Apalah Arti Hari Perempuan Jika ...

hari perempuan
Image taken from sarahsatrun.blogspot.com
Selamat hari Perempuan Internasional!

Tapi ...

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, jika kita masih mendengar setiap saat ada jerit tangis perempuan-perempuan yang lebam karena sabetan ikat pinggang dan memilih mempertahankan rumah tangga demi janji sucinya di hadapan Tuhan?

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, jika para perempuan sendiri masih memperdebatkan pilihan hidup masing-masing orang. ASI vs sufor. Melahirkan caesar section vs melahirkan normal. Ibu bekerja vs stay at home mom.

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, jika para perempuan ditakar ukuran kesempurnaan hidupnya dari "udah umur 30-an kok belum menikah?", "Kok masih jomblo aja nih?", "Kok belum punya anak, mandul ya?".

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, jika para perempuan ditimbang kadar moralnya dari tatto-tatto yang terukir di tubuhnya, dari piercing dan tindikan yang melekat di tubuhnya, dari apa yang dikenakannya, dari apa yang disuarakannya.

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, jika kita masih mendengar ejekan fisik sebagai canda tawa yang patut dirayakan. Mau bentuk tubuhnya seperti apapun, ia perempuan seutuhnya, selayaknya dihormati.

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, jika para perempuan masih tunduk pada rayu-rayu mulut manis penipu yang memintamu mengabadikan gambar tubuhmu tanpa selembar benang pun. Oh, kita juga perlu mengeluarkan otak sang penipu dan merendamnya di air jeruk nipis.

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, jika para perempuan masih diukur nilai kodratinya hanya dari "Istriable itu yang bisa masak, yang bisa mengurus urusan domestik .. Udah di rumah aja, ngapain sih sekolah pinter-pinter?" Oops.

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, tanpa harapan dan cita-cita yang layak diapresiasi. Setinggi dan se-'tidak mungkin' apapun. Yuk kita ke bulan naik unicorn bersepatu Dr. Martens warna pink :D

Apalah arti peringatan hari perempuan internasional, tanpa kisah sukses perempuan pemimpin-pemimpin besar di dunia yang jumlahnya meningkat 7 kali lipat selama 20 tahun ini. Dan masih banyak lagi kisah para perempuan yang membanting tulang melawan debu jalanan demi mendapatkan sesuap nasi untuk keluarganya.

Dan terakhir ... apalah arti peringatan hari perempuan internasional, tanpa seorang perempuan yang mempertaruhkan nyawanya dan rela dirobek-robek bagian tubuhnya demi melahirkan kita? Terimakasih, Ma :)

----

Saya, secara pribadi menganggap bahwa kesetaraan dan kampanye perlawanan terhadap kekerasan ini sebetulnya bukan hanya menyoal perempuan saja, tetapi juga pada laki-laki, pada semua orang, karena ini adalah isu sosial yang mempengaruhi kehidupan manusia dan menimbulkan teror dalam diam dan ketidakpedulian.

Hari ini Google bikin campaign keren bertajuk #OneDayIWill. Google akan membuat doodle secara personal sesuai dengan tweet yang dikirimkan dengan hashtag #OneDayIWill, #GoogleDoodles dan mention @Google.




Thankyou +Google ! Semoga cita-citaku bisa terwujud ^^

Komentar

  1. Hihi, hayuk kebulan pakai unicorn bersepatu Dr. Martens...eh, btw Dr. Martens itu siapa ya, Mbak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr. Martens itu brand sepatu boots mbak hihihi .. Ayook~

      Hapus
  2. Selamat hari perempuan sedunia, Mbak Winda. Moga makin sukses :)

    BalasHapus
  3. baru tau ternyata ada hari perempuan

    selamat hari perempuan

    BalasHapus
  4. Mau dong ke bulan naik unicorn dan pake sepatu Dr.Martens yang bunga-bunga ^^

    BalasHapus
  5. Hoalah, itu onedayIwill nya dibuatin google tah? Hahhaaa kemana ajaaa gw sampe ga ngeh. Tau gitu kan pengin dibuatin juga :)

    Bener Winda, kadang ya ada yg terjebak dengan seremoni ini itu seputar Hari Perempuan or Hari Ibu or hari2 apalah lainnya lagi tanpa memaknai apa sebenarnya yg hakiki di balik itu semua. Too many celebration less contemplation...

    BalasHapus
  6. Semoga dengan adanya hari perempuan sedunia bisa membuat perempuan lebih di hormati oleh orang lain.

    BalasHapus
  7. Sudah saatnya meninggalkan celotehan yg ngga penting. Membandingkan, apalagi menghakimi. Yuuk Wind, jadi lah perempuan solehah. . Hihihi

    BalasHapus
  8. Hampir aja waktu itu gue mention ke Google dengan hastag #OneDayIWill keren aja gitu, tweetnya di bales sama Google. Pas gue cek lagi, eh ternyata campaign tersebut ditujukan untuk Hari Wanita Internasional. Huft. Hampir aja gue berubah kelamin menjadi perempuan.

    BalasHapus
  9. yoiii mbaakkk...aku tambahin ya, apa artinya hari perempuan bila masih ada perempuan yang tega menghancurkan kehidupan perempuan yg lainnyaaa...#mlh curhat.. salam kenal mba..

    BalasHapus
  10. Istriable xixixiii.... Jika ada seseorang yang cukup mencintai kita untuk diperistri, istriable itu berubah makna jadi loveable... buat dia. Orang lain nggak ada urusan, kecuali dpt mertua kezam :D

    BalasHapus
  11. perempuan itu bagi saya adalah sebuah permata yang dibeli dan jangan pernah dijual kembali.
    itu artinya perempuan sangat berharga :D
    setuju kah ??

    BalasHapus
  12. terharu baca kalimat yang di bagian akhir, selamat hari perempuan khususnya untuk ibu kita tercinta :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer