Cara Membuat Telur Mata Sapi Cantik Sempurna Nan Instagramable

10:53:00 AM

Etelur mata sapi

Sebagai orang yang hampir tiap hari buka-bukain sumber foto gratis maupun berbayar, melihat foto-foto telur mata sapi yang fotogenik itu benar-benar godaan. Padahal di depan mata adanya monitor, tapi tiba-tiba jadi lapar juga.

Sayangnya, begitu sampai di rumah, bikin telur mata sapi kok nggak seseksi di foto-foto. Pinggirnya selalu gosong, bagian putihnya keriput, kuning telurnya kematangan jadi ketika dibelah sensasi meleleh beleberan itu nggak dapat.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Kentang Ati (Pakai Santan)

Nah, suatu hari saya bersama seorang teman iseng-iseng bikin foto produk. Namanya juga orang belajaran, barang seadanya, ilmu tak punya hehehe ... Pasangan abadi mie goreng supaya lebih fotogenik ya apalagi kalau bukan telur mata sapi 'kan? Tapi kalau bikin telur mata sapinya seperti cara kami biasanya, tentu saja hasilnya bubar jalan.

telur mata sapi


Entah dapat ilham dari mana, akhirnya saya menemukan cara membuat telur mata sapi yang sempurna dan Instagramable. Ini caranya:

  1. Pakai teflon kecil, yang biasanya untuk membuat pancake
  2. Panaskan dengan api sangat kecil, tuangkan sedikit air ke atas teflon (Air ini sebagai pengganti minyak)
  3. Pecahkan telur, masukkan bagian putihnya terlebih dahulu, kemudian baru kuning telurnya 'ditata' sedemikian rupa supaya pas di tengah
  4. Nah, ketika air sebagai pengganti minyak mulai mendidih, siram-siramin aja ke atas putih dan kuning telurnya pelan-pelan sampai matang
  5. Kalau airnya habis, tambahin lagi dan ulang proses nomor 2 sampai dengan 4
  6. Nggak perlu dibalik supaya tampilannya nggak berantakan
Jadi ini sebetulnya semi-poached egg yang penampilannya saja seperti telur mata sapi. Tentu saja ini telur setengah matang supaya dapat sensasi beleberannya. 


telur mata sapi

Buat yang khawatir dengan keamanan dan kesehatan telurnya, pakai aja telur ayam kampung untuk membuat telur mata sapi Instagramable ini.

Selamat mencoba!

Sambil menulis ini, saya mikir: Kadang kita memang control freak dan perfeksionis, bahkan telur aja harus kelihatan sempurna di social media :))

You Might Also Like

5 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia