Resep Cara Membuat Soto Ayam Rumahan

9:49:00 AM


resep soto ayam

Sudah lebih sebulanan ini, saya disiksa sama sakit akibat gigi geraham yang sundul-sundulan. Setelah drama abses, kemudian cabut gigi yang gagal dan masih luar biasa sakitnya padahal sudah disuntik bius lokal sampai 3 kali akhirnya kesimpulannya adalah saya harus bedah mulut. Huhuhu ...

Drama pergigi-an ini memang menyebalkan. Sudah mahalnya gila-gilaan, part yang bikin menyesal adalah jadi susah makan. Ini sih sebetulnya bagian yang paling tidak menyenangkan soalnya saya rakus perut lapar tapi jadi nggak nafsu makan karena giginya nyut-nyutan. Mungkin seumur hidup baru pada fase ini saya merasakan yang namanya malas makan. Tapi kudu makan, karena minum obat-obatan yang beberapa cukup keras kandungannya.

Akhirnya, demi menjaga stabilitas negara dan sisa-sisa gigi yang masih berfungsi, saya makan yang lunak-lunak dan berkuah. Sudahlah, ini benar-benar melanggar prinsip seorang Winda Carmelita itu makan yang berkuah-kuah, karena saya adalah penggemar gorengan. Setelah beberapa hari memaksakan mengunyah yang bergoreng-goreng, akhirnya saya menyerah dan masak soto deh. Kebetulan nyetok paha ayam dan nggak tersentuh selama sakit gigi. Daripada mubazir, mari dikaryakan.

Bahan: (seperti biasa, saya masaknya nggak pernah menakar)
Paha ayam (boleh pakai dada ayam atau sayap ayam)
Soun kering, rendam dalam air panas sampai lembut
Kecambah
Kol
Telur, direbus matang
Seledri
Daun bawang
Serai
Lengkuas
Daun jeruk
Daun salam
Bawang merah dan bawang putih goreng

Bumbu halus:

Bawang merah
Bawang putihGaramJaheMericaKemiri Kunyit

Cara Membuat:
  1. Rebus paha ayam dengan api kecil. Sisihkan kaldunya. Goreng ayamnya sampai matang, tapi jangan terlalu garing. Suwir-suwir kecil.
  2. Haluskan semua bumbu halus, kemudian tumis dengan sedikit minyak hingga aromanya harum
  3. Masukkan bumbu halus ke dalam kaldu ayam tadi. Tambahkan serai, lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Aduk-aduk sampai aromanya wangi.
  4. Tambahkan gula dan garam, cicipi sampai rasanya sesuai selera.
  5. Tata di mangkok: soun rebus, telur rebus, suwiran ayam, rajangan kol dan kecambah. Siram dengan kuahnya. Taburi bawang merah goreng, bawang putih goreng dan daun bawang rajang supaya lebih sedap.
Siap deh disantap dengan ... nasi (... tim ... Huhuhu seenak ini sotonya makannya harus sama nasi tim 'kan sedih ya).


resep soto ayam

Sebetulnya nggak terlalu repot sih masak soto ini. Apalagi sekarang sudah banyak yang jual bumbu soto instan. Bahkan di toko online yang menjual sembako, saya sering melihat bumbu-bumbu siap masak seperti ini dijual. Ini kebetulan aja lagi agak rajin jadi diniatin ngulek. Kalau mau praktisnya ya pakai bumbu instan.


Eh, soto di Indonesia itu 'kan banyak banget ya jenisnya. Dari infografis yang saya dapatkan dari Beritagar, setidaknya ada 60++ per-soto-an yang tersebar di seluruh Nusantara. Kalau saya suka banget soto Madura, terutama soto di Pasar Senen, Bangkalan, Madura. Soto ini deket banget sama rumah temen saya, Tutik. Aslik, enaknya nggak ada obat deh. Kalau kamu paling suka soto apa?

You Might Also Like

2 comment

  1. cobain soto kaki di daerah kebon bawang priok, hmmm sedaaap

    ReplyDelete
  2. wah... mba winda pinter masak jugaaa...
    kalo aku paling seneng makan soto masakannya ibuk...hihihihi

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia