Resep Spaghetti Carbonara Gampang dan Hemat, Rp 30 Ribu Untuk Dua Porsi

5:11:00 PM


resep spaghetti carbonara

Setiap kali mau tidur, saya tuh pasti tenggelam sama Youtube. Yaaah, I know, I know, semestinya mau tidur itu mengurangi screening time. Tapi justru saya lebih cepat ngantuk kalau nonton Youtube.

Video Youtube yang paling sering saya kunjungi, apalagi kalau bukan video masak-memasak. Gara-gara ini, seringnya tengah malam lapar kemudian paginya impulsif pengen masak. Nah, semalam ini kejadian lagi, karena nonton videonya Jamie Oliver, saya jadi ngiler tapi sudah jam 23.30. Masak mau ngubek dapur malam-malam? Males cuci-cucinya dong :')) #sederhana



Akhirnya pagi ini kesampaian juga bikin spaghetti carbonara seperti di video. Tapi moon maap nih ya, bahan-bahannya nggak se-premium punyanya Om Gennaro Contaldo. Setidaknya mengobati rasa impulsif pengen makan spaghetti carbonara sepuasnya dan bahan yang murah-meriah. Kebetulan di rumah masih punya beberapa slice smoked bacon, sekalian diberdayagunakan.

Baca Juga: Resep Setup Makaroni Khas Solo

Bahan:

1/2 plastik spaghetti kering (untuk 2 porsi)
1 buah bawang bombay
2 buah telur ayam
100 gram keju cheddar
Bawang putih bubuk, secukupnya
Garam, gula dan lada, secukupnya
Bubuk oregano, secukupnya
Bacon / smoked beef / sosis, silakan pilih tergantung budget dan selera
Minyak sayur / minyak zaitun / mentega untuk menumis

Cara membuat:
  1. Rebus air sampai mendidih, masukkan sedikit minyak dan garam. Masukkan spaghetti. Rebus sampai al dente. Tiriskan. Air pastanya jangan dibuang.
  2. Rajang bawang bombay, potong-potong bacon/smoked beef/sosis, kocok telur ayam, parut keju cheddar.
  3. Tumis bawang bombay dengan mentega sampai harum, kemudian masukkan bacon/smoked beef/sosis. Aduk-aduk sampai setengah matang.
  4. Masukkan spaghetti yang sudah direbus ke dalam tumisan bawang bombay. Aduk rata.
  5. Tuang sedikit saja air pasta, biar pastanya nggak terlalu kering. 
  6. Tambahkan garam, bawang putih bubuk dan lada sampai rasanya pas, sedikit asin nggak apa-apa karena biasanya kalau sudah ketutupan sama adonan telur rasanya jadi lebih hambar. Jangan lupa taburi sedikit gula supaya lebih gurih.
  7. Campurkan kocokan telur dengan keju di mangkuk terpisah. Tambahkan bawang putih bubuk dan oreganonya. 
  8. Matikan kompor. Baru kemudian siramkan campuran kocokan telur ke atas spaghettinya. Aduk-aduk sampai kejunya meleleh dan telurnya bercampur rata.
  9. Taburi dengan keju parut di atasnya.
  10. Siap disajikan
resep spaghetti carbonara

NB: 
  • Di poin nomor 7, KOMPOR WAJIB DIMATIKAN YA! Karena kalau kompornya nyala, telurnya jadi scramble egg. Nanti telurnya akan 'masak' karena kondisi spaghetti dan wajan yang masih panas.
  • Karena ini adonan telurnya langsung disiramkan tanpa dimasak dengan api lagi, lebih aman pakai telur ayam kampung ya. Apalagi kalau disajikan buat anak-anak. 
  • Lebih enak kalau ditambah jamur Champignon. Ta-tapi ... kalo pakai jamur Champignon nanti diprotes netizen, "Katanya murah, kok jamurnya ada Rp20 ribu seplastik, Mbak?" :((

Sebetulnya total biaya buat bikin spaghetti carbonara ini murah kok. Kalau beli spaghetti yang 450 gram, harganya Rp12 ribuan. Bisa untuk 3-4 porsi tapi. Bacon dan smoked beefnya bisa banget diganti dengan sosis siap makan, paling per buahnya cuma Rp1.000-an. Oregano seplastik yang beli di Giant itu Rp5.000-an, bisa dipakai berkali-kali sampai mabuk tuh. Kita butuhnya cuma sejumput ujung jari aja.

Perkiraan biaya pembuatan spaghetti carbonara sederhana ini sekitar Rp30 ribu, untuk 2 porsi. Lumayan lah. Cocok buat kita-kita yang hemat bin irit bin pelit tapi banyak maunya :))

Selamat mencoba!


You Might Also Like

2 comment

The Words is Mightier Than The Swords" - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)

Popular Posts

Blog Archive

Google+ Followers

Part of

Warung Blogger
Blogger Perempuan

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia

Voucher Diskon 15% Zalora Indonesia
Diskon 15% Zalora Indonesia