Sulap Kamar Biasa jadi Ala Smart Home Berkat Bardi Smart Bulb dan Bardi Smart IR Remote


Sebagai orang yang menghabiskan waktunya banyak dengan mengetik dan bekerja di meja kerja, yang namanya mata itu suka sepet-sepet gimana gitu. Bukan cuma karena mata yang lelah atau faktor kacamata udah waktunya minta ganti, saya rasa-rasa faktor pencahayaan itu juga sangat berpengaruh lho. 

Selama ini, saya kerjanya di kamar dengan posisi meja kerja menghadap ke tembok. Meskipun kamar saya letaknya di depan, tapi karena terasnya berkanopi, jadinya sinar mataharinya nggak bisa sampai masuk ke kamar dengan maksimal. Otomatis sumber cahaya di kamar saya yang utama ya cuma dari lampu aja. 

Ada dua lampu yang saya gunakan di kamar saya, yaitu lampu LED sebagai lampu utama yang dipasang di langit-langit kamar, dan satu lagi lampu meja belajar. Ya kalau sehari-hari sih, dua lampu itu harus nyala karena kalau satu aja yang nyala pas kerja, kurang nyaman di mata. Jadinya memang boros energi. Jangan ditiru yaaa~

Nah, beberapa waktu yang lalu, saya nonton tech reviewer di Youtube dan melihat ada produk-produk canggih buat smart home. Ya ampun, jadi pengen deh bikin rumah yang canggih gitu, biar semua bisa dikendalikan by digital gitu lho. Akhirnya, saya berkesempatan buat mencoba produk 'sederhana' tapi canggih dari Bardi yaitu Bardi Smart Light Bulb dan Bardi Smart IR Remote.

💡Bardi Smart Light Bulb: Satu Lampu untuk Jutaan Pendar Warna dan Suasana 💡


Iya, ini lampu, tapi bukan sekadar lampu melainkan lampu pintar. Yang saya punya adalah Bardi Smart LED Bulb 9W RGBWW. Ini adalah lampu yang bisa memancarkan kombinasi warna hingga 16 juta warna, dan gradasi warna putih dari warm white hingga cool white

Cool, isn't it?

Kalau cuma warnanya beda-beda sih, mungkin standar ya. Tapi yang bikin lampu ini jadi makin canggih adalah semuanya bisa dikendalikan melalui aplikasi yang terkoneksi dengan WiFi atau hotspot!

Wah girang dong saya, secara saya memang pengen punya lampu di kamar yang warnanya agak hangat gitu biar kalau kerja nggak nyolok mata banget, dan lampu yang redup dan warnanya dingin gitu biar kalau tidur lebih nyenyak. Berarti kalau pasang Bardi Smart LED Bulb ini cuma perlu pasang satu lampu untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kerja, tidur, bahkan buat ala-ala karaoke di kamar soalnya warna lampunya disco-able banget 💃

💡Install-nya Gampang, Pakai Aplikasi jadi Lebih Canggih📱


Pertama kali datang, Bardi Smart LED Bulb ini tampak seperti lampu bohlam pada umumnya. Ketika dipasang, wah langsung kedip-kedip cepat. Sebagai orang yang cukup gaptek urusan install-meng-install peralatan elektronik sendiri, saya bingung ini harus diapain. Eh, ternyata ada panduannya di manual book-nya. 

Jadi, yang harus dilakukan pertama kali adalah download aplikasi Smart Life untuk mengaktifkan fitur-fitur unik produk-produknya Bardi, termasuk si lampu pintar ini. Proses install-nya ternyata gampang banget dan cepat. 

Setelah WiFi, aplikasi, dan lampu saling terhubung, voila, pendar-pendar variasi warna lampu pun mulai bermunculan. 

Di dalam aplikasi Smart Life ini pun kita bisa mengatur intensitas dan kontrasnya cahaya, warna lampu,  dan mode warna sesuai mood. Yang unik, ada mode lampu Music yang warna lampunya bisa berganti-ganti sesuai ritme lagu. Kemudian yang unik lagi, mode-mode ini bisa di-setting breath alias warna lampunya berganti-ganti seolah-olah bernapas. 

Oh iya, Smart Light Bulb yang terintegrasi dengan aplikasi Smart Life ini juga bisa mengatur jadwal kapan lampu menyala dan mati otomatis! Serius, ini membantu banget sih. Kalau buat saya, terbantunya karena saya adalah kaum yang suka kebangun subuh hanya untuk matiin lampu kamar biar bisa lanjut tidur hahaha .. Kalau sudah bisa diatur jadwalnya gini 'kan enak. 

Begitu punya Smart Light Bulb ini, saya jadi genit suka gonta-ganti warna lampu. Kalau mau tidur, saya yang biasanya pakai lampu warna kuning yang redup, sekarang nyoba pakai lampu warna biru yang redup. Asli deh, sambil putar musik instrumental ambience gitu, rasanya adem dan cepat ngantuk. 

Bardi Smart Light Bulb ini gampang banget dipasang dan compatible kepala ulir E27 yang umum banget di Indonesia. 

Harga Bardi Smart Light Bulb 9W RGBWW ini sekitar Rp 115.000 (klik di sini). Tersedia juga yang 12 W. 

📱Bardi Smart IR Remote: Kendalikan Semua Peralatan Elektronik via Smartphone 


Selain Smart Light Bulb, saya juga mencicipi yang namanya Bardi Smart IR Remote. Ini adalah device yang memungkinkan kita buat mengontrol semua peralatan elektronik yang menggunakan infrared, cuma lewat smartphone. Ya bisa dibilang mudahnya ini menggantikan fungsi berbagai remote control jadi satu. 

Pemakaian Smart IR Remote ini bisa banyak banget. Misalnya di satu ruangan ada AC, TV, DVD, sound system. Nah, semuanya itu bisa diatur hanya lewat smartphone yang sudah di-install Smart Life dan terhubung dengan jaringan WiFi/hotspot yang tersambung dengan Smart IR Remote ini. 

Saya sendiri mencoba menghubungkan Smart IR Remote ini dengan TV dan DVD di kamar. Install-nya gampang banget, nggak jauh berbeda dengan cara meng-install Bardi Smart Light Bulb sebelumnya. Kebetulan baterai remote DVD saya sudah hampir mati, dan kebantu banget controlling-nya pakai smartphone via apps Smart Life yang terhubung sama Smart IR Remote ini. 

Canggihnya, Smart IR Remote ini bisa dikendalikan bukan hanya lewat smartphone secara manual. Tapi juga bisa dikendalikan via Google Assistant. Fitur yang umum sih untuk menyalakan-mematikan power peralatan elektronik ya. Tapi saya pribadi masih belum terbiasa menyuruh Google Assistant buat aktivitas ini. 

Buat yang pengen mengubah rumahnya jadi smart home, device yang satu ini bisa jadi andalan. Materi bahannya pun ringan, terbuat dari plastik dengan desain yang sederhana banget, kecil dan simpel. Jadi nggak makan banyak ruang dan nggak merusak estetika ruangan. Daya jangkauan pancarannya pun lumayan, yaitu sekitar 10 m dengan sudut pemancaran 360 derajat. 

Harga Smart IR Remote ini sekitar Rp 160.000 (klik di sini)

Setelah punya dua produk dari Bardi ini, saya jadi makin penasaran dan pengen cobain produk-produknya yang lain, seperti Bardi Smart Wall Socket, Bardi LED Strip, dan berambisi nanti kalau punya rumah sendiri semua wallswitch-nya saya pasangin punya Bardi biar bisa dikendalikan secara digital. Amin!

Semua produk-produk Bardi ini bisa disimak selengkapnya di website mereka di sini, dan produk-produknya bisa dibeli di e-commerce e-commerce ternama Indonesia. Pssst, sering ada promo lho!

Komentar

  1. woww bardinyaa aku sukaa

    BalasHapus
  2. Gara2 liat ini, aku jadi ikutan pakai. bagus bangetttt

    BalasHapus

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer