Bangun Pagi Jadi Menyenangkan Berkat Bardi Smart Wake Up Light



Kalau baca artikel-artikel tentang produktivitas, sebagian besar public figure pasti bilang kalau salah satu kunci kesuksesan menjalani hari yang baik adalah dengan bangun pagi hari. Ya makanya nggak heran kalau OASIS bilang, "So I start a revolution from my bed." Mau mulai pergerakan, ya bangun dari kasur dulu, jangan muluk-muluk!

MASALAHNYA, bangun di pagi hari itu nggak semudah kelihatannya. Gimana cara kita bangun itu turut memengaruhi mood seharian. Saya paling nggak suka kalau terbangun dengan kaget. Rasanya mood seharian hancur dan dampaknya adalah bangun bukannya segar, malah badan sakit semua. Setelah saya baca-baca ini ada hubungannya dengan ritme sirkadian tubuh. 

Ritme sirkadian itu, singkatnya, adalah ritme biologis tubuh - baik itu mental maupun fisik - yang berkoordinasi untuk mengatur kapan tubuh beristirahat dan bangun. Nah, jika waktu istirahat dan bangun tidurnya baik, maka seluruh sel-sel tubuh dan hormon kita juga akan 'bangun' dan bekerja dengan baik pula selama seharian.

Sebagai orang yang seharian sibuk, perihal tidur dan bangun ini sangat krusial dalam keseharian saya. Beruntunglah sekarang saya bisa tidur dan bangun tidur dengan smooth berkat Bardi Smart Wake Up Light.

Lampu Pintar yang Membuai Tidur


Bardi Smart Wake Up Light

Meski namanya Wake Up Light, lampu pintar dari Bardi ini peruntukannya bukan cuma untuk membangunkan kita saja lho. Smart Wake Up Light bisa difungsikan sebagai lampu tidur. 

Cuma jadi lampu tidur aja, apa istimewanya?

Nope, this lamp is amazing! Bardi Smart Wake Up Light ini dilengkapi dengan built-in speaker dan radio. Bukan sekadar sebagai pencahayaan saat tidur, Smart Wake Up Light ini juga punya fitur Sleeping Aid. Fitur ini akan memancarkan lampu, memutar suara sound effect yang menenangkan, atau pun memainkan radio, untuk menemani tidur sampai terlelap. Fitur Sleeping Aid dapat diatur mau pilih suara apa yang diputar dan seberapa lama fitur ini menyala sampai akhirnya mati sendiri ketika kita sudah tertidur. Jadi nggak perlu repot matiin deh.

Selain itu, lampu pintar berbentuk bulat seperti bulan ini punya berbagai pilihan warna pencahayaan. Ada dua tipe warna pencahayaan yang bisa dipilih, yaitu light (warna warm orange) dan colorful light yang terdiri dari tujuh warna (merah, oranye, kuning, hijau, cyan, biru, dan ungu) yang bisa di-loop

Dibangunin dengan 'Sayang' Nggak Bikin Meriang

Bardi Smart Wake Up Light

Suasana kamar sudah mendukung, tidur sudah nyenyak, jangan sampai momen pentingnya rusak. Apalagi kalau bukan momen bangun tidur. Nah, inilah keistimewaannya Bardi Smart Wake Up Light! 

Berbeda dengan alarm pada umumnya, Smart Wake Up Light ini punya fitur pencahayaan yang menyala secara gradual alias perlahan-lahan meningkat intensitas pencahayaannya sampai paling terang. Fitur ini mengadaptasi dari bagaimana sinar matahari terbit secara natural sehingga tidak menyilaukan. Ini penting banget lho untuk mengikuti ritme sirkadian tubuh kita sehingga tubuh nggak kaget saat dibangunkan. Selain itu, buat orang yang kamarnya nggak kena matahari langsung kayak kamar saya, pencahayaan ala-ala sinar matahari ini bikin suasana bangun pagi jadi berbeda dan lebih menyenangkan.

Pencahayaan yang berubah secara gradual pada lampu pintar ini didukung dengan alarm yang bisa dipilih mau sound effect-nya saja, dengan pencahayaan atau tidak, atau mau yang bisa menyalakan radio otomatis. Kalau saya paling suka dibangunin dengan 'sayang' pakai pencahayaan gradual 10 menit saja, dan suara kicauan burung. Biar berasa bangun di pondok pinggir danau di tengah hutan tropis gitu lho, walaupun bangun-bangun ya kampoong lyfe hahahaha~

Terkoneksi Wifi dan Dalam Satu Sentuhan


Berbeda dengan alarm-alarm dan lampu tidur lain, Bardi Smart Wake Up Light adalah lampu pintar yang sungguh sudah sangat digitalize. Lampu ini maksimal dioperasikan melalui aplikasi Smart Life dari Bardi. Kurang lebih cara install-nya sama seperti meng-install Bardi Smart Bulb dan Bardi Smart IR Remote. 

Pertama-tama, lampu ini harus dicolokkan dengan adaptor 5 volt dari charger bawaannya, atau pakai batu baterai (agar lebih hemat, pakai charger aja). Setelah lampu menyala, pastikan Wifi juga menyala. Jangan lupa kemudian install aplikasi Smart Life di handphone ya. 

Bardi Smart Wake Up Light


Jika WiFi dan aplikasi sudah terkoneksi, maka secara otomatis lampu ini akan melakukan pairing. Pairing-nya mudah banget kok, tinggal ikuti petunjuk saja. Setelah ter-install, maka kita sudah bisa melakukan pengaturan fitur-fiturnya dari handphone.

Fitur-fitur yang muncul di aplikasi ini sebetulnya juga bisa diatur lewat tombol-tombol analog di badan lampunya. Tapi tentunya di aplikasi bisa lebih detil. 


Ada tujuh button untuk pengaturan lampu ini, yaitu (dari kiri-kanan):

  1. Light: Untuk memilih warna pencahayaan dan seberapa intensitas penerangan yang diinginkan
  2. Alarm 1: Terdiri dari empat opsi alarm
  3. Alarm 2: Terdiri dari empat opsi alarm
  4. Snooze: untuk 'menunda' alarm 
  5. Sleep Aid: Untuk mengatur cahaya dan suara pengantar tidur yang dapat mati secara otomatis
  6. Time: Untuk mengatur sistem penunjuk jam (bisa diatur otomatis mengikuti network auto-time)
  7. Radio: Fitur FM radio
Jadi makin pintar lagi karena lampu ini sudah bisa 'diperintah' menggunakan Amazon Alexa dan Google Assistant. Ya udahlah kalau sudah ada lampu ini dan berbagai piranti rumah pintar lainnya, kayaknya nggak perlu hire asisten rumah tangga 😛

Yang saya suka dari lampu ini adalah desainnya yang bagus. Bagus banget! So sleek and modern. Ukurannya medium, nggak terlalu banyak makan tempat. Jadi kalau dipajang menambah estetika kamar. Tapi, kalau buat saya pribadi, fitur radio FM sepertinya tidak begitu signifikan terpakai. Mungkin kalau fiitur radio FM-nya digantikan untuk bluetooth speaker, bakal lebih oke sih di zaman sekarang.

Buat kamu yang merasa kesulitan bangun pagi dengan smooth, Bardi Smart Wake Up Light ini layak banget diadopsi dengan harga sekitar Rp 495 ribu dan sudah bisa didapatkan di e-commerce resmi yang bekerjasama dengan Bardi, seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, dan BukaLapak.

Komentar

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer