Galeri Musik Dunia Jatim Park 3: Dari Memorabilia Hingga Alat Musik Langka

7:47:00 AM

galeri musik dunia, Jatim Park 3, dino park, wahan di jatim park 3, museum musik indonesia, museum musik dunia, jatim park 1, jatim park 2, secret zoo, BNS batu, museum satwa, eco green park, museum angkut,


Di Jatim Park 3, ada satu wahana yang paling membuat saya excited, yaitu Galeri Musik Dunia. Menurut saya, Galeri Musik Dunia ini seperti Museum Angkut, yang menyerupai museum ketimbang wahana permainan. Tapi justru itulah yang membuat saya jadi penasaran sejak awal lihat teasernya dari teman-teman marketing JTP Group.

Setiap kali JTP membuat wahana semacam museum seperti ini, pasti nggak nanggung. Dan ketika saya datang ke Galeri Musik Dunia, memang terbukti semua benda-benda yang dipertontonkan di area ini adalah benda-benda yang punya nilai seni dan sejarah tinggi.

Masuk ke area Galeri Musik Dunia lantai 1, kita bisa melihat berbagai alat musik tradisi berbagai negara. Selain Indonesia, ada Timur Tengah sampai Hawaii. Sungguh saya sampai nganga karena alat musik yang dipertontonkan di sini tuh bahkan didatangkan dari negara asalnya. Nggak cuma bisa melihat bentuknya, kita juga bisa mendengarkan suaranya. Eh, tapi untuk mendengarkan suaranya, kita disuruh berdiri di bawah benda yang menggantung di langit-langit ini. Iya, ini bukan lampu lho, tapi speaker. Di bawahnya, suara bisa terdengar lebih jelas dan fokus. Yoloooh, saya sampai ndeso ngeliat benda ini :))

galeri musik dunia, Jatim Park 3, dino park, wahan di jatim park 3, museum musik indonesia, museum musik dunia, jatim park 1, jatim park 2, secret zoo, BNS batu, museum satwa, eco green park, museum angkut,


Menuju ke lantai berikutnya adalah tempat di mana kita bisa mengenal musik dari beberapa genrenya. Dari jazz, blues, rock, pop, keroncong bahkan K-pop. Nah, di masing-masing area, ada memorabilia musisi-musisi dari genre tersebut. Favorit saya sih di area jazz karena bisa nyetel vinyl yang bisa kita pilih sendiri. Kata temen saya, "Di sini udah ada bar-nya, lagunya begini, bisa nyetel vinyl, yang kurang liquornya."

galeri musik dunia, Jatim Park 3, dino park, wahan di jatim park 3, museum musik indonesia, museum musik dunia, jatim park 1, jatim park 2, secret zoo, BNS batu, museum satwa, eco green park, museum angkut,

galeri musik dunia, Jatim Park 3, dino park, wahan di jatim park 3, museum musik indonesia, museum musik dunia, jatim park 1, jatim park 2, secret zoo, BNS batu, museum satwa, eco green park, museum angkut,


Perjalanan lanjut ke bagian selanjutnya yang paling saya sukai adalah display alat musik lawas. Ya ampun, saya sampai kerasan nggak pengen pulang gara-gara kepincut music box tahun 1800-an yang masih bisa berfungsi dengan baik. Begitu pula phonograph yang masih bisa mengeluarkan suara dengan jernih. Luar biasa!

Baca Juga: Dino Park Jatim Park 3: Serasa Kembali ke Zaman Purbakala

Memang nggak semua benda di sini boleh dimainkan, dan sebaiknya dimainkan kalau ada petugasnya saja. Sayang kalau dioperasikan dengan gradakan oleh banyak tangan, kemudian rusak. Benda-benda ini langka sekali dan nilai sejarahnya tinggi. Pengen banget nyulik music boxnya pulang, 'kan cakep kalau diputar pas malam Natal biar berasa Natalannya di Eropa :))

galeri musik dunia, Jatim Park 3, dino park, wahan di jatim park 3, museum musik indonesia, museum musik dunia, jatim park 1, jatim park 2, secret zoo, BNS batu, museum satwa, eco green park, museum angkut,




Galeri Musik Dunia saat ini baru selesai 80 persen. Nantinya bakal ada mini concert hall di dalamnya, area genre dangdut dan di beberapa bagian kita bisa menikmati live music sesuai genre (misalnya, keroncong). Pastinya alat-alat musik dan koleksi memorabilia serta rilisannya semakin lengkap.

Oh iya, untuk tiket masuknya saat ini sedang ada diskon 30% menjadi Rp30.000. Harga normalnya nanti Rp50.000 per orang. Mumpung masih diskon, nggak ada salahnya dicoba ;)



Nah, kalau pengen tahu seperti apa sih suasana di dalam Galeri Musik Dunia, saya rangkum dalam video berikut ini:



Galeri Musik Dunia Jatim Park 3
Lokasi: di dalam area Jatim Park 3, lantai 1
Jam buka: 10.00 - 22.00
HTM: Rp50.000 (harga perkenalan diskon menjadi Rp30.000)




You Might Also Like

4 comment

  1. Wah bagus ya jatim park 3, koleksi alat musiknya bagus2 banget.
    Pengen banget ke Jatim Park tapi belum kesampean hiks

    http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Waaah, Jatim Park 3! Salah satu destinasi yang selalu jadi wishlist tapi belum punya kesempatan di sana. Semoga liburan depan bisa ke sana huhu :'(

    ReplyDelete
  3. Tempat asyik, koleksinya banyak ya :)

    ReplyDelete
  4. Nama group bandnya Mick Jagger itu "The Rolling Stones" (ada huruf s) bukan The Rolling Stone.. kalau Rolling Stone itu nama Majalah Musik terbitan Amerika sejak 1967.

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia