Cerita Susah Tidur Karena Si 'Ayang'

5:30:00 AM


anyang-anyangan, anyang anyangan, mengobati anyang anyangan, penyebab anyang anyangan, menghilangkan anyang anyangan, infeksi saluran kemih, ISK, infeksi saluran kencing, road trip, tips road trip, tips backpacking, sakit buang air kecil, prive, prive uricran, bakteri, e coli, menopause, mitos anyang-anyangan, asam urat, kopi, teh, susu, soda, vitamin C, dosis vitamin C, cranberry, jus cranberry, cara membersihkan kemaluan, air putih, saluran kencing, baluran, taman nasional baluran, savana, bekol,

Anyang-anyangan bikin gelisah, ngalah-ngalahin orang nggak bisa tidur karena jatuh cinta
Anak kecil kebangun malam hari itu sepertinya sudah bukan cerita yang aneh. Kebanyakan kita waktu kecil pasti punya cerita tentang hal ini.

Biasanya anak-anak kecil nggak bisa tidur atau kebangun tidurnya karena mimpi buruk. Tapi kalau saya justru berbeda. Dari kecil kalau tidur gampang pulas, sampai sekarang pun jarang ada ceritanya saya nggak bisa tidur atau kebangun malam-malam. Kecuali ... gara-gara anyang-anyangan.

Jadi, pas kecil sekitar usia SD itu saya sering banget anyang-anyangan. Masih ingat banget rasanya, nggak nyaman luar biasa. Apalagi namanya anak kecil 'kan ya, perasaan nggak nyaman seperti itu bawaannya pasti nangis dan rewel. Jadi ngerepotin Papa dan Mama, mereka juga jadi nggak bisa tidur karena saya. Sementara sayanya sendiri juga 'stres' karena udah rasanya nggak enak, pengen pipis melulu tapi nggak ada yang keluar, plus ... itu sudah malam dan takut telat bangun besok paginya. Aish! Benar-benar lah itu siksaannya.

Walau akhirnya usia semakin bertambah dan jarang anyang-anyangan, perasaan gak nyaman itu masih teringat sampai hari ini dan jadi salah satu hal yang paling saya benci karena, simpel, saya nggak bisa mengatasinya. Mau marah juga nggak bisa, mau nangis ... lah masak dengan nangis trus anyang-anyangannya hilang? Kan nggak :))

Anyang-anyangan memang menyebalkan. Nggak cuma bikin sakit buang air kecil, tapi juga patut diwaspadai karena itu artinya saluran kencing kita sedang tidak sehat alias mengandung bakteri. Dari mana sih bakteri itu? Rupanya bisa karena kesalahan kita saat membilas organ intim. Nah, terutama pada perempuan nih. Seringkali bilasnya dari arah belakang ke depan 'kan? Ternyata cara ini bisa membawa bakteri dari anus, masuk ke dalam saluran kencing. Akibatnya terjadilah infeksi saluran kemih alias ISK.

Selain karena faktor kesalahan saat membilas organ intim itu, ada juga faktor-faktor bawaan misalnya karena fimosis atau letak lubang saluran kemih yang tidak normal. Bahkan juga kalau terjadi penyumbatan pada saluran kemih gara-gara sering menahan kencing. Tuuh, yang suka menahan pipis ya, hati-hati.

Setelah dewasa ini saya baru paham kalau anyang-anyangan yang dibiarkan bisa mengakibatkan infeksi ginjal. Haduuuuh! Parah ya? Padahal kelihatannya 'kan cuma rasa gak nyaman saat buang air kecil, tapi dampaknya begitu besar.

Karena punya riwayat masa kecil yang nggak enak gara-gara anyang-anyangan, saya jadi jaga-jaga lho. Gimana kalau-kalau kejadian anyang-anyangan itu kembali terjadi? Eh untungnya sih begitu sudah dewasa ini sudah jarang anyang-anyangan lagi, bisa jadi karena ...

Rajin minum air putih

Dalam sehari setidaknya minum 2 - 3 liter air putih. Tapi aku gak suka minum air putih. Bisa kok diakalin dengan membuat infused water. Pokoknya jangan sampai kekurangan cairan deh. Kalau saya biasanya menakar dari botol 600 ml-an. Kira-kira di kantor 2-3 kali isi botol, sementara pagi setelah bangun tidur dan sarapan habis 1 botol dan sore-malam 1-2 botol. Ini karena doyan sih dan kulit saya suka gampang kering kalau kurang minum. Bonusnya memang saya jarang anyang-anyangan karena ibaratnya bakterinya diflush oleh pembuangan air kecil yang lancar tersebut.

Cara membilas organ intim yang benar

Seperti yang sudah disinggung di atas, cara membilas organ intim yang salah bisa mengantarkan bakteri masuk ke saluran kencing. Hindari dari belakang ke depan yah. Belakang bersihin dulu, depan bersihin setelahnya.

Jangan menahan kencing

Ini saya punya pengalaman nggak enak soal menahan kencing, tapi kepaksa juga karena road trip 30 jam dan susah cari kamar mandi. Akibatnya anyang-anyangan deh. Mana nggak bisa curhat karena temen ngetripnya laki-laki semua. Cuma bisa bilang, "Rek, nanti kalo nemu pom bensin berhenti dulu ya. Aku mau pipis, anyang-anyangan." Sekian, terimakasih dan pengen ngrikiti kursi. Kalau keadaan nggak mendesak, jangan menahan kencing ya!

