Journal #4: Belajar Hal Baru di Hari 15-24 Karantina #DiRumahAja


Bagaimana kabarnya dunia? Baik-baik saja, aman terkendali, apa sudah mulai gila? Hahahaha ~ Di minggu ketiga ini saya semakin malas lihat update berita soal Covid-19 karena semakin bikin nggak nyaman. Mana nggak ada keputusan yang melegakan di masa krisis ini, udah sampai tahapan muak 'kali ya.

Daripada ngurusin Covid-19 melulu, saya lebih memilih menyibukkan diri aja. Partisipasi saya minim sih memang, paling nggak ikut berkontribusi untuk tetap di rumah dan rajin cuci tangan serta pakai masker. Sisanya, I'm trying to keep insane in this situation 😅

Untungnya, di minggu ketiga ini mulai menemukan keasyikan-keasyikan baru yang cukup mengalihkan perhatian dari sekadar nulis dan nonton Youtube all the time.

Belajar Menjahit


masker kain

Semua ini berawal dari ajakan teman-teman Ngalup dan Banana buat menjahit masker kain sendiri di rumah. Sebagai keturunan dari keluarga konveksi dan Mama yang juga pinter jahit, tentu saja saya pede bisa melakukannya. Petunjuk pertama adalah jahit tangan. Baru jalan 5 menit, sudah 5 kali bongkar jahitan, hahaha. Menyedihkan sekali! Akhirnya saya menyerah dan pinjem mesin jahitnya Mama. Lumayanlah, jadi 2 buah masker kain yang nggak rapi-rapi amat dan butuh waktu 4 jam untuk bikin satu buah saja, dan boyok yang encok sampai badan pegel-pegel. Tukang jahitnya amatiran euy! Tapi seru juga nih, kaykanya saya pengen bikin totebag sendiri deh. Yang gampang-gampang aja polanya.

Baca Juga: Journal #3: Kegiatan Di Rumah Aja Day 8-14

Nyobain Bikin Apps pakai Glide


aplikasi glide app

Dari dulu saya selalu pengen bisa bikin produk sendiri. Walaupun sederhana, tapi paling nggak saya tahu prosesnya, nggak melulu pakai template yang udah jadi. Setelah ngubek-ngubek, saya nemu website namanya Glide. Di Glide ini, kita bisa bikin aplikasi sendiri buat dijalankan di mobile.

Ada banyak template yang bisa digunakan untuk building appsnya, kalau malas bikin sendiri from scratch. Tapi kemarin saya bikinnya dari nol. Glide ini terintegrasi dengan Google Sheet. Jadi bikin rumusnya (apa sih namanya itu, kayak 'manggil perintahnya') ya di kolom-kolom Google Sheet.

Baca Juga: Ternyata, Kita Bisa Kok ...

Tentu saja pusing banget awalnya. Tapi untungnya sudah terbiasa ngutak-atik blog sendiri, jadi kurang lebih hampir mirip lah. Dengan durasi hampir sama dengan mengerjakan 2 buah jahitan masker, saya bisa building apps sederhana from scratch di Glide. YAAK SODARA-SODARA, SUDAH KELIHATAN 'KAN BAKAT SAYA ADA DI MANA? *rajah jarum diri sendiri *eh udah pernah sih jadinya merak hahahhaa

Jujur, di minggu ketiga ini saya mulai terbiasa dengan kondisi terbatas hanya di rumah saja. Tapi mulai kepikiran sih, sampai kapan mau terbelenggu dengan kondisi seperti ini. Memang kudu bersyukur, tapi harus realistis kalau kita nggak bisa terus berlarut-larut seperti ini. Sementara hanya bisa #DiRumahAja, sambil mikir cara mencari penghasilan dan kesibukan, biar nanti ketika karantina ini kelar kita sudah siap dengan back up plan.

Semoga keadaan cepat membaik!

*) Image taken from pexels.com/pixabay

Comments

Popular Posts