Cara Membuat Telur Mata Sapi Cantik Sempurna Nan Instagramable

Etelur mata sapi

Sebagai orang yang hampir tiap hari buka-bukain sumber foto gratis maupun berbayar, melihat foto-foto telur mata sapi yang fotogenik itu benar-benar godaan. Padahal di depan mata adanya monitor, tapi tiba-tiba jadi lapar juga.

Sayangnya, begitu sampai di rumah, bikin telur mata sapi kok nggak seseksi di foto-foto. Pinggirnya selalu gosong, bagian putihnya keriput, kuning telurnya kematangan jadi ketika dibelah sensasi meleleh beleberan itu nggak dapat.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Kentang Ati (Pakai Santan)

Nah, suatu hari saya bersama seorang teman iseng-iseng bikin foto produk. Namanya juga orang belajaran, barang seadanya, ilmu tak punya hehehe ... Pasangan abadi mie goreng supaya lebih fotogenik ya apalagi kalau bukan telur mata sapi 'kan? Tapi kalau bikin telur mata sapinya seperti cara kami biasanya, tentu saja hasilnya bubar jalan.

telur mata sapi


Entah dapat ilham dari mana, akhirnya saya menemukan cara membuat telur mata sapi yang sempurna dan Instagramable. Ini caranya:

  1. Pakai teflon kecil, yang biasanya untuk membuat pancake
  2. Panaskan dengan api sangat kecil, tuangkan sedikit air ke atas teflon (Air ini sebagai pengganti minyak)
  3. Pecahkan telur, masukkan bagian putihnya terlebih dahulu, kemudian baru kuning telurnya 'ditata' sedemikian rupa supaya pas di tengah
  4. Nah, ketika air sebagai pengganti minyak mulai mendidih, siram-siramin aja ke atas putih dan kuning telurnya pelan-pelan sampai matang
  5. Kalau airnya habis, tambahin lagi dan ulang proses nomor 2 sampai dengan 4
  6. Nggak perlu dibalik supaya tampilannya nggak berantakan
Jadi ini sebetulnya semi-poached egg yang penampilannya saja seperti telur mata sapi. Tentu saja ini telur setengah matang supaya dapat sensasi beleberannya. 


telur mata sapi

Buat yang khawatir dengan keamanan dan kesehatan telurnya, pakai aja telur ayam kampung untuk membuat telur mata sapi Instagramable ini.

Selamat mencoba!

Sambil menulis ini, saya mikir: Kadang kita memang control freak dan perfeksionis, bahkan telur aja harus kelihatan sempurna di social media :))

Komentar

  1. Berarti jatuhnya nggak digoreng tapi direbus yaaaa. Hihihii. Manusia memang suka banget keindahan dan kesempurnaan. Tanpa diupload di sosmed, kalo aku sukses buat telor mata sapi secantik ini pasti aku pandangi dulu juga kok sebelum dimakan. Hihihiihihihiii

    BalasHapus
  2. aku suka yang mbleber mbleber

    BalasHapus
  3. Aduh, aku mbayangke kok tetep wae gak iso nggawe Mbaaak. Gimana tuh cara menuangkan putihnya dulu? Secara, sebagai emak-emak berkemampuan memasak paspasan, aku selalu gagal bikin telur mata sapi syantikk...hihihi...

    BalasHapus
  4. Baru tau kalo gak pake minyak tapi pake air. Selama ini suka bikin telor setengah matang dan seringnya gagal. Boleh nih diciba tipsnya.

    BalasHapus
  5. Duh kalau saya kenapa justru lebih suka telur mata sapi yg kering kecoklatan gitu yah😂

    BalasHapus

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer