Gunggungan Boleh, Asal ...

Judul di atas mungkin udah sering kita denger dalam berbagai versi, misalnya:

"Gak papa nakal, pokoknya pinter."

"Rokokan gapopo, pokok e nggawe duit e dewe, gak njaluk wong tuwo."

Terdengar seperti melegalkan kenakalan ya? Hahahaha ... Tapi ya memang begitulah keadaannya kalo kita akhirnya paham bahwa dunia itu nggak senaif yang kita pikir. 

Bukan berarti saya mendukung kenakalan. Sejujurnya saya juga gak ngerti terms 'nakal' itu batasannya apa karena istilah 'nakal' ini 'kan juga relatif ya. Kenakalan anak SMA juga beda sama kenakalan om-om. Nakal versi ibunya si A mungkin adalah anak cewek tatoan, merokok, minum alkohol. Nakal versi si Z mungkin adalah suka judi. Gak sama. Tapi kalo ditanya 'nakal' di mata saya adalah: merusak rumah tangga orang, gak tau diri jadi beban orang lain, kriminal, melakukan kekerasan, dan suka main perempuan. Kalo ini no debat, karena nakalnya merugikan orang lain.

Tahun 2019, bulan November, saya membuat tato pertama saya. Di tangan kanan, yang ukurannya cukup besar. Tentu saja banyak yang kaget saya bikin tato sebesar ini. Pertanyaan pertama yang mereka tanyakan adalah, "Mamamu tau?"


Tentu saja, Mama saya tau. Wong gedenya segitu di tangan. Apalagi saya tinggal serumah sama Mama. Pertanyaan selanjutnya biasanya menyusul, "Minta izin apa minta maaf?" HAHAHAHHA. Ya karena memang banyak orang yang nekat melakukan suatu hal duluan, baru minta maaf karena udah telanjur, dan mau gimana lagi wong udah kejadian. 

Tapi itu tidak berlaku pada saya karena saya minta izin. Tidak ada yang tau, bahkan mau bikin gambar apa, yang tau hanya Mama, Ape (temen yang anter saya), dan Mas Kotak (tattoo artistnya). Begitu pula ketika berangkat ke studionya Mas Kotak, ya gak ada drama. Malah didadah-dadahin sama Mama.

Proses saya bikin tato pertama ini ngajarin banyak hal dan ngebuka pemikiran kami satu sama lain. Ketika bikin tato ini, posisi saya usia 28 tahun, sudah kerja tapi gak lagi kantoran, anak yatim yang jadi kepala rumah tangga secara otomatis, belum menikah. Saya banyak diskusi sama Mama, antara lain:

  • Kenapa bikin tato? Takut gak? Kalo takut, mending gak usah? (Lha kok ternyata ketagihan, enak)
  • Kerjaan kamu ke depannya aman kalo kamu punya tato? 
  • Tempat tatonya terjamin gak? Kamu yakin gak alergi?
  • Kalo nanti kamu punya tato begini, kamu harus siap kalo ditanya anakmu nanti 'Mama kok ada gambarnya?'. Apalagi kalo suamimu nanti gak bertato. Harus bisa jelasin. Dan gak boleh melarang kalo suatu hari ketika dewasa anakmu juga pengin bikin tato. Lhawong emaknya aja 'ngasih contoh'.
Seinget saya cuma itu pertanyaan dan wejangan Mama. Justru saya yang malah banyak mikir karena khawatir tanggapan orang lain terhadap Mama. Misal: "Anaknya perempuan, bapaknya udah gak ada, kok malah gunggungan."

Jawaban Mama, sungguh, melegakan hati. Mama menganggap saya sudah dewasa, sudah sangat matang buat tau apa yang jadi risikonya. Toh itu 'cuma tato', tidak mengubah apapun dalam diri saya sebagai seorang anaknya yang jadi tulang punggung keluarga. Yang sehari-hari bekerja, mengurus rumah, dan bertanggung jawab terhadap orangtua yang sudah sepuh dan sakit. Jadi ... ya itu hanya menjadi sekadar gambar aja, yang permanen, dan tidak boleh disesali karena kalo mau ngapus malah sakit berlipat-lipat ganda hehehe.

Sejak memutuskan bikin gambar di tangan ini, ada beberapa hal yang saya tandai bener-bener dalam hidup saya, yang jadi pegangan biar hidup ini gak mbleset

Mungkin cerita ini akan jadi berbeda kalo saya masih umur awal 20-an, masih bergantung sama orangtua, belum punya prinsip hidup, dan belum bisa bertanggung jawab. Saya kembalikan lagi ke diri sendiri kalo misalnya jadi orangtua dan punya anak gunggungan, tapi di versi usia belasan-20an awal. Kayaknya bakal saya masukin lagi ke perut deh! 😡

Menutup tulisan random hari ini yang tanpa konklusi jelas, adalah sebuah quote dari twit teman saya, Mas Otong:



LERES, MAS!

Komentar

Postingan Populer