Treatment Super Nyaman Tanpa Rasa Sakit di ZAP Clinic Malang

7:31:00 PM

ZAP Clinic Malang


Memasuki usia late 20's ini, banyak pemikiran saya tentang hal-hal di dunia ini yang berubah. Terutama soal self-love. I currently working (hard) for this. Karena mencintai diri sendiri itu nggak semudah yang tertulis di quote-quote di Tumblr atau Instagram hehehe ~

Sempat terjebak dalam pemikiran perbandingan 'cantik vs jelek', sering dikatain alias body shaming dan mengalami sendiri bagaimana lingkungan sosial memperlakukan seseorang berdasarkan pesona fisik, bikin saya sangat minder di awal-awal usia 20-an. Waktu itu, yang ada dalam pikiran, ya saya benci. Benci aja sama orang-orang yang mendorong orang lain berpikir jelek tentang dirinya sendiri.

Semakin ke sini, dengan lingkungan sosial yang makin dewasa dan bisa dibilang makin baik, akhirnya saya berpikir berbeda. Kita diciptakan dengan citra sebaik-baiknya seperti ini sama Yang Maha Pencipta. Ada hal yang bisa kita ubah, ada pula yang nggak bisa. Soal warna kulit, jenis rambut ... Nggak bisa diubah karena berasal dari gen yang diwariskan. Meski nggak bisa diubah, kita bisa merawat dan menjaga sebaik-baiknya.

Dulunya saya pikir, orang-orang yang menjalani beauty treatment itu pengen cantik banget ya? Effort-nya gede, padahal ya hasilnya sama aja kelihatannya. Tapi pemikiran saya ternyata salah besar!

Beberapa tahun belakangan ini, saya berusaha mengenal dan merawat kulit wajah. Diawali dari rajin membersihkan wajah setiap kali habis beraktivitas, pakai skincare secara teratur, mengenal jenis kulit supaya nggak sembarangan memilih treatment. Setelah rutin melakukannya sendiri, pemikiran saya pun berubah, namanya orang melakukan treatment itu bukan karena 'pengen cantik' atau 'genit'. Tapi salah satu usaha mencintai diri sendiri, menjaga dan merawat aset yang sudah dipercayakan Tuhan pada kita dalam bentuk kulit wajah.

Karena itulah, dalam kesempatan terbatas, saya mencoba treatment perawatan wajah dari ZAP Clinic yang kini hadir di Malang. Tahu dong ZAP ? Kalau dengar nama ZAP pasti yang terbesit di pikiran adalah layanan hair removal. Yups, memang awalnya ZAP terkenal karena layanan tersebut. Tapi sekarang, layanan ZAP lebih beragam, nggak cuma hair removal saja. Melainkan juga treatment perawatan wajah sampai tattoo removal.

Sebetulnya, saya sudah nggak asing sama ZAP karena pernah diundang di acara pembukaan ZAP Clinic di Lampung, tahun 2018 silam.

Baca ceritanya di sini, di sini dan di sini ya.

Ngobrol punya ngobrol dengan tim ZAP waktu itu, mereka berencana membuka kliniknya di Malang karena ternyata pelanggan di ZAP Clinic Surabaya itu cukup banyak yang berasal dari Malang.

zap clinic malang
Fadly Sahab, CEO of ZAP | Image taken by Winda Carmelita

Eh, akhirnya terwujud deh harapannya membuka outletnya di Malang di bulan November 2019 ini. Tepat di tanggal 1 November 2019. Seperti yang diungkapkan oleh Mas Fadly Sahab, CEO ZAP Clinic dalam acara launching ZAP Clinic Malang, “Selama ini perempuan Malang rela bepergian berjam-jam ke Surabaya untuk merasakan perawatan laser kami. Sekarang akhirnya ZAP Clinic bisa membawa teknologi laser kami ke kota Malang, untuk membuat kulit perempuan di Malang lebih sehat, kencang dan glowing."

zap clinic malang
Grand Launching of ZAP Clinic Malang (1/10/2019) | Image taken by Winda Carmelita
Congrats, Team!

Tahap Konsultasi


ZAP Clinic Malang
Super comfy and clean | Image taken by Winda Carmelita

ZAP Clinic mendatangkan mesin laser Alma Beauty dan Fotona yang diimpor langsung dari Eropa. Di Indonesia, ZAP Clinic menjadi klinik kecantikan yang paling banyak menggunakan mesin laser yang termasuk dalam jajaran sepuluh teknologi laser medis terbaik di dunia lho.

Perawatan laser ZAP Clinic Malang antara lain ada Photo Facial, Underarm Rejuvenation, Body Rejuvenation, Lifting, Active Acne Laser, hingga Hair Removal. Bingung 'kan mau pilih yang mana? Makanya itu penting buat berkonsultasi terlebih dahulu, apalagi buat yang pertama kali datang.

ZAP clinic malang PRP
Platelet Rich Plasma (PRP) treatment, pakai plasma darah sendiri sebagai terapi kulit | Image taken by Winda Carmelita


Setelah buat appointment dengan Mbak Dwi dari ZAP Clinic Malang, saya meluncur ke Jalan Buring, Malang, lokasi ZAP Clinic Malang berada. Begitu masuk dan registrasi di resepsionis, saya dipersilahkan duduk menunggu.

Nggak lama kemudian, saya dipanggil oleh dr. Vania yang meng-handle saya dalam treatment kemarin. Karena sudah lama nggak treatment, dr. Vania mengajak berkonsultasi terlebih dahulu di ruang konsultasi.

Obral-obrol cukup panjang, akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa kulit saya kombinasi, cenderung berminyak di area T dengan masalah pori-pori besar di area pipi. dr. Vania menyarankan treatment photo facial untuk hasil yang maksimal.

"Tapi, Dok, saya tuh takut kalau dilaser yang kerasanya panas cekit-cekit kayak kena kembang api itu lho. Dulu pernah treatment di suatu klinik, IPL begitu. Selain kaget dan panas, habisnya treatment malah kulit saya merah-merah," kata saya ke dr. Vania. Curhat, Sis, ceritanya. Habisnya memang pengalaman itu traumatik sih hahahaha ~

"Kalau begitu, Mbak Winda treatment pilih yang Alma Rejuvenation aja. Ini pakai teknologi baru namanya Advance Flourescence Technology (AFT), pengembangan dari Intense Pulse Light (IPL). Nggak sakit kok, Mbak," kata dr. Vania. Kata dr. Vania, sama seperti gadget, teknologi face treatment pun berkembang semakin canggih dan semakin baik. Salah satunya adalah mengurangi efek rasa sakit saat treatment berlangsung. Selain itu, sekalipun layanan yang diberikan sama, kualitas alat yang digunakan masing-masing klinik kecantikan juga turut menentukan rasa sakit yang ditimbulkan. "Nah, ini teknologinya baru Mbak. Gak bakal panas kok, jangan khawatir, paling cuma pancaran cahayanya aja sih yang menyilaukan."

Memang sih, waktu treatment di ZAP Clinic Lampung dulu, saya nggak merasa sakit sama sekali waktu treatment. Terasa sedikit percikan hangat, tapi tetap nyaman. So, yeah, saya pun setuju menjalani Alma Rejuvenation, satu dari tiga rangkaian ZAP Photo Facial.

Tahap Treatment



Sebetulnya treatment Alma Rejuvenation ini adalah treatment tahap kedua. Yang pertama adalah Face Toning yang menembus area dermis, lalu yang ketiga adalah Oxy Infusion yang mengikis sel kulit mati di epidermis sekaligus memberi serum.

Treatment Alma Rejuvenation boleh dilakukan untuk orang yang tidak punya masalah dengan banyak jerawat di wajah. Kebetulan, saya nggak lagi ada jerawat sih. Treatment Alma Rejuvenation yang saya lakukan bertujuan untuk mengurangi hiperpigmentasi di kulit lapisan atas (epidermis dan dermis bagian atas), mengurangi jerawat dan peradangan pada kulit wajah.

Pertama-tama, wajah dibersihkan dengan cleanser kemudian di bagian-bagian yang ada tahi lalatnya, diberi semacam plester. Lalu, saya dipasangin kacamata khusus untuk menghalangi pancaran cahaya dari alat AFT-nya nanti. Wajah saya kemudian diberi formulated gel yang super-super-super dingin. Pas diaplikasikan ke wajah, rasanya 'nyess'. Asli, bikin nagih! Hahahaha ...

"Dok, ini kayak anestesi gitu kah gelnya?" tanya saya. "Bukan, Mbak. Karena alat AFT-nya nanti memancarkan panas, gel dingin ini sebagai penghantarnya," jelas dr. Vania. Kemudian, dimulailah tahapan penyinaran ini. Bedanya dengan Face Toning yang pernah saya lakukan dulu, kalau Alma Rejuvenation ini 'tembakan' lasernya tidak terpusat di satu titik kecil. Melainkan lebih luas. Seluruh bagian wajah sampai ke atas bibir semuanya kena paparan AFT, kecuali bagian yang luka (kebetulan saya ada luka bekas alergi logam frame kacamata)

ZAP Clinic Malang
Treatment dimulai oleh dr. Vania

Surprisingly, treatment ini sama sekali nggak ada rasa sakit. Panas pun nggak. Walau dinginnya gel sudah mulai berkurang karena paparan alat yang semakin panas, it was very very bearable. Enak, Sis, malahan. Rasanya ngantuk hahahah ... Tahapan AFT ini berjalan sekitar 15 menit.

Setelah selesai, gel dibersihkan dari wajah. Kemudian wajah saya dibersihkan lagi dengan toner. Tahapan terakhir adalah mengoleskan krim anti alergi. Sudah deh, selesai.

After Treatment


ZAP Clinic Malang


Setelah treatment, yang saya rasakan, waow, kulit jadi lebih enteng dan bersih. Lalu, kulit wajah saya berasa sangat sehat dan halus. Padahal nggak pakai alas bedak apapun, apalagi bedak. Kalau orang Korea mah bilang teksturnya 'choc-choc', alias kenyal dan glowing, tapi nggak berminyak. Puas banget!

Do's Dont's saat Perawatan di ZAP

Oh iya, ada yang hampir ketinggalan kuceritakan, padahal ini penting banget. Kalau mau perawatan apapun di ZAP ada Do's Dont's-nya lho.

Sebelum perawatan:


  1. Sebelum treatment, hindari paparan sinar matahari langsung atau melakukan tanning
  2. Menggunakan tabir surya SPF 30
  3. Tidak perlu menggunakan make up berlebih saat akan melakukan treatment (iya lah, nanti dihapus juga kok)

Setelah perawatan:


  1. Selama 2 minggu setelah treatment, jangan berjemur apalagi tanning ya
  2. Pakai sunblock is a must! Minimal sunblock SPF 30
  3. Sehari setelah treatment, jangan berenang, spa, scrubbing wajah dan membasuh wajah dengan air hangat. Tujuannya untuk menghindari risiko iritasi
  4. Boleh pakai makeup? Boleeeeh, tapi sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter ya!
Kenapa Harus ZAP Clinic?

zap clinic malang

Waktu saya ngepost soal ZAP Clinic Malang, teman-teman saya pada merespon baik dan pengen cobain juga. Bahkan ada yang pernah langganan di Surabaya dan happy karena sekarang nggak perlu lagi jauh-jauh untuk perawatan di ZAP Clinic. Seoke itu memang. Nggak heran, ZAP Clinic memang aman dan terpercaya. Ada 37 outlet tersebar di 12 kota dengan sistem yang terintegrasi online, jadi bisa treatment di mana pun dengan paket ZAP Series dan membership yang dimiliki.

Saya sempat ngobrol sama Mbak Dwi, bahwa proses membuka outlet ZAP Clinic memang nggak main-main. Termasuk urusan izin dari dinas kesehatan. Nggak ada tuh namanya bohong-bohongin prosedur supaya bisa cepat buka dan cepat beroperasi. Iya dong, kredibilitas dipertaruhkan banget 'kan~ 

Selain itu, dokter estetika dan dermatologis ZAP Clinic ini terpercaya, dibawah pengawasan medical supervisor. Jadi lebih tenang 'kan kalau yang menangani profesional beneran, bukan abal-abal. Selain itu, pelayanannya ramah dan hangat. Saya suka kalau sambil treatment tuh diajakin ngobrol, dan di ZAP selalu petugasnya menyenangkan buat diajak ngobrol.

Oh iya, perawatan di ZAP Clinic Malang ini harganya cukup terjangkau lho, mulai Rp 199ribu, dengan kualitas premium yang nggak abal-abal. Daripada keluar biaya yang sama untuk beli produk skincare dan beauty treatment yang belum terjamin keamanannya.

Jadi gimana, tertarik nggak buat treatment di ZAP Clinic? Kalau belum tertarik treatment, don't worry. ZAP juga punya lini kosmetik yang menarik lho, namanya ZAP Beauty. I'll review it later ya!

Read more about ZAP, here

ZAP Clinic Malang
Alamat: Jl. Buring no. 30, Malang
No.telp: (0341) 3012799
Instagram: @zapmalang

You Might Also Like

1 comment

  1. Hm... ada ZAP jadi tambah banyak pilihan ya kalau mau perawatan kulit. Trims infonya ^^

    ReplyDelete

The Words is Mightier Than The Swords - Edward Lynn-Button
Tinggalkan jejak yang baik, no spamming, junk, dan tinggalkan nama ;)