Resep Cara Membuat Tahu Bakso

8:43:00 PM


tahu bakso, resep tahu bakso, cara membuat tahu bakso, resep tahu bakso crispy, resep tahu bakso goreng, resep tahu bakso tanpa daging, resep tahu bakso diah didi, resep tahu bakso ungaran, resep tahu bakso ikan, resep tahu bakso ayam, cara membuat tahu bakso kukus, pangsit mie pak meh, pastel, lemper,

Dibandingkan dengan dessert yang manis-manis, saya jauh lebih suka sama makanan yang citarasanya asin, gurih dan ... tentu saja, yha ... gorengan. 'Dosanya' sungguh berlipat ganda ya, tapi lha ya kayaknya sudah keturunan. Di rumah pun kalau ada makanan manis bisa nganggur berbulan-bulan. Cookies zaman dapat hampers Lebaran kemarin, baru habis bulan Agustus lalu. Itu pun dalam kondisi belum tersentuh sama sekali. Coba aja di rumah dikirimin pastel, lemper atau semacam tahu bakso gitu. Hitungan detik langsung bablas hap habis dimakan Godzilla ~

Omong-omong soal tahu bakso, jadi di dekat kantor saya di Araya itu ada warung pangsit mie legendaris. Namanya Pak Meh. Selain pangsit mienya yang endeus tiada tara, kalau ke sana dan sedang gak pengen makan pangsit mie, saya biasanya pesan tahu baksonya. Jadi ya, tahu baksonya itu lembut sekali, dengan isian daging ayam dan udangnya yang agak manis. Enak banget apalagi dimakan sama kuahnya. Walau kadang jadi perdebatan ini halal atau gak, tapi di sini selalu laris sih dari berbagai kalangan.

Tadi pagi akhirnya dapat ilham. Setelah buka mata langsung liat cookpad, eh di top postnya ada resep cara membuat tahu bakso. Yodah langsung cabut ke mlijo Mbak Djum, belanja bahan-bahannya.

Bahan: (seperti biasa tanpa takaran exact)

Tahu putih, kukus 5-10 menit.
Daging dada ayam, cincang (kalau sudah ada yang cincangan yodah lebih enak)
Daun bawang, rajang
Tepung terigu
Tepung kanji (perbandingannya tepung terigu 2:1, ini ala Winda yah)
1 butir telur
Lada
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Bumbu halus:

Bawang putih
Bawang merah

Bahan pelapis:

Tepung terigu
Tepung kanji
Lada
Bubuk bawang putih
Garam
Penyedap rasa, sedikit aja ya

Cara membuat:

  1. Campurkan bumbu halus, daging ayam dengan telur. Aduk-aduk. 
  2. Tambahkan tepung terigu, garam dan lada. Uleni pakai tangan. Setelah merata, giliran daun bawang rajangan yang masuk. Uleni lagi.
  3. Kalau semua bahan adonan nomor 2 sudah rata betul, baru masukkan tepung kanji. Uleninya santai aja ya, soalnya kalau uleninya pake urat ntar adonan isian ini jadi alot pas sudah jadi. Tenang, ini cuma tahu bakso, bukan mau twitwor sama Fadli Zon.
  4. Terakhir, masukkan gula secukupnya. Walaupun ini makanan asin, tetap butuh gula supaya lebih sedap.
  5. Potong tahu yang sudah dikukus kemudian belah bagian pinggirnya. Nah ini kesalahan saya di awal adalah langsung bernafsu buat motong tahu tanpa memperkirakan kalau dibelek ternyata kekecilan. Jadi susah masukin isinya karena keburu pecah. Mana tekstur tahunya 'kan mudah hancur. Saran saya, coba dulu potong 1 buah tahu, yang agak gedean, belek bagian pinggirnya aja ketimbang dibelek dari bagian sisi tengah. Cara ini lebih cerdas karena isiannya bisa lebih banyak dan luberannya juga lebih bisa dirapikan dengan baik.
  6. Siapkan dandang. Kukus tahu selama 20 menit sampai bagian isiannya benar-benar matang.
  7. Bahan pelapis tepung basah: tepung terigu dicampurkan bersama dengan bubuk bawang putih, garam, lada dan penyedap rasa dikit. Supaya lebih kress, nyampurnya pakai air es.
  8. Bahan pelapis tepung kering: tepung terigu dan tepung kanji dibumbuin dengan bubuk bawang putih, garam, lada dan penyedap rasa dikit.
  9. Setelah tahu yang dikukus matang, dingin dulu kurang lebih 10 menit. Baru gulingkan di bumbu tepung basah, kemudian ke bumbu tepung kering, balik lagi ke basah, lalu ke kering sampai 2 kali. 
  10. Goreng dengan minyak panas. Bolak-balik sampai kuning keemasan.
  11. Angkat, tiriskan, sajikan. Boleh pakai saus sambal atau dicemil sama cabe rawit.
Nah, sebetulnya tahu bakso ini bisa dimakan dalam kondisi kukusan saja alias berhenti sampai tahap nomor 6. Kalau mau dimakan model kukusan, jangan lupa bikin kuah baksonya. Gampang kok, tinggal bikin kaldu, bumbuin dengan lada dan garam (kalau saya sukanya pakai minyak wijen sedikit supaya lebih sedap). 

tahu bakso, resep tahu bakso, cara membuat tahu bakso, resep tahu bakso crispy, resep tahu bakso goreng, resep tahu bakso tanpa daging, resep tahu bakso diah didi, resep tahu bakso ungaran, resep tahu bakso ikan, resep tahu bakso ayam, cara membuat tahu bakso kukus, pangsit mie pak meh, pastel, lemper,


Karena hari ini in the mood of makan gorengan, jadinya tahu bakso ini saya goreng. Cuma memang kurang sip dari segi tahunya karena harusnya tahunya digoreng dulu sih kalau mau bikin tahu bakso ala-ala tahu tuna gitu. Tapi kalau segi isian, bolehlah ... Eh, karena isiannya sudah cakep gini, jadi kepikir minggu depan mau bikin siomay deh. Udah mirip ini bahan isiannya sama bahannya siomay, tinggal tambahin udang giling dan wortel parut.

Yungalah, laper lagi deh :)) *ngemil semangka


You Might Also Like

9 comment

  1. kayaknay lebih enak nyoabnya drpd masaknya deh, ah sayang mbak rumahnya jauh dr rumahku

    ReplyDelete
  2. Aduh menggoda banget, bahkan dari yg belum masak sekaliipun hihi

    ReplyDelete
  3. menggodaaaaaaaaaaaaaaaah, tapi aku maunya dimasakin ajaaah hahahah.. tinggal lep makan :D

    ReplyDelete
  4. persis sama buat batagor ya mbak heheheh ,,, sumpah bikin ngiler mbak

    ReplyDelete
  5. Gampang ternyata bikinnya. Saya mau ah bikin sendiri. Biar lebih puas makannya :)

    ReplyDelete
  6. Ini makanan favorit saya, cemilan yang sehat dan mengenyangkan

    ReplyDelete
  7. Ternyata gampang ya... Potonya menggoda ih..

    ReplyDelete
  8. Oke keep resepnya, secara aku suka tahu bakso tapi bingung cara bikinnya, hehehe.
    Dulu waktu di Semarang sih sering banget, beli, wkwkwk

    ReplyDelete
  9. yummmmmmmm malem2 lihat ini bikin mupeng

    www.shopforcheapo.com

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia