Saturday, May 6, 2017

Resep Ayam Goreng Telur Asin


resep ayam saus telur asin, ayam telur asin, ayam saos telur asin, ayam saus telor asin, udang telur asin, cumi telur asin, ayam goreng saus telur asin, ayam goreng telur asin, resep telur asin, resep telor asin, memilih telor asin, membuat telur asin, cara membuat telor asin, labore malang, rice bowl, telur setengah matang, kuliner telur asin di jakarta, kuliner telur asin surabaya,
Ayam Goreng Telur Asin | Image taken by Winda Carmelita

Makanan dengan saus telur asin di Jakarta rupanya benar-benar jadi wabah ya. Sepanjang saya scrolling akun IG para foodies yang domisilinya di Jakarta, selalu ada foto yang "apa-apa di-telur asin-in." Tapi di Malang, sepertinya nggak se-hype itu walau sudah mulai banyak yang menjual menu ini.

Saya sempat makan rice bowl ayam goreng telur asin yang menurut saya enak itu di Labore. Bersama dengan saus telur asin dan ayamnya, disajikan telur mata sapi setengah matang. Jadi begitu dibelah, lelehan telur setengah matangnya yang creamy itu gurih sekali kalau bercampur sama nasi dan bumbu. Seriusan, nulis ini aja saya bayangin momen itu, apalagi makannya habis dorong mobil yang mogok karena remnya nyakot pas di lampu merah depan Masjid Sabililah, Blimbing :")

Berhubung sayang duitnya ya Bu, kalau tiap-tiap pengen masakan telur asin kudu beli dulu di cafe, saya coba bikin sendiri ayam goreng telur asin di rumah, berkat video dari chef ganteng kesayangan para crunchy mom se-Indonesia Raya, yaitu chef Yuda Bustara, dan modifikasi dari cookpad.

Bahan: (seperti biasa, tanpa takaran ya)
Dada ayam, fillet
Telur asin (saya pakai 3 butir, diambil kuningnya saja)
Susu UHT putih, tawar
Tepung terigu
Tepung tapioka
Bawang putih
Bawang merah
Bawang putih bubuk
Cabe merah keriting
Cabe rawit
Merica
Daun bawang
Mentega

Cara membuat:

  1. Rebus dulu dada ayam. Potong dadu atau fillet, terserah aja.
  2. Tepung bumbu basah: Campur tepung terigu dengan bawang putih bubuk, garam dan merica. Pakai air es untuk mengencerkan tepungnya. Aduk sampai kekentalannya pas.
  3. Tepung bumbu kering: Campur tepung terigu dengam tepung tapioka, bawang putih bubuk, garam, merica dan penyedap rasa.
  4. Celupkan dada ayam ke tepung bumbu basah baru ke yang kering, bolak balik sampai terbalur rata.
  5. Panaskan minyak di wajan dengan api kecil. Goreng ayam. Awalnya akan melekat satu sama lain, tapi kalau sudah kering bakal terpisah dengan sendirinya kok. Goreng sampai kuning keemasan. Tiriskan.
  6. Saus telur asin: Haluskan kuning telur asin dengan sedikit susu. Pokoknya jangan keenceran ya, kental aja, nanti bisa dikoreksi waktu sudah dimasak.
  7. Tumis bawang merah dan bawang putih dengan mentega. Setelah harum, masukkan daun bawang. Lalu, masukkan cabe-cabean ((CABE-CABEAN)) sampai aromanya keluar.
  8. Tuang telur asin ke dalam tumisan. Tunggu sekitar 2 menit sampai keluar 'minyak' telur asinnya, aduk-aduk terus supaya nggak gosong. Tambahkan sedikit garam dan penyedap.
  9. Masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam saus telur asin. Diaduk sampai bumbunya tercampur rata dengan ayam gorengnya.
  10. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan

Kalau kata teman saya, Steffani, masakan per-telur asin-an di Malang ini ada yang menyaru sebagai telur asin, padahal juga nggak 'asin', malah manis. Nah lho.. Ya sudah, daripada tertipu-tipu, mending bikin sendiri deh ;)

6 comments:

  1. waaaahhh mantab nih, Siap Nyobain Resepnya ... semoga berhasil ...

    ReplyDelete
  2. oalahhh kukira saus telur asinnya dari telur asin mentah

    ReplyDelete
  3. kamu suka masak ya~ buat tutorial versi video asik juga nih~ /dikeplak

    suika-lovers.com

    ReplyDelete
  4. aaaah...enak bangeeet ini WIn. Pengen nyobain tapi cari telor asinnya susaaaah di sini huhu..

    ReplyDelete
  5. Lhaaa ternyata demen juga nontonin Che Yuda Bustara ya Mba :D udah lama pengin bikin tapi di sini belom nemu telor asin yang enak huhu (balads perantau)

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)