Resep Tamie CapCay

2:52:00 PM

Resep-resepan is up again!

Beberapa hari yang lalu saya makan sama Mas Tooliq di Coto Makassar Jl. Widodaren no.9, karena terhasut tulisannya Amma FoodyFloody.com. Nah, ternyata di warung Coto Makassar itu nggak cuma menjual Coto Makassar dan Pallubasa, tapi juga ada Mie Kering alias Mie Titi. Ya sudah, judulnya ke warung coto tapi makannya mie, yak sip!

Setelah makanannya datang, saya jadi mikir, "Wah, ini bisa bikin sendiri di rumah nih." Nggak jauh beda sama Tamie Capcay sebetulnya. Jadi, resep ini adalah resep tamie capcay ... *lha ngglethek, Wind.

resep masakan cina, resep chinese food, capcay, capcay goreng, capcay kuah, capcay resep, capcay jawa, capcay seafood, tamie capcay

Bahan: (seperti biasa, asal cemplung ya)

Mie telur (bisa pakai mie telur yang dijual di supermarket atau kalau di Malang, beli aja mie-nya Gloria kalau malas ribet nggoreng-nggoreng dulu)
Dada ayam
Udang
Sawi
Kubis
Wortel
Jamur kuping
Daun bawang
Sosis
Kekian (karena lupa beli, jadi pakai bakso gorengan)
Telur

Bumbu:
Bawang putih
Bawang merah (perbandingan dengan bawang putihnya 1:2)
Minyak wijen
Saus tiram
Kecap asin
Garam
Gula
Minyak dan margarin
Tepung maizena

Cara Membuat:

  1. Kalau pakai mie telur mentah: rebus air panas, urai mie telur di wadah. Siramkan air panas sampai mienya terurai sempurna. Goreng di dalam minyak panas yang banyak sampai garing.
  2. Rebus kepala udang untuk diambil jadi kaldunya
  3. Panaskan margarin dan sedikit minyak, tumis bawang putih. Kemudian masukkan bawang merah. Tumis keduanya sampai wangi.
  4. Masukkan dada ayam yangs udah dipotong dadu. Setelah setengah matang, masukkan udang.
  5. Taburi dengan potongan daun bawang supaya lebih wangi. 
  6. Tuang kaldu udang ke dalam wajan. Kaldunya banyak juga nggak apa-apa.
  7. Masukkan batang sawi dan wortel duluan, karena dua sayur ini empuknya lama.
  8. Setelah itu, masukkan daun sawi dan kubis. Aduk-aduk. Tutup wajan kurang lebih 1 menit supaya daun sawi agak layu.
  9. Tambahkan minyak wijen, saus tiram, kecap asin dan garam. Cicipi terus sampai rasanya pas.
  10. Masukkan sosis. Terakhir masukkan kekian atau gorengan bakso.
  11. Pas sudah mau matang, pecahin telur di bagian yang banyak airnya. Kocok lepas aja sampai telur berbutir-butir.
  12. Terakhir, larutkan tepung maizena dengan sedikit air. Siramkan ke dalam wajan. Aduk sampai kuah mengental.
  13. Tata mie di piring. Siramkan dengan capcaynya.
Ini enak banget disajikan sama acar. Belanja nggak sampai Rp. 40 ribu (di luar bebumbuan yang memang sudah ready di rumah). Bisa buat dua kali masak. Sekali masak, bisa dimakan 6-7 kali atau 6-7 porsi. Gila gak sih, kalau beli di restoran nggak boleh segitu. 


Apa aku buka restoran aja ya? Bosan jadi anak digital! *halah

Omong-omong, teman-teman yang baca blogku paling suka kalau aku nulis apa sih? Boleh komen-komen di kolom komentar ya ~

You Might Also Like

7 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia