Thursday, July 7, 2016

Manfaat Chia Seeds Dan Cara Mengolahnya

chia seed, chia seeds, manfaat chia seeds, chia seed adalah
Chia Seeds

Di usia yang masih seperempat abad ini, saya mendengar beberapa kisah teman-teman saya yang menderita penyakit akibat kolesterol. Rasanya miris sekaligus ngeri, karena masih usia muda sudah ada penyakit yang jadi alarm kesehatan yang cukup kencang untuk mengingatkan kita pentingnya menjaga pola makan.

Yah, saya nggak bilang tubuh saya seksi sih. Bahkan mungkin jauh dari itu hihihi ... Masih sering cheating juga, makan nasi Padang atau bakso babi dengan kuah lemaknya yang 'wow' itu. Tapi, saya berusaha sehari-hari untuk memaksa tubuh saya sedikitnya mengkonsumsi serat, buah-buahan atau minum teh herbal yang bisa membantu meringankan dampak akibat makanan 'berat' seperti itu.

Beberapa waktu lalu saya berkenalan dengan chia seeds. Pertama kali mengenal chia seeds itu dari cold press juice yang saya minum. Kebetulan cold press juicenya terbuat dari kacang almond dan chia seeds. Awalnya saya kira chia seeds itu selasih lho. Karena bentuknya mirip, teksturnya pun mirip dengan selaput dan biji di bagian tengahnya.

Penasaran, saya coba Googling tentang chia seeds. Surprisingly, chia seeds have become one of the most popular superfood in the world lho. Meski bentuknya kecil, ternyata chia seeds mengandung serat tinggi, protein, omega 3, omega 6, kalsium, zat besi, anti oksidan dan masih banyak lagi kandungan nutrisinya. Lucu ya, padahal bentuknya hanya semacam biji kecil lho.



chia seed, chia seeds, manfaat chia seeds, chia seed adalah
Image taken by Winda Carmelita

Di berbagai website yang saya baca, ternyata chia seeds direkomendasikan untuk kesehatan pencernaan. Setiap 11 gram penyajiannya, mencukupi kebutuhan serat per hari. Nah ini 'kan buat yang susah BAB, bisa coba makan chia seeds. Selain itu, ada juga manfaat lainnya seperti untuk kesehatan jantung, mengatasi diabetes, memperkuat tulang (saya butuh ini banget!), meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme serta buat kesehatan kulit dan anti aging. Kalau mau tahu manfaat konsumsi chia seeds lainnya, bisa lihat di sini ya. 


Baca punya baca, nutrisi dalam chia seeds lebih maksimal jika dikonsumsi dengan cara-cara ini.

Direndam


Campurkan chia seeds ke dalam air putih (atau air dengan sedikit kucuran jeruk lemon) dengan perbandingan 1:10 sekitar 30 menit. Ajaibnya, chia seeds bisa menahan air hingga 12 kali lipatnya, sehingga baik untuk mencegah dehidrasi. Kebalikannya, jika kamu makan mentah-mentah chia seeds, kemungkinan mereka akan menyerap air dalam tubuhmu. So, make sure to drink plenty of water after eat them ya.

Dihaluskan

Chia seeds bisa dihaluskan menggunakan coffee grinder menjadi semacam tepung dan dicampurkan ke dalam adonan pancakes, roti atau pasta buatan sendiri.

Suatu hari saya mendapatkan 1 pack kecil chia seeds. Saya cukup bingung, dimakan seperti apa ya chia seeds ini? Karena susu almond harganya cukup mahal di swalayan, dan kalau bikin sendiri repot sekali, akhirnya saya mencampurnya dengan oatmeal. Not bad, malah enak ada sensasi 'krenyes' saat digigit, berpadu dengan oatmeal yang lembek.



chia seed, chia seeds, manfaat chia seeds, chia seed adalah
Image taken by Winda Carmelita
 Selain dijadikan campuran oatmeal, bisa juga dimakan bersama yoghurt atau sekedar direndam bersama air lemon dan langsung diminum.


chia seed, chia seeds, manfaat chia seeds, chia seed adalah
Dicampur yoghurt | Image taken by Winda Carmelita
Saya punya resep favorit mengkonsumsi chia seeds bareng oatmeal untuk dijadikan overnight oats. Takarannya hanya kira-kira saja, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya.

Bahan:
Oatmeal instan
Wijen
Kismis
Chia Seeds
Yoghurt atau susu UHT tawar
Madu
Bubuk kayu manis

Cara Membuat:

  1. Masukkan oatmeal instan ke mason jar. Tuang susu atau yoghurt cair hingga oatmeal terendam seluruhnya.
  2. Taburkan chia seeds, madu dan bubuk kayu manis.
  3. Simpan dalam lemari es hingga keesokan paginya.
  4. Taburkan wijen dan kismis atau buah-buahan favoritmu lainnya sebelum dimakan.
Sudah deh, jadilah overnight oats plus chia seeds ini.

Punya resep mengolah chia seeds lainnya? Yuk sharing. Stay healthy and have a great day! :)


12 comments:

  1. wah cocok banget nih untuk saya yang suka makan banyak :)

    ReplyDelete
  2. Ati2 asam urat dan kolesterol, jadi jaga pola makan hahaha

    ReplyDelete
  3. Belinya dimana Mbak Winda? Baru tau soal chia seeds TFS

    ReplyDelete
  4. hmmmm jadi kepikiran beli yg di lai2 kapan hari, win

    ReplyDelete
  5. Bisa dapat dimana chia seednya mbak win? Aku baru dengar nih

    ReplyDelete
  6. artikel dan web yang sangat bagus, dan bisa jadi pengetahuan, dan di perbanyak lagi artikel-artikelnya, agar banyak juga yang berkunjung kesini..

    ReplyDelete
  7. Baru tahu manfaat chia seeds ini, cobain ah. Nyontek resepnya ya Winda, thanks :)

    ReplyDelete
  8. Aku pun sukaaa winda :).. Soalnya seratnya oke dan I usually put it in anything I eat or drink hehehe.. Aku suka campur di sup, jus buah dll.. Crunchy jadinya

    ReplyDelete
  9. udah beberapa kali saya mendengar tentang Chia seeds dan manfaatnya. Jadi semakin penasaran karena kayaknya saya mulai suka tinggi kolesterolnya :)

    ReplyDelete
  10. Pernah denger sih tentang jenis chia seeds, pas baca artikel ini baru ngeh :D makasih banyak buat infonya

    ReplyDelete
  11. liat gambar2 sama resepnya jadi kepingin mencoba juga nih! btw, makasih udah sharing tipsnya

    ReplyDelete
  12. Resepnya patut dicoba nih, jadi mau tau juga gimana kombinasi rasanya.. hmmm, pasti enak!

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)