Resep Oseng Blalo (Bunga Bawang)

11:26:00 AM

blalo
Oseng blalo | Image taken by Winda Carmelita
Ternyata sudah lama banget nggak ngepost resep masakan di blog. Yang terakhir resep ayam hainan ini. Akhir-akhir ini saya jarang bereksperimen di dapur lagi. Masak-masak pun yang standar, buat sarapan dan bekal ke kantor. Jadi nggak sempat mau masak yang ada 'usaha'nya dikit gitu, apalagi foto-fotoin. Keburu lapar telat.

Dan ternyata setelah buka-buka file foto di Google Photos, eh masih ada beberapa makanan yang mau kushare resepnya. Salah satunya oseng blalo ini. Blalo ini hakikatnya adalah bunga bawang merah. Di Jawa sih biasanya memang disebut blalo, nggak tahu di daerah lain ya.

Blalo banyak dijual di pasar-pasar, sudah bersih dan dijual per ikat. Berbekal rasa penasaran, saya sikat deh satu ikat beserta tempe dan seplastik ikan teri. Jadi, begini resepnya:

Bahan: (seperti biasa tanpa takaran)

1 ikat blalo
Tempe, potong dadu
Ikan teri, secukupnya
Bawang putih
Bawang merah
Cabe rawit
Kaldu jamur
Gula
Garam
Merica bubuk
Minyak wijen sedikit

Cara membuat:

  1. Cuci bersih blalo, potong-potong sekitar 1-2 cm. Sisihkan.
  2. Potong tempe berbentuk dadu. Goreng sebentar dalam minyak panas. Sebentar banget ya, biar nggak terlalu langu aja tempenya.
  3. Cincang bawang putih dan bawang merah. Iris-iris cabe rawit.
  4. Tumis bawang putih dan bawang merah dengan minyak panas/mentega sampai wangi. Masukkan cabe rawit setelahnya.
  5. Setelah trio bumbu wangi, giliran teri masuk sampai setengah matang. Kemudian tempe yang masuk. Aduk-aduk sampai semua terkena bumbu.
  6. Masukkan blalo, aduk-aduk. 
  7. Tuangkan sekitar 1/2 cangkir air. Sedikit aja ya airnya, pokoknya biar blalonya cepat empuk. Tutup wajan sekitar 30 detik.
  8. Buka tutup wajan, masukkan gula, garam, merica bubuk, kaldu jamur dan terakhir minyak wijen. Aduk sampai semua rata tercampur.
  9. Koreksi rasa. Tunggu sampai benar-benar matang dan blalo cukup empuk tapi nggak sampai berubah warna ya. 
  10. Angkat, sajikan
blalo

Kemarin saya makan oseng blalo ini dengan nasi putih panas dan kerupuk. Tekstur blalo itu menurut saya agak renyah, krius-krius gitu. Ada yang suka blalonya empuk banget. Kalau saya suka yang masih bertekstur begini sih, biar terasa sayurannya aja *lha 'kan blalo emang sayur ya? Hahaha..

Makan begini aja sudah enak kok. Lebih enak lagi kalau pakai ikan asin gitu deh ya? Ikan asin jambal yang disuwir-suwir. Hmmm *laper ..

Baca Juga: Resep Terong Balado Sederhana

Lumayan lah ada kreasi lauk berupa sayur-sayuran dan protein nabati yang sehat dan bikin berselera. Gimana gak bikin berselera, itu nasi hampir setengah mejikjer habis kok hahaha

You Might Also Like

0 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan