya ya Mbak? Mana lagi kalau bukan di ... :))

      Delete
  4. ampuh banget nih membersihkannya yah, btw keren banget sih infographisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget buat bersihkan bagian dahi dan pipi Mbak. Makasih, jadi malu *blush on-an* ^^

      Delete
  5. wah keren produknya bisa dibilas tanpa air, btw kalo cowo cocok ga sih pake cetaphil?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget kok Mas, ini nggak ada efek whitening atau apalah apalah .. Cetaphil ini murni untuk membersihkan & merawat kulit segala usia & jenis kelamin ^^

      Delete
  6. wih wih wih, cetaphil gokil ya. sahabat sejati buat kulit wajah. baru tau sih sarung bantal jug abisa berpengaruh ke jerawat :")

    ReplyDelete
  7. Ini lagi hitss banget ya Mbaaa, thanks for sharing :)

    ReplyDelete
  8. Aku suka nih produk ini. Mau aku cobain ke anakku yg sudah ABG semua ini :D

    ReplyDelete
  9. Waduh, mirip banget sama temen ane yang juga pake Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

    Jadi dia waktu itu mau main ke LN. Tapi waktu mau naek pesawat dia kena cegat petugas. Ternyata di tas dia bawa body lotion yang lebih dari yang seharusnya boleh dibawa ke kabin.

    Akhirnya body lotionnya disita sama petugas. Singkat cerita temen gw ini lalu cari penggantinya di LN. Nah dia tertarik sama Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini.

    Dan sampe sekarang, sudah balik ke Indoensia, dia tetap pake Cetaphil. Karena ya memang cocok buat kulitnya. Hihihihi.

    ReplyDelete
  10. cetaphil ini bisa mengurangi bekas jerawat kemerahan nggak kak?

    ReplyDelete
  11. Mba klo pke cleanserx hrus samaan moisturizernya gak?

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)