Menikmati Golden Hour Sampai Mabuk Dessert di Dapur Cokelat Malang

1:17:00 PM

dapur cokelat malang choco fondue


Sejak resign di pertengahan awal tahun lalu, saya lebih banyak bekerja dari rumah. Dan ternyata hal ini mempengaruhi keseharian saya lho. Kalau dulunya, pulang kantor langsung lanjut ke tempat lain semata supaya mobilitasnya lebih efektif, sekalian pulang ke rumah saat semuanya selesai, sekarang beda. Karena kerja bisa dilakukan di rumah, saya bisa tiga hari nggak pergi ke mana-mana selain ke pasar atau swalayan beli kebutuhan makanan sehari-hari.

Karena perubahan rutinitas ini, saya jadi nggak tahu tempat-tempat baru di kota sendiri. Sampai pada akhirnya, kemarin dicolek Nisa, diajakin ke Dapur Cokelat di Jalan Guntur 5, Malang. Saya iyakan walau lagi kejar deadline, demi menghirup udara luar daripada bermutasi jadi vampir hahaha~

dapur cokelat malang


Pertamanya saya pikir, ngapain ke Dapur Cokelat ya, wong nggak lagi butuh beli cake atau cokelat. Soalnya yang saya tahu Dapur Cokelat memang terkenalnya sebagai toko kue dan cokelat 'kan. Eh ternyata pas sampai, saya lihat di lorong sampingnya ada kursi-kursi warna-warni dan dekorasi dindingnya catchy banget.

dapur cokelat malang


Wah, ternyata di Dapur Cokelat bisa dine-in juga! Areanya bisa indoor-outdoor, secara area indoor-nya memang terbatas. Menu-menu buat dine in-nya variatif lho. Mulai dari minuman berbahan cokelat sampai yang segar buah-buahan, sampai menu dessert-nya yang -- seriusan, gemes banget penyajiannya. Sayang banget buat dimakan, asli!

Di acara kumpul-kumpul "Nongkrong Bareng KeraNgalam" kemarin, saya dan teman-teman dapat kesempatan mencicipi semua menu dine in, dan beberapa jenis take away seperti cokelat-cokelat praline. FYI aja nih, nggak semua gerai Dapur Cokelat di Indonesia itu punya konsep makan di tempat lho. Kalau nggak salah sih, info dari Mas Pryan, marketing Dapur Cokelat, konsep makan di tempat ini cuma ada di Dapur Cokelat Tebet, Dapur Cokelat Bali dan tentunya, Dapur Cokelat Malang. Asyik ~

Selain konsep dine-in yang limited hanya ada di beberapa kota, khusus buat Dapur Cokelat Malang ini sebagian besar sajiannya menggunakan bahan dari buah apel, buah khasnya Kota Malang dan Batu. Sebagai orang yang kurang into sama makanan manis, saya justru antusias banget mencicipi semua menunya untuk membuktikan: paduan cokelat dan apel yang manis itu nggak eneg. So, ini menu-menu pilihan saya:

Tergemas: Apple Bomb with Vanilla Sauce🍏


dapur cokelat malang apple bomb apple bomb


Pertama kali melihat, saya pikir itu candy apple lho. Apel sebiji yang dicelupin ke dalam larutan gula kental yang bikin penampilannya glazy. Eh ternyata ini dessert yang terbuat dari krim vanila dengan filling saus apel. Pas masih utuh, mirip sama buah apel segar. Begitu dibelah, barulah kelihatan kalau ini dessert berbentuk apel. Gemes banget, jadi sayang mau acak-acakin huhuhu ~

Krim vanillanya enak, nggak terlalu manis nyegrak. Jadi bisa mengimbangi filling apel-nya yang cenderung lebih manis.

Baca Juga: Resep Chocolate Beer Cake using Pilsner Beer

Tersegar: Mango Delight 🍹


dapur cokelat malang mango delight apple strudel
Mango Delight dan Apple Strudel
Kalau sudah makan yang manis, paling enak lidah 'dibilas' sama sesuatu yang asem segar kayak Mango Delight. Meski judulnya mangga, Mango Delight ini minuman yang didalamnya disertakan juga potongan strawberry dan irisan jeruk mandarin. Serius, seger banget!

Terenak: Apple Strudel 🍎

Saya sama Lily, teman saya sempat bingung, sebenernya baca 'strudel' itu pake 'u' atau 'a' sih? Hahaha ~ 'Strudel' ataukah 'stradel'? Apalah itu, yang pasti menu Apple Strudel adalah menu yang paling saya suka karena mengingatkan saya sama pai apel yang pernah saya makan waktu kecil. Pastry-nya 'kan ada citarasa asin, sementara filling apelnya itu masih agak asam dari taste apel hijau segar dan ada sedikit aromatik rempahnya. Aduh, jadi kangen pai apel yang dikasih sama temennya Mama dulu itu πŸ˜‹Lumayan mengobati kangen lah, karena saya tuh nggak bisa makan buah apel segar (bikin begah), tapi suka sama pai apel.

Baca Juga: Resep Apple Rhum Sauce

Terindah: Rose Apple Pie 🌹


dapur cokelat malang rose apple pie

Dari sekian banyak kue yang di-display di Dapur Cokelat Malang, yang satu ini benar-benar bikin jatuh cinta sejak pandangan pertama. Rose Apple Pie ini cuma ada di Dapur Cokelat Malang lho. Lihat deh, hiasan berbentuk bunga yang memenuhi seluruh permukaan pie ini. Bukan dari plastik lho. Ini 100 persen asli, kelopak-kelopaknya dari irisan apel yang dibentuk menyerupai bunga mawar. Sementara daun hijaunya, terbuat dari cokelat.

Konon, Rose Apple Pie ini favorit dan selalu laku. Ya iyalah ya, bentuknya aja cantik banget gitu. Bagus banget buat hantaran atau oleh-oleh, lho. Saking bagusnya, kami semua sampai sayang buat mengiris pie ini πŸ˜‚

dapur cokelat malang
Pinjem Lily dan Mbak Nana sebagai model KW
Selain menu-menu yang saya sebutkan di atas, masih ada menu-menu lain yang juga enak dan layak dicoba. Antara lain Apple Bread Toast (roti bakar dengan selai apel dan topping aneka cokelat), Apple Delight (minuman sari apel dengan kayu manis, enak!), Bundt Cheese Cake (cake cokelat dengan layer cheese cake), choco fondue, hot chocolate, ice chocolate (minuman cokelatnya kental dan sangat nyokelat, recommended!πŸ‘)


View this post on Instagram

Sudah musim kemarau. Kalau musim hujan sudah berlalu gini, golden hour sorenya pasti bagus πŸŒ‡ . Kemarin menikmati sore yang cerah di @dapurcokelatmlg. Selama ini taunya cuma take away aneka cake & cokelat. Baru tau loh kalau di Dapur Cokelat Malang sekarang bisa dine-in. . Suasananya enak banget, 'kan daerah Jalan Guntur itu kalau sore. Nggak berisik lalu-lalang kendaraan, jadi kalau mau ngobrol-ngobrol santai sambil cicipin aneka menu berbahan cokelat 🍫dan apel 🍏-nya Dapur Cokelat Malang, cocok lah πŸ‘Œ . Pilihanku sih Green Apple Bomb with Vanilla Sauce di foto ketiga. Gemes bentuknya, filling apelnya juga enak. Manis, tapi gak eneg. Pada dasarnya semua makanan dan minuman di sini penyajiannya bagus, sayang dimakan πŸ˜‚ . Eh konon katanya, Dapur Cokelat Malang mau bayarin arisan kamu segeng lho di bulan depan. Hmm 😍 Nanti katanya dibisikin caranya gimana, pokoknya follow aja dulu πŸ‘‰@dapurcokelatmlg yak.
A post shared by Winda Carmelita (@windacarmelita) on


Untuk range harganya, cukup terjangkau lho. Minuman mulai Rp 10 ribu aja. Cocok lah buat arisan atau merayakan ulangtahun privat di sini. Tempatnya juga nyaman meski nggak besar. Sayangnya, di sini belum ada menu savoury. Pecinta makanan asin, sabar dulu ya, sapa tahu ke depannya bakal ada menu-menu cokelat dengan citarasa asin gurih ~

 Letak Dapur Cokelat Malang di Jalan Guntur yang tidak terlalu ramai lalu-lalang kendaraan bermotor dan tidak berisik, bikin tempat ini layak banget jadi tujuan bersantau sambil menikmati golden hour.

I'll definitely be back! πŸ’“πŸ’“

Dapur Cokelat Malang
Jalan Guntur 5, Malang
No.telp: (0341) 366939
Jam operasional: 08.00 - 22.00 (Senin-Minggu)
Instagram: @dapurcokelatmlg

You Might Also Like

2 comment

  1. Di Jkt juga byk dapur cokelat, aku sering beli cake buat ulang tahunnya tp belum pernah nongkrong di storenya, kapan2 ah aku coba

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)