Rutin ganti celana dalam

Celana dalam basah, selain nggak nyaman, juga bisa jadi penyebab ISK. Nah, pastikan kamu ganti celana dalam rutin setidaknya dua kali sehari atau ketika sudah basah. Kalau nggak memungkinkan gonta-ganti celana dalam dalam sehari, pastikan permukaannya selalu kering ya.

Kalau orang zaman dulu sih percaya, anyang-anyangan bisa diatasi sementara dengan mengikat ujung jempol kaki pakai karet. Tapi nyatanya pijat refleksi di bagian telapak kaki, tepatnya di jempol dan telapak tengah kaki, bisa menghilangkan rasa nggak nyaman karena anyang-anyangan tersebut.

anyang-anyangan, anyang anyangan, mengobati anyang anyangan, penyebab anyang anyangan, menghilangkan anyang anyangan, infeksi saluran kemih, ISK, infeksi saluran kencing, road trip, tips road trip, tips backpacking, sakit buang air kecil, prive, prive uricran, bakteri, e coli, menopause, mitos anyang-anyangan, asam urat, kopi, teh, susu, soda, vitamin C, dosis vitamin C, cranberry, jus cranberry, cara membersihkan kemaluan, air putih, saluran kencing, baluran, taman nasional baluran, savana, bekol,
Infographic created by Winda Carmelita

Sebetulnya ada cara alami yang juga menyehatkan seluruh tubuh, yaitu dengan rutin mengkonsumsi jus cranberry. Tapi kalau di Indonesia, buah yang cara panennya unik ini, memang agak susah ditemukan di pasar karena buah ini lebih banyak tumbuh di Amerika dan Kanada. Tapi gak perlu bingung, karena manfaat buah cranberry bisa didapatkan dengan rutin minum Uricran.

Uricran mengandung ekstrak buah cranberry yang kaya akan vitamin C dan anti oksidan. Anti oksidan dalam buah cranberry ini disebut proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Sifatnya yang anti-adhesi bikin bakteri nggak akan menempel pada saluran kemih.

Nggak perlu repot peras-peras buah cranberry deh, karena Uricran dikemas dalam dua bentuk yang praktis. Pertama, Prive Uricran dalam bentuk kapsul 250 mg yang boleh dikonsumsi 1-2 kali dalam sehari. Kedua, dalam bentuk minuman powder sachet 375 gram yang diberi nama Prive Uricran Plus. Yang kedua ini rasanya enak lho, nggak berasa kalau minum obat karena rasanya manis, rasa cranberry. Boleh diminum 1-2 kali.

anyang-anyangan, anyang anyangan, mengobati anyang anyangan, penyebab anyang anyangan, menghilangkan anyang anyangan, infeksi saluran kemih, ISK, infeksi saluran kencing, road trip, tips road trip, tips backpacking, sakit buang air kecil, prive, prive uricran, bakteri, e coli, menopause, mitos anyang-anyangan, asam urat, kopi, teh, susu, soda, vitamin C, dosis vitamin C, cranberry, jus cranberry, cara membersihkan kemaluan, air putih, saluran kencing, baluran, taman nasional baluran, savana, bekol,
Prive Uri-Cran Plus | Image taken from mypriveworld.com

Gak mau lah anyang-anyangan lagi, karena sekarang seharusnya adalah susah tidur karena ... yayang-yayangan :)) 

Image taken from pexels.com

You Might Also Like

10 comment

  1. kalau dulu waktu kecil di iket i jempo kakinya.. haha.. emang ngaruh ya..????

    ReplyDelete
  2. Aku juga sering nahan pipis, kalau dikantor karena tanggung sama pekerjaan yang ada, kalau di mall karena jijik sama toilet umum yang kotor dan bau 😞 semoga ga jadi anyang-anyangan ya

    ReplyDelete
  3. aduuuhhh ini dia nih penyakit yang bikin setreess dan sakitnya kalo mau pipis. aku dua kali pernah kena sakit begini. sejak itu rutin melakukan semua hal di atas. satu yang paling gak bisa di tawar: segera pipis kalo alarmnya sudah bunyi.

    ReplyDelete
  4. Adik saya pun prnah terkena anyang2an ... kasian liatnya

    ReplyDelete
  5. Aku ngg ngeh ternyata banyak bangeet yaaa mitos ttg anyang-anyangan 🙈.. tapi sekarang enaaak ada banyak solusi ;)

    ReplyDelete
  6. Berarti gak boleh beli es teh panas ya mbak biar gak anyang-anyangan? Wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Untung sekarang ada unicran yak.. kalau nyari buah cranberry kan susah banget :)

    ReplyDelete
  8. Saya pernah anyang-anyangan dan terpaksa bangun malam-malam. Saya ngakalinnya tidur di sofa, terus kaki di tumpangin ke posisi paling tinggi, kepala di bawah. Alhamdulillah jadi sembuh dan bisa tidur pulas.

    ReplyDelete
  9. wkwkwk,,saya juga sering mengalami yang namanya anyang2an,,apalagi pas kondisi angin di sekitar rumah kenceng banget,kan dingin tuh, alhasil bawaannya pengen pipis mulu

    ReplyDelete
  10. Baru tahu ada namanya anyang-anyangan.

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia