Resep Cara Membuat Sambal Goreng Kentang Ati Ayam (Pakai Santan)

11:18:00 AM

resep sambal goreng kentang, resep sambal goreng ati, cara membuat sambal goreng kentang, cara membuat sambal goreng ati, sambel goreng, resep sambel goreng, sambal goreng tempe, sambal goreng tahu, sambal goreng udang, sambal goreng pete, sambal goreng petai,


Gak tau kenapa, saya tuh paling suka kalau makan nasi berkatan. Sesuai namanya ya, nasinya aja penuh berkat. Padahal nasi berkatan juga isinya sama aja kayak beli nasi campur di warung. Cuma kok terasa lebih nikmat ya? Mungkin karena dikasih dan gak bayar hahahaha ..

Di dalam nasi berkatan yang pada hakikatnya adalah nasi campur ini, ada satu menu makanan yang paling saya suka, yaitu sambal goreng kentang ati. Kadang atinya ati ayam, kadang ati sapi, kadang ada petenya, kadang nggak. Kadang bumbunya manis banget, kadang asin. Ya walau namanya sama, resepnya sambal goreng kentang ati ayam ini bisa berbeda-beda sih. Sama kayak ayam rica-rica, resepnya ada ratusan di internet.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Oseng Tempe Kecap

Nah, karena kalau dapat di nasi berkatan itu sambal gorengnya cuma sedikit, jadi hari ini saya bikin sendiri sambal goreng kentang ati ayam dengan porsi banyak supaya puas! Saking puasnya, sampai nambah nasi putih dua kali :))

Bahan:
Kentang ukuran sedang, kupas, potong dadu
Ati ayam dan rempela, rebus sampai empuk
Serai, memarkan
Daun jeruk purut
Daun salam
Lengkuas, memarkan
1/2 cangkir santan kental

Bumbu halus: (dasarnya adalah bumbu merah)
Cabe merah besar
Cabe rawit
Bawang merah
Bawang putih (jumlahnya lebih sedikit daripada bawang merah ya)
Kemiri
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan semua bumbu halus. Kalau diblender, tambahkan sedikit minyak. 
  2. Goreng setengah matang kentang yang sudah dikupas dan dipotong. Tiriskan
  3. Potong dadu ati ayam dan rempela
  4. Tumis bumbu halus dengan minyak, sampai aromanya wangi. Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai.
  5. Tuangkan santan kental lalu aduk terus sampai mendidih.
  6. Masukkan kentang dan ati rempela ayam.
  7. Koreksi rasa asin-manisnya.
  8. Tunggu sampai bumbu meresap dan agak asat dengan api kompor kecil.
  9. Siap disajikan
Ada yang suka dengan santan, ada juga yang nggak pakai santan. Yang saya buat ini versi sambal goreng kentang ati ayam yang bersantan, jadi sedikit berkuah dan berminyak. Mau bikin yang kering banget, belum tahu caranya hahahaha *amatir.

Sesaat setelah makanan ini jadi dan siap menyedok nasi, saya baru ingat ... LHA PETENYA MANA? :'))

Kalau kamu suka yang kering atau yang sedikit berkuah santan gini?

You Might Also Like

0 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan