Membunuh Waktu Mencari Hiburan Di Rumah Aja Selama Masa Pandemi



langganan google play pakai gopay

Di masa pandemi ini memang banyak banget hal yang berubah di keseharian. Kalau saya sendiri masih mengerjakan pekerjaan harian seperti biasa. Puji Tuhan, masih ada pekerjaan buat menyambung hidup sehari-hari.

Tapi, harus diakui, buat orang yang gampang bosan, kerja berjam-jam menghadap laptop dan tembok itu bikin bosan lho. Aslik, bosen banget. Dulu, sebelum pandemi, saya pasti udah kabur ke coffee shop, ke studio teman, atau sekadar jalan-jalan sore untuk melepas jenuh. Tapi sekarang harus meminimalisir ke luar rumah. 

Awal-awal aturan #dirumahaja itu bikin bingung. Pertamanya, rebahan di kasur aja. Tapi saya bukan orang yang bisa rebahan di kasur siang hari kalau nggak yang capek banget. Apalagi tidur siang. Akhirnya ngobrol sama Mama (karena saya tinggal berdua sama Mama). Begitu terus siklusnya. Berkisar di kamar-teras-ruang keluarga-kamar mandi. Hahaha. Bosan juga ya?

Katanya sih, manusia itu didesain sedemikian rupa sehingga bisa beradaptasi. Termasuk sama kebosanan. Akhirnya, saya menemukan beberapa keasyikan-keasyikan baru yang dulunya nggak begitu saya perhatikan atau nggak pernah kepikiran. Dan di titik ini saya mengamini bahwa smartphone adalah benda yang benar-benar berevolusi dari sekadar buat berkomunikasi, jadi sarana buat menghibur diri.

Akhirnya, saya jadi rajin nyoba-nyobain aplikasi-aplikasi yang ada di Google Play tuh. Bahkan sampai beli aplikasi di Google Play dan langganan aplikasi di Google Play biar lebih mantap. Selama pandemi ini, saya sukses menghibur diri lewat beberapa aplikasi ini:

1. Youtube

youtube korean vlog


Tentu saja, kita semua cinta Youtube! Kalau Youtube-an, saya suka banget nonton vlog-vlognya orang Korea yang sangat aesthetic itu. Meskipun nontonin orang berkegiatan sehari-hari, rasanya udah menghibur banget. Tipikal kepo sama kehidupan orang ya nih saya kayaknya yaaa ~ Saya lagi cobain trial-nya Youtube Premium yang bebas iklan, bisa unduh video-video favorit dan bisa putar lagu di background. Enak banget sih, nggak keputus-putus iklan di tengah kalau pas lagi asyik-asyiknya nonton video. 

Youtube Premium ini kalau berlangganan sekitar Rp 60.000 per bulannya. 

2. Tiktok

tiktok


Dulunya, mana pernah kepikiran buat install Tiktok walaupun pas masih kerja di media online dulu, sering nulis artikel buat Tiktok. Entah kenapa, saya kepancing juga buat install dan bikin video Tiktok wahahahaha ~ Ternyata setelah dieksplorasi, banyak banget video-video Tiktok yang bagus lho, misalnya ideo resep masakan, video room tour, video foraging atau ngeramban pangan liar, menghias jurnal. Kontennya sebelas-dua belas lah sama yang ada Youtube. Tapi kalau di Tiktok ini lebih kreatif aja sih editingnya. Jadi yang bilang Tiktok isinya cuma orang-orang joget, cobalah eksplor lebih dalam lagi. 

Oh iya, saya juga nemu hobi baru gara-gara install Tiktok, yaitu ... ya, bener, karaokean! Bahkan saya terpantik bikin video karaokean Tiktok sambil main gitar, lagunya Natalie Imbruglia yang Torn. Asyik ternyata. Tapi ya gitu, otak millenials ini agak terengah-engah mengedit video-video itu. Soalnya fiturnya Tiktok ini banyak banget. Hats-off lah buat anak-anak generasi Z yang bisa begitu lihai mengolah video Tiktok, soalnya ternyata susah euy!

3. Cats Are Cute

cats are cute


Jarang-jarang nih seorang Winda Carmelita main game. Kenapa? Soalnya saya itu kalau main game gampang kalah. Sementara jiwa kompetitif saya cukup menggebu-gebu. Jadinya, suka kesel sendiri kalau kalahan main game. 

Nah, gara-gara teman saya si Rangga nunjukin game lucu, namanya Cats Are Cute, akhirnya ketagihanlaaaah saya. Ini permainan nggak banyak strategi, jadi cocok lah buat saya yang suka males mikir hahahhaa (tadi kalahan, sekarang males mikir, ya ampun~). Mainnya cuma elus-elus kucing, upgrade rumah dan skill kucingnya, beli kucing baru, ngumpulin ikan dan rumput. Begitu seterusnya, sampai jadi satu kota kucing. Tapi sedihnya karena saya ganti smartphone barusan, kota kucing saya pun musnah. Harus bangun dari awal lagi *menangis 😢

Game ini emang kayaknya ngebosenin karena tantangannya nggak 'wah' gitu. Tapi ternyata saya cocok sama game model begini (gamenya pemalas). Ya, itung-itung kayak pelihara kucing beneran (soalnya nggak boleh pelihara kucing di rumah sih huhuhuhu).

4. Dots

dots



Selain Cats Are Cute, saya download satu game lagi di smartphone, yaitu Dots. Ini game sederhana banget. Jadi kita diminta menghubungkan satu titik dengan titik lain yang warnanya sama. Gampang 'kan? Iya, banget. Tapi tidak semudah itu ~ Karena ada tiga macam challenge yang bisa dipilih: berpacu melawan waktu, dibatasi jumlah moves-nya, atau challenge lawan pemain lain. Sungguhlah kalau main Dots ini kayak susah berhenti lho. Rasanya pengen menaklukkan hasil score yang sebelumnya. Bisa setengah jam melototin layar smartphone cuma buat main games ini. Akibatnya, kelar main Dots, kalau lihat ke tembok polos, berasa ada bayangan titik-titiknya Dots banyak banget mwahahahhaha ~

5. VIU

langganan viu



Rasanya list ini belum lengkap kalau saya belum nyebut VIU. Tentu saja install VIU buat nonton drama. Padahal saya orangnya bukan tipikal penonton film, apalagi drama Korea yang panjang-panjang serinya. Sukanya yang sekali tonton habis. Tapi gara-gara semua orang ngomongin Reply 1988, saya jadi install VIU dan keranjingan streaming drama Korea di VIU. 

Di VIU ini ada drama-drama lama juga. Dulu tuh saya suka nonton drama Korea yang judulnya Pasta. Nah pas lihat drama itu juga ada di VIU, girang banget. Lha kok pas lagi suka-sukanya nonton VIU, ternyata trial gratis-nya VIU yang sebulan itu kok habis sih. Akhirnya, saya langganan aja deh mumpung ada promo biar bisa nonton drama Korea sepuasnya di VIU, bebas iklan dan bisa nonton ke drama-drama yang eksklusif. Kalau yang gratisan 'kan nggak bisa tuh. 

Langganan VIU di Google Play juga gampang banget. Bisa pakai pulsa atau pun kartu kredit. Tapi karena saya 'kan pengguna GoPay, jadi bisa beli dan langganan aplikasi di Google Play pakai saldo GoPay. Lebih praktis. Kalau mau lihat promo khusus untuk VIU bisa lihat di sini. Nah, ada promo cashback untuk pembelian aplikasi dan games lainnya di Google Play pakai GoPay, cek deh di sini

Cara menghubungkan akun GoPay ke akun Google Play juga gampang ternyata. 

1. Klik "Metode Pembayaran"
gopay google play

2. Klik "Tambahkan GoPay", masukkan nomor HP yang tersambung dengan GoPay, klik "Lanjutkan"

gopay google play



3. Masukkan 6 digit PIN GoPay
gopay google play


4. Voila! GoPay sudah tersambung dengan Google Play

gopay google play


Untuk berlangganan VIU, caranya:

1. Masuk ke aplikasi VIU
2. Cari opsi "Mulai Berlangganan"
langganan viu

3. Pilih opsi langganan yang diinginkan, yang bisa dibayar dengan GoPay

langganan viu

4. Ikuti langkah-langkah yang diminta untuk menyambungkan dengan GoPay

langganan viu

5. Masukkan 6 digit PIN GoPay

langganan viu

6. Kalau pembayaranmu sukses, nanti akan dapat notifikasi di halaman VIU kamu.

langganan viu
Dengan ini, resmilah saya menjadi penghamba drakor seutuhnya ~

Sekarang ini smartphone memang jadi bagian kebutuhan penting kita sehari-hari. Kalau saya sendiri, meskipun di Malang sudah selesai masa PSBB-nya, masih belum berani nongkrong-nongkrong di coffee shop, apalagi ke mall. Apalagi untuk alasan yang receh, seperti sekadar bosan. Kalau harus keluar rumah untuk pekerjaan, beda lagi ya urgensinya. Jadi, di rumah saja pun tak mengapa. Toh sudah terbiasa selama kurang lebih 2 bulan ini. 

Masih banyak hal yang ternyata bisa dilakukan untuk membunuh kebosanan di rumah. Kalau kamu, apa sih yang kamu lakukan di rumah untuk membunuh kebosanan selama masa pandemi ini?

Comments

  1. harus kreatif dan inovatif mencari kegiatan di rumah ya

    ReplyDelete
  2. Daku malah belajar bikin video marketing dari tiktok loh, kak. Komplit banget emang di sini tuh. Sampe tips tempat bikin desain packaging produk aja ada di tiktok. Sampe betah nontoninnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Thankyou for your feedback!

Popular Posts