Ada Tempe Kacang dan Mendol di Hotel Aria Gajayana Malang

10:27:00 AM

Hotel Aria Gajayana Malang

Sebagai anak Malang alias Arema asli, ini lidah memang nggak bisa dibohongi. Orang Malang itu makanan sehari-harinya, yang banyak dijual di pasar, ya tentu saja segala jenis per-tempe-an. Mau tempe kedelai, tempe kacang, tempe menjes atau mendhol, ya itulah khasnya orang Malang.

Makanya, kalau saudara-saudara saya dari luar kota ke Malang, itu selalu minta dibikinin mendhol dan digorengin tempe kacang atau tempe menjes. Soalnya tiga jenis makanan ini memang nggak ada di tempat lain. Kalau pun ada, rasanya nggak sama.

Buat yang belum tahu, mendhol itu tempe yang dihancurkan, dicampur bumbu rempah-rempah (yang biasanya kencur dan daun jeruknya dominan), terus difermentasi beberapa jam, baru digoreng. Semacam perkedel tempe lah, cuma dikepalnya itu kecil-kecil lonjong. Sementara tempe menjes itu tempe yang terbuat dari ampas tahu. Teksturnya lebih lembut. Kalo orang Malang ada yang nyebut tempe menjes ini sebagai tempe 'levis'. Karena teksturnya macam celana jeans Levi's HAHAHHAHAHA ... Kalau tempe kacang alias tempe bungkil, bahan pembuatnya adalah kacang tanah. No wonder tempe ini rasanya lebih gurih.

Nah, ketiga makanan ini identik dengan makanan rumahan yang sederhana. Tapi ternyata tempe kacang dan mendhol sekarang 'naik kelas' jadi makanan hotel lho. Saya menemui keduanya duduk manis di barisan buffet Paket Bukber Hotel Aria Gajayana Malang.

Hotel Aria Gajayana Malang
Mendhol, my love!  | Image taken by Winda Carmelita

Kalau biasanya menu buka bersama ala Nusantara yang ditawarkan hotel atau restoran lainnya mengangkat menu-menu yang sudah umum, misalnya sate, rawon, soto dan sebagainya, di Hotel Aria Gajayana ini menunya lebih terkesan Malangan dengan adanya mendhol, tempe kacang dan bakwan jagung yang menul-menul. Ketiganya ini cocok banget disantap bareng lodeh sayuran dan sayur bayam bening yang juga termasuk dalam menu buffetnya.

Hotel Aria Gajayana Malang
Kalo orang Malang ini bilangnya bakwan jagung  | Image taken by Winda Carmelita
Nggak cuma menu-menu yang saya sebutkan di atas. Di Paket Bukber Hotel Aria Gajayana ini kita nggak bakalan bosan makan menu yang itu-itu saja. Pas ngobrol-ngobrol sama Chef Bambang Satria, executive chef merangkap F&B Manager Hotel Aria Gajayana, menu yang disajikan ini bakal dirotasi tiap hari. Dan menunya ini tergolong banyak lho! Lebih dari 10 jenis masakan yang disajikan tiap hari, plus aneka salad, takjil dan dessert-dessertnya.

Hotel Aria Gajayana Malang
Menu buffetnya ada puluhan dan dirotasi tiap hari  | Image taken by Winda Carmelita
Selain menu yang Malangan, kemarin saya kalap gara-gara sop kikil sapinya. Kikilnya empuk, sama sekali nggak menthal kalau dimakan. 'Kan ada tuh ya kikil yang kalau digigit semakin berontak. Sop kikil sapinya ini empuk, semacam lumer di mulut. Terus kuahnya juga nggak eneg. Poin yang saya suka adalah royal banget sama kikil dan daging nih di menu buffet-nya. Setiap centongannya, banyak banget daging yang keambil. Bukan nyentongin kuah gitu lho hehehe ...

Hotel Aria Gajayana Malang
Sop kikil sapinya enak banget! | Image taken by Winda Carmelita

Paket Bukber dengan puluhan menu Nusantara ini bisa banget jadi alternatif buka bersama keluarga atau teman-teman. Cuma Rp 85.000/net, menu makanan lengkap dari nasi, mie, aneka lauk-pauk, minuman, dessert dan bonus takjil pula.

Ohiya, kalau makan di Panderman Coffee Shop Hotel Aria Gajayana ini, pemandangannya asli cakep banget! Dari ketinggian, bisa melihat pemandangan Gunung Panderman yang lagi cantik-cantiknya di sore hari saat senja. Kalau malam hari, pemandangannya langsung berubah jadi city night view yang bikin Malang berasa jadi makin seksi. Mbak Nana yang pernah berenang di kolam renang Hotel Aria Gajayana bilang, kalau pagi berenang di sini, bisa lihat Gunung Panderman dengan latar belakang pemandangan sunrise yang cakep banget. Duh jadi pengen!

Hotel Aria Gajayana Malang
Sayangnya pas ke sini kemarin mendung gelap | Image taken by Winda Carmelita

Sungguh, saya nggak nyangka di tengah keramaian Kota Malang, ternyata ada pemandangan cakep yang disajikan Hotel Aria Gajayana. Buat yang mau berbuka bersama atau santai-santai, silakan mencicipi menu-menu yang ditawarkan Panderman Coffee Shop ini. Buka 24 jam lho :)

You Might Also Like

1 comment

  1. Makanannya enak, harga terjangkau tempatnya bagus pula ya beb

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)