ZAP Beauty Lip Matte Shade 08 Ashley


zap beauty lip matte

Dulu banget saya pernah dimakeup-in sama make up artist di acara lamarannya teman. Mbak MUA-nya ini bilang kalau dia lagi pengen dandanin orang pakai lipstik warna ungu. Astaga, langsung pucet lah saya, baru kenal kok udah main templokin lipstik ungu aja nih. Saya membayangkan ini muka saya kalau nggak pakai lipstik aja udah kayak orang campak Jerman, apalagi dilipstikin ungu. Pucet dong.

"Lho enggak Mbak, kalau kulitnya cerah, make up matanya bold, pakai warna ungu itu bagus kok," kata Mbak MUA-nya sambil menunjukkan lipstik yang dimaksud. Ternyata ya bukan ungu kayak lipstiknya Nicki Minaj, tapi mauve. Mauve cream yang ada hint pinknya. Ya sudah saya nurut aja waktu diaplikasikan.

mauve color pantone


Begitu selesai, saya takjub bahwasanya nggak sengeri yang saya bayangkan. Bahkan waktu itu make up mata saya biasa saja, tapi lipstik mauve-nya cakep. Baik saya, mbak MUA dan teman saya pun jadi terkagum-kagum karena ternyata lipstik yang warnanya nggak biasa gitu bisa kepake juga :))


Meskipun sudah terbukti pakai lipstik warna keunguan itu nge-blend dengan warna kulit, saya masih nggak percaya diri kalau mau beli sendiri lipstik dengan shade warna itu. Sudah bolak-balik ngelihat beberapa merk lipstik yang punya warna mauve, the real mauve, tapi masih takut aja. Takut kepucatan, tepatnya. Apalagi saya 'kan ngak pintar ber-make up hehehe ...

Sampai akhirnya menemukan Ashley, lip matte dari ZAP Beauty ini waktu main ke ZAP Beauty Lampung beberapa waktu yang lalu. Ashley ini warnanya mirip sama lip cream yang dipakaian Mbak MUA waktu itu, hanya saja dia lebih gelap. Wah,kalau warnanya lebih gelap saya malah lebih berani, karena nggak perlu repot make up mata yang bold 'kan.

Lip matte dari ZAP Beauty ini adalah produk lini make up dari ZAP Clinic. Pasti sudah nggak asing sama ZAP Clinic 'kan? Nah, kalau dulunya ZAP Clinic dikenal sebagai klinik untuk hair removal, sekarang mereka lagi gencarin untuk memperkenalkan diri sebagai klinik beauty treatment yang punya layanan lengkap dan premium. Salah satu produk yang masuk dalam lini beauty-nya ya ZAP Beauty ini. Sepertinya memang klinik-klinik kecantikan pada gencar  bikin lini make up dekoratif juga.

Pertama kali melihat lipstik ini di-display, sempat mikir, ini kayak lipstik brand apa ya? Eh, ternyata kayak kemasannya BLP. Ya nggak? Hehehe ... Cuma emboss nama brand-nya aja yang lebih besar ketimbang punya BLP. Saya jadi mikir, apa memang semua produk lipstik ini beli wadahnya di satu perusahaan aja gitu? Hehehe .. Lha habisnya mirip beda-beda tipis aja satu sama lain.

Lipstik ini klaimnya "Moisturizing matte cream with vitamin E". Matte, tapi melembapkan. Saat setelah diulaskan sih, lipstik ini tipikalnya yang basah gitu. Ngg, 'kan ada ya lipstik yang agak mousse kayak punyanya Purbasari Hi-Matte. Nah ini yang tipikalnya basah, lalu jadinya nge-set setelah 2-3 menit. Setelah nge-set, lipstik ini nggak terasa merekat kuat di bibir dan nggak berat. Jadi overall, rasanya cukup nyaman dan nggak bikin bibir kering sih. Walaupun kalau klaimnya moisturizing juga nggak. Tetap lah, yang namanya moisturizing itu kalau pakai lip balm hehehe ...

Dari segi pigmentasi, sekali ulas langsung nutup warna asli bibir. Creamy  dan pigmented. Nggak perlu berusaha keras bolak-balik apply kayak Metal Lip Liquid-nya The Body Shop.

Finishing-nya lipstik ini, sesuai namanya, memang matte. Setelah 6 menit ngeset, saya coba tes cium (cium tangan sendiri ya :|), nggak ada bekas transfernya. Berarti cukup cepat ngesetnya. Saya paling risih sama liquid lipstik yang finishing-nya matte, tapi kalau bibir dikatupkan masih nempel-nempel seperti si L.A Girl atau Polka Cosmetics. Kalau rambut berkibar-kibar, rambut sendiri suka nempel di bibir huhuhu 'kan risih.

Untuk pemakaian normal, tanpa makan-minum, ZAP Beauty Lip Matte ini awet 2-3 jam pemakaian. Kalau memudar, dia tipikal yang nge-stain, nggak ber-brindil brindil gitu (apa sih bahasa Indonesianya 'brindil-brindil' ini?). Yang saya lihat, setelah dia nge-set warnanya jadi makin tua. Ini apa oxidize yak? Entahlah ...

Setelah saya baca-baca teliti box kemasannya, ternyata lipstik ini produksi PT. Cosmax Indonesia. Kalau yang suka baca-baca tentang industri kosmetik lokal, pasti tahu deh kalau hampir sebagian besar brand make up lokal produknya dibuat oleh PT. Cosmax Indonesia. Kayak Beauty Box yang Urban Lips atau Dear Me. Mungkin saja nggak begitu berbeda ya formula dasarnya antara satu brand dengan brand lain, hanya saja pilihan warna atau additional ingredients-nya yang beda.

Kalau saya cek di website-nya ZAP Clinic, ada 6 range warna yang dijual di webnya. Tapi shade warna Ashley ini kok nggak ada ya di webnya. Sementara kalau saya cek di Google, ada 9 warna. Mungkin out of stock warna-warna lainnya. Entahlah ... Tapi kalau dari range warna-nya, cukup variatif kok. Dari warna Coral yang ala-ala Korean look, Ashley yang punya saya ini buat warna yang lebih kalem sampai True Romance yang merahnya cukup bold.

Bagi saya sendiri, harga lipstik ini cukup pricey untuk brand lokal, yaitu Rp 150 ribu. Menurut saya personal, lipstik ini nggak begitu ada keistimewaannya. Maksudnya, dengan formulasi dan kemasannya, kita bisa dapatkan lipstik dari brand lain dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi memang nggak banyak sih brand lokal yang punya warna lipstik mauve yang benar-benar mauve seperti ini (atau saya aja yang kurang survey ya?).

Jadi kalau punya budget lebih dan pengen coba warna lipstik yang berbeda dari brand lokal untuk special occassion, ZAP Beauty Lip Matte shade Ashley ini boleh dicoba.



ZAP Beauty Lip Matte
Shade: 08 Ashley (ada 8 warna lainnya)
Berat: 4,5 gram
Harga: Rp 150.000
Beli di: website ZAP Clinic

Comments

Popular Posts