Friday, May 12, 2017

Menyantap Soto Banjar di Warung Ala Cafe Acil Galuh Malang

acil galuh, soto banjar di malang, nasi kuning di malang, soto banjar acil galuh, resep soto banjar, resep nasi kuning, nasi kuning ayam, nasi rendang ayam, resep rendang, rendang daging, rendang ayam, ayam masak habang, kuliner di malang, rekomendasi kuliner di malang,

Meski keluarga besar Engkong dari pihak Papa berasal dari Banjarmasin, saya jaraaaang sekali menyantap makanan khas Banjarmasin. Satu-satunya yang sering saya makan dulu waktu kecil adalah soto banjar buatan Emak. Semakin Emak menua, sudah nggak pernah masak lagi :")

Nah, mengobati rasa kangen soto banjar buatan Emak, saya bertandang deh ke Soto Banjar Acil Galuh yang terletak di Jalan Guntur no.33 Malang. Awalnya, saya dan Alfian, pakai acara nyasar dulu karena ternyata Acil Galuh ini letaknya agak nyempil, di belakang cafe Bvgil, seberang pasar Oro-Oro Dowo. 

Begitu masuk, aduh, saya langsung kesirep karena walau tempatnya di lantai 1 nggak terlalu besar, tapi bersih banget. Tembok bercat putih dengan kursi-kursi kayu yang masih baru. Suasananya enak, nggak berisik. Kalau di lantai 1 lagi penuh, bisa melipir ke lantai 2 yang lebih luas.

acil galuh, soto banjar di malang, nasi kuning di malang, soto banjar acil galuh, resep soto banjar, resep nasi kuning, nasi kuning ayam, nasi rendang ayam, resep rendang, rendang daging, rendang ayam, ayam masak habang, kuliner di malang, rekomendasi kuliner di malang,
Image taken by Winda Carmelita


Sesuai namanya, Acil Galuh menyediakan soto banjar sebagai menu utamanya. Nah, ini masih jadi perdebatan karena soto banjar yang biasanya saya makan itu kuahnya bening. Sementara, Mbak Nana (Banana) yang dulunya tinggal di Kalimantan bilang kalau soto banjar itu mestinya butek karena pakai krimer. Jengg... Kalau yang di Acil Galuh ini nggak terlalu bening, nggak butek juga. Isiannya standar soto seperti biasanya. Ada telur ayam, bihun, suwiran ayam dan perkedel kentang yang sudah dipotong-potong. Soto banjar di sini defaultnya disajikan dengan lontong. Tapi kalau kamu merasa lontong itu cuma camilan, boleh kok nambah pesan nasi putih. 

acil galuh, soto banjar di malang, nasi kuning di malang, soto banjar acil galuh, resep soto banjar, resep nasi kuning, nasi kuning ayam, nasi rendang ayam, resep rendang, rendang daging, rendang ayam, ayam masak habang, kuliner di malang, rekomendasi kuliner di malang,
Image taken by Winda Carmelita

Kalau soto cuma sekedar lewat saja di perut, saya sarankan buat cicip aneka nasi kuningnya. Kalau saya sih, ketimbang sotonya, malah lebih suka nasi kuningnya, terutama nasi kuning ayamnya. Pertama kali datang ke Acil Galuh, saya cicip soto banjar tapi ngelirik pesanannya Yuwono, "Wik, itu nasi kuningnya banyak amat ya." Akhirnya kemarin saya cicip sendiri nasi kuningnya dan ... dugaan saya benar. Nasi kuningnya pulen dan terasa wangi sereh. Rasanya juga gurih. Ini nasi kuningnya aja enak dicemil ((DICEMIL)), nasi kok dicemil. Iya, seenak itu lho nasinya. Bahkan ketika saya bawa pulang ke rumah, nasinya masih hangat dan padat.

acil galuh, soto banjar di malang, nasi kuning di malang, soto banjar acil galuh, resep soto banjar, resep nasi kuning, nasi kuning ayam, nasi rendang ayam, resep rendang, rendang daging, rendang ayam, ayam masak habang, kuliner di malang, rekomendasi kuliner di malang,
Image taken by Winda Carmelita

Ayam yang jadi sandingan nasi kuningnya adalah ayam masak habang. Menurut saya rasanya nggak jauh beda dengan ayam bumbu rujak karena cenderung manis. Nasi kuning dan rendang ayam ini komplit disajikan dengan taburan dendeng ragi yang agak basah. Ketika menulis ini, saya udah sarapan tapi lapar lagi layaknya semua Godzilla di perut yang lagi tidur, terus kebangun :))

A post shared by Soto Banjar di Malang (@acilgaluhmlg) on


Semua makanan di Acil Galuh ini dibandrol dari harga Rp. 10.000 sampai Rp. 18.000. Soto banjarnya sendiri Rp. 15.000. Nah, kalau lidah saya sepertinya lebih doyan sama nasi kuningnya ketimbang sotonya. Tapi teman saya lebih doyan sama soto. Intinya semuanya enak, tergantung selera.

Oh iya, kemarin saya ke Acil Galuh (lagi) sama teman saya, Mas Angga. Rupanya sama-sama kelaparan, kami sikat dengan 1 porsi soto banjar, 1 porsi nasi kuning ayam dan 1 porsi nasi kuning telur. Minumnya 1 es teh tawar dan 1 es teh jeruk nipis. Nambah 1 nasi kuning ayam buat dibawa pulang. Total segala kegaduhan ini cuma Rp. 38.500. Nggak nyampai empat puluh rebuuu, Sodara-sodara. Kok bisa? Iya, soalnya Acil Galuh lagi ada promo diskon 50% buat makan di tempat sampai tanggal 16 Mei 2017. Kurang empat hari lagi!

Promo ini sukses bikin saya dan Mas Angga melongo, mau bayar kok murah amat. Ya inilah orang dikasih rejeki malah bingung bhahahahah ..

Pas kemarin makan malam di sini, suasananya lagi enak banget. Hawa Malang yang dingin, warung yang bersih ala cafe, makanan yang enak dan ... diputerin lagu-lagu jazz! Iya, kapan lagi makan soto banjar sama nasi kuning berasa winter di Inggris? :))

*Trivia: Tahu nggak Acil Galuh itu artinya apa? Diambil dari bahasa Banjar, "Acil" adalah tante, "Galuh" adalah cantik. 

Soto Banjar Acil Galuh
Jalan Guntur no.33 Malang
Instagram: http://instagram.com/acilgaluhmlg
Jam buka: Senin - Kamis (11.00 - 21.00), Sabtu - Minggu (07.00 - 21.00), Jumat libur


2 comments:

  1. nasi kuning dan ayam bumbu habang... duh masakan banjar emang endeuz ya cyiiinnn
    ayo ah cus ke jogja lagi mbak, temu kangen kitaaah (modus padahal pengen minta diajarin ukulele)

    ReplyDelete
  2. ada sate banjarnya nggak? hiks.. kangen sate banjar emak :(

    ReplyDelete

"The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)