Enaknya Nge-grill di Rumah Aja Bareng Saboten Shokudo

saboten shokudo grill yakiniku sukiyaki

Sudah memasuki minggu ketiga karantina mandiri karena pandemi Covid-19. Itu artinya ... mulai bosan, mulai cari-cari kesibukan, mulai cranky, mulai muncul keinginan jajan-jajan. Asli, walau setiap hari masak masakan yang sederhana, terkadang jenuh juga. Coba tanyakan ke ibu-ibu di seluruh dunia, paling pusing itu mikirin hari ini mau masak apa. Meskipun dijembrengkan aneka bahan masak di depan mata, tetep aja bingung kok 😂

Selama masa karantina ini, saya lebih banyak menghabiskan waktu berkutat Sampai akhirnya kemarin nyeletuk ke Mama, "Pengen makan makanan Jepang gitu lho, Ma. Tapi malas masaknya." #persoalan Yang ada di bayangan saya adalah makanan Jepang yang dipanggang-panggang gitu, bukan semacam yang digoreng kayak chicken katsu. "Gak punya alat panggang-panggangan. Lagian repot lho kamu nanti lek masak-masak gitu, belum cuci-cucine," ujar Mama, yang sungguh supportif 😕

Sampai pada akhirnya, kemarin saya menemukan jawaban atas ke-cranky-an itu berkat paket Nge-Grill di Rumah dari Saboten Shokudo. Iya, buat kamu yang anak Malang pada zaman tahun 2007-2008-an, pasti nggak asing sama Saboten karena bisa dibilang ini kedai masakan Jepang lokal pertama di Malang. Pada zaman itu belum ada franchise bento itu tuh, jadinya kalau pengen masakan ala Jepang ya pasti ke Saboten yang dulu di Jalan Jakarta (masih teringat parkirannya yang menanjak ekstrem itu, hahahaha.)

Nah, kalau selama ini pengen masakan Jepang kita harus ke kedainya Saboten, sekarang nggak lagi. Apalagi di masa karantina karena virus Corona ini, kita bisa nge-grill sendiri di rumah. Asyik nggak tuh?



Paket 'Nge-grill di Rumah' ini benar-benar praktis dan nyenengin. Gimana nggak? Bukan cuma disediakan bahannya aja lho, tapi dipinjem alatnya sekalian! Saya sampai amazing waktu kru-nya Saboten datang ke rumah bawa box besar yang isinya bahan-bahan dan alat-alat buat meracik makannya, terdiri dari bahan makanan, nasi, aneka saus cocolan, kompor portable, penjepit makanan, sampai panci dan alat panggangnya. Semua alat-alat ini dibantu set up sama kru-nya, jadi kita tinggal masak aja.

saboten shokudo grill yakiniku sukiyaki

Ada tiga paket yang termasuk dalam 'Nge-grill di Rumah', yaitu Yakiniku, Sukiyaki dan Sumo Ramen. Nah, yang punya saya kemarin adalah paket Yakiniku dan Sukiyaki ukuran S.

saboten shokudo grill yakiniku sumo ramen sukiyaki



Walau ukurannya S, jangan salah, ini cukup buat 3-4 porsi. Beneran, saya membuktikan sendiri makan berdua dengan Mama, masih sisa bisa buat keesokan harinya saking kenyangnya. 

saboten shokudo grill yakiniku sukiyaki


Untuk yakiniku-nya, tiap paket disediakan tiga jenis protein, yaitu daging ayam, daging sapi dan sosis. Semua protein ini dimarinasi dulu pakai bumbu yakiniku yang sudah disediakan. Jangan lupa, panasin dulu alat pemanggangnya, olesi mentega di atasnya dan tata satu per satu di atasnya. Pokoknya kalau manggang daging sapi dan daging ayam seperti ini jangan sampai kelamaan ya, atau jadinya bakal alot banget. Enak kalau masih juicy gitu. Kalau saya, sukanya habis dipanggang setengah matang, saya celupkan lagi ke bumbu marinasi, bolak-balik sebentar, terus diangkat deh.


Untuk menemani makan yakiniku biar nggak seret, sukiyaki adalah pilihan yang tepat. Ada dua jenis kuah untuk sukiyakinya, yaitu kaldu original dan tom yum. Sementara untuk isiannya, ada aneka bakso ikan, sayur-sayuran, jamur, bubuk cabe dan bawang putih cincang, bawang merah dan bawang putih goreng. Tinggal nyalakan kompornya, taruh panci suki-nya, tunggu sampai kuahnya mendidih dan masukkan semua bahannya. Kelar! Silakan langsung ambil mangkok dan nasinya ~

saboten shokudo grill yakiniku sukiyaki


Kemarin waktu lagi masak-masak, pas banget gerimis turun. Sungguh syahdu sekali makan yakiniku dan sukiyaki panas-panas, fresh from the grill, di teras rumah sambil lihat air hujan turun. Tak lupa boyong speaker portable, puterin lagu-lagu buat menemani makan sambil ngobrol.

saboten shokudo grill yakiniku sukiyaki


Semua kenikmatan ini bisa ditebus mulai dari harga Rp. 135 ribu saja. Iya, itu sudah termasuk free ongkir maksimal 2 km, sewa alat dan jemput alatnya. Oh iya, nggak perlu repot-repot mencuci ya. Setelah makan, tinggal dikumpulin aja alat-alatnya, nanti akan diambil kembali sama kru dari Saboten sekitar 6-8 jam kemudian. Nggak perlu sungkan karena alat-alatnya nggak dicuci, karena dari Saboten-nya sendiri yang bakal membersihkan dengan cara khusus, terutama untuk membersihkan bekas-bekas kerak panggangan yang membandel itu.


Praktis banget dan worth to try! Layanan ini tersedia juga untuk Saboten Shokudo di Surabaya lho. Mumpung lagi di rumah aja, kumpul sama keluarga, nggak ada salahnya sesekali mencoba sesuatu yang berbeda. Mau coba? Langsung aja kontak Saboten Shokudo di nomor Whatsapp 081330055900. 

Karena masih punya saos cocolan, bubuk cabe serta yakiniku yang sudah matang, akhirnya tadi pagi saya olah lagi jadi nasi goreng. Enak! Ngide banget ya, hahahah ~

saboten shokudo grill yakiniku sukiyaki nasi goreng

Comments

Popular Posts