Tuesday, July 5, 2016

5 Kuliner Murah di Malang, Harga Nggak Lebih Dari Rp. 10 Ribu (Part 1)

kuliner malang, wisata kuliner malang, kuliner murah di malang


Malang itu surganya wisata kuliner. Mau cari kuliner ala cafe, kuliner warung, kuliner resto sampai kaki lima, rata-rata harganya cukup terjangkau. Nggak heran sih, karena Malang terkenal sebagai salah satu kota pendidikan di Jawa Timur, sehingga banyak pelajar dan mahasiswa di sini. Otomatis, para penjual makanan berlomba-lomba menyajikan kuliner-kuliner murah yang cocok di kantong mahasiswa, apalagi anak kost :D

Seorang teman dari Jakarta pernah bertanya kepada saya, "Emang ada gitu makanan di Malang yang harganya Rp. 10 ribuan?". "Ada, ada bangeeet, bahkan lebih murah dari itu," jawab saya. Eh, harganya di bawah Rp. 10 ribu bukan berarti rasa dan kebersihannya nggak bisa dipertanggungjawabkan lho. Beberapa referensi ini bisa kamu jadikan jujugan untuk berpetualang kuliner murah di Malang.
  • AYAM GORENG NELONGSO
Cuma dengan selembar Rp. 10 ribu, di Ayam Nelongso ini kita bisa dapat paketan menu ayam, atau menu ikan, sudah termasuk nasi dan sambal. Menu pilihannya ada ayam kepruk + nasi, ayam rica-rica bakar + nasi, plecing ayam + nasi, ikan nila + nasi dan .. tentunya ayam Nelongso + nasi. Rata-rata menu paketan ini dibanderol tidak lebih dari Rp. 10 ribu. Bahkan ayam Nelongso + nasi cuma Rp. 5 ribuan (kalau ngga salah ingat sih).

Sesuai namanya, menu ayam Nelongso ini ... ayamnya kecil hehehe ... Digoreng dan disajikan dengan sambal super pedas. Nasinya lumayan banyak kok, jadi kuat-kuatin makan nasi sama sambel ya kalau ayamnya abis :))




Karena harganya yang murah, tempat ini nggak pernah sepi pengunjung yang rata-rata mahasiswa. Saking ramainya, gerai Ayam Nelongso ini ada beberapa cabang di Malang, yaitu di Jalan Raya Dieng, Jalan Borobudur, Jalan Bendungan Sutami dan sekitaran Jalan Bendungan Sigura-gura (kampus ITN). Dengar-dengar juga ada cabang di Surabaya.


  •  WARUNG PECEL AE
Zaman saya SMA dulu, pecel AE ini penyelamat perut buat anak-anak Dempo. Kalau nggak salah, sekitar 9-10 tahun lalu harga seporsi nasi pecel di sini sekitar Rp. 4.000-an. Sekarang sudah naik jadi Rp. 6.000-an. Dengan harga super murah itu, seporsi nasi, sayuran sawi, kubis, kecambah diguyur dengan sambal pecel yang kental dan gurih. Ada bonus rempeyek kacangnya. Kalau mau nambah gorengan, tinggal ambil 3 buah gorengan (bakwan jagung, tempe goreng, tempe mendoan atau menjes) yang dihargai Rp. 2.000 untuk 3 buah. Murah banget! Konon sih nama 'AE' diambil dari nomor plat mobil Madiun, yang mana kuliner khasnya adalah pecel. Mungkin juga sambal pecelnya warung AE ini dipasok dari Madiun ya?

Pecel AE, pecel madiun, warung pecel di malang, pecel enak, kuliner murah di malang
Warung pecel AE | Image taken from maps.google.com
Selain pecel, menu-menu di warung ini standar khas menu rumahan. Tapi macamnya ada banyak sekali. Sayur sop, aneka tumisan, rawon, aneka sayur cah ... di sini ada. Harganya pun di bawah Rp. 10 ribu. Dan nyenenginnya, hampir selalu makanan di sini disajikan hangat dan bukan sayur kemarin yang diangetin terus gitu ...




  • NASI LENGKO UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Selama kuliah di Universitas Brawijaya, ini nih salah satu jujugan favorit saya. Nasi lengko! Banyak yang bertanya-tanya, "Bentuknya gimana sih nasi lengko itu?". Jadi, nasi lengko adalah seporsi nasi putih yang ditumpukin tahu goreng setengah matang, irisan kubis mentah, kecambah, saus kacang dengan kecap manis dan ... remahan kerupuk! Eh, juga ada tambahan semacam tempe mendoannya. Bisa dibilang ini perpaduan antara tahu bumbu, ketoprak dan gado-gado.

Harganya berapa? Seingat saya waktu kuliah dulu, nggak lebih dari Rp. 5 ribu untuk porsi besar. Porsi sedangnya kalau nggak salah cuma Rp. 3 ribu-an. Murah bangeeeet! Makanya warung ini selalu ramai memenuhi gang belakang UB. Ada beberapa gorengan yang bisa dipilih untuk menemani makan seporsi nasi lengko ini, misalnya mendoan, bala-bala, tahu isi ataupun ikan tongkol goreng (yang mana kata teman saya ini adalah "ikan Cakalang" -____-). 

Tempatnya mungkin agak nyempil ya. Lebih mudah naik motor dan parkir di daerah UKM. Bertanyalah pada mahasiswa-mahasiswa di sana, mana jalan tembusan ke warung nasi lengko. Letaknya pas di pintu gerbang belakang UKM kok. Rata-rata mahasiswa di sana pasti tahu. 

Ps: belum ada foto karena saya udah hampir 3 tahun nggak mampir ke sini, tiap kali liburan si Bapaknya juga libur dan kalau jam kerja ke sini kayanya effort banget ya dari kantor ke UB yang macet gila. Akan kuapdet as soon as possible~
  • AYAM GEPREK MBOK JUDES
Meski judulnya "di bawah Rp. 10 ribu", tapi yang ini bisa dimasukin juga lah :)) *ngeles*. Ayam Geprek Mbok Judes ini ... asli murahnya. Seporsi ayam geprek sudah termasuk nasi dan segelas teh kemasan, dihargai cuma Rp. 10 ribu. Yang menyenangkan di sini adalah nasinya boleh ambil sendiri sepuasnya (cuma sekali lho ya ngambilnya, kalau dua kali ya bayar) dan sambalnya bisa milih mau sambal apa saja. Ada sambal ijo, sambal terasi, sambal bawang. Kita disuguhi pemandangan geprek-menggeprek si ayam ini secara live begitu dipesan. Jadi, ayamnya fresh from the geprekan alu. 

Ayam Geprek Mbok Judes ini kalau di Malang bisa ditemui di Ruko Taman Niaga, kawasan Soekarno-Hatta dan Jalan Bendungan Sigura-gura Barat. Mereka juga punya cabang di Mojokerto, Nganjuk, Kediri dan Krian.


  • Penyetan Mas Fa
Lha kalau yang satu ini langganan saya~ Penyetan Mas Fa! Kalau 4 rekomendasi di atas rata-rata adalah warung, Penyetan Mas Fa ini beda karena yang satu ini lebih ke warung rumahan. Menu andalannya ... tempe mendoan! Asli, mendoannya Mas Faiz atau yang akrab disapa Mas Fa ini adalah panutan. Saking ngefansnya, setiap kali kumpul-kumpul Faiz selalu ditagih bawa mendoan padahal kami lagi ngumpul di cafe orang :))

Seporsi nasi dengan mendoan penyet, kamu cukup bayar Rp. 5 ribu saja. Kalau nasi dengan ayam goreng penyet, cuma Rp. 9 ribu. Daaaaan ... penyetannya ini pakai sambal bawang yang super sedap. Pedas, tapi dalam taraf bisa banget dinikmatin, nggak sekedar pedas lho ya. Sambal bawangnya Mas Fa ini diulek langsung secara berkala, jadi sambalnya selalu fresh. 5 orang yang mencoba penyetan Mas Fa, selalu minta diorderin terus ~ Haaah~ *dadah dadah ke Mas Fa*.

Sambal bawang, sambal penyet, mendoan, tempe mendoan, kuliner murah di malang, penyetan mas fa
Sambal bawangnya fresh! | Image taken by Winda Carmelita
Mau makan langsung di warungnya? Alamatnya di Jalan Terusan Sigura-gura D 171 B, masuk dari Perumahan Poharin. Mau delivery order juga bisa, tinggal kontak langsung ke 081219762440. Oh iya, jam buka dan jam deliverynya dari jam 08.00 s.d 16.00 (libur hari Jumat) aja ya ... Selebihnya, Mas Fa-nya ngeluk boyok dulu .. 



Nah itu dia 5 kuliner murah di Malang dengan harga nggak lebih dari Rp. 10 ribu. Meski murah, bukan berarti rasanya nggak enak. Selain itu yang terpenting adalah kebersihannya terjaga ya. Buat apa murah kalau ujung-ujungnya pencernaan bermasalah? Semua makanan ini sudah pernah saya coba kok, silakan percaya atau tidak pada indra perasa saya :))

Selain 5 rekomendasi di atas, masih ada banyak sebetulnya kuliner murah di Malang yang harganya terjangkau. Tentunya list 5 kuliner murah di Malang seperti ini nggak akan berhenti di sini, sampai juga di edisi berikutnya ~~ *kalau nggak malas* *kalau nggak diet* *mana pernah diet*

6 comments:

  1. Yaaa Allah itu sambel penyetan kok yaa bikin ngilerrrrr

    ReplyDelete
  2. Astagaaaa... Aku pengen nyobain semuaaaaa :)

    ReplyDelete
  3. Mbak win, ini include tarif parkir nggak..
    Ayam nelongso Parkir, Mbok Judes, +2000

    cuma pernah nyobain dua tempat itu aja, sisanya belum :D

    ReplyDelete
  4. wah jadi kangen makan ke tempat-tempat itu :D

    ReplyDelete
  5. Rekomendasi wisata kuliner yang unik di kota Batu Malang :
    • Sate Kelinci
    • Jagung & Pisang Bakar
    • Aneka sambal & masakan tradisional khas Jawa lainnya.
    Rasanya extra kuat, tapi harganya relatif murah.
    Suasananya santai & romantis, cocok untuk nongkrong atau sekedar refreshing bersama keluarga. Berlokasi tepat diantara Jatim Park & Museum Angkut.

    Warung Khas Batu
    Jalan Sultan Agung 29, Batu, Jawa Timur 65314 (Jatim Park 1 - Museum Angkut)
    Tel / Fax : +62 341 592955
    HP/SMS/Whatsapp: +6285707585899
    BBM : 7D8DEB8C
    www.TheBatuVillas.com/WarungKhasBatu
    www.Facebook.com/WarungKhasBatu

    NB : blogger / pengulas / reviewer / tour guide kami undang test food GRATIS !

    ReplyDelete
  6. Nelongso andalanku bangeeeet. Eeeeh aku gapernah nyobain Penyetan Mas Fa huhuhu, aku harus coba :')

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)