Resep Cara Membuat Ayam Woku Ala-ala, Bikin Ketagihan Nambah Nasi


Pasangan nasi panas kebul-kebul ternikmat adalah masakan yang bumbunya kental, berempah dan berminyak. Dibandingkan sama makanan berkuah, saya lebih suka tipikal makanan berbumbu agak kering begini. Rendang, sambal goreng kentang ati, rica-rica ... you name it!

Nah, kemarin malam sebelum tidur saya baca-baca apps Cookpad. Sebutlah saya pemuja Cookpad karena berkat apps ini semua problem dapur jadi terasa lebih mudah dan mematahkan anggapan, "Duh, Wind, ojok nyekel gitar ae. Belajar masak sana sama Mamamu ..." :P (Faktanya adalah ... sekarang saya jarang pegang gitar, lebih sering pegang sutil).

Baca Juga: Resep Asian Spicy Chicken

Kembali lagi ke kisah semalam, jadi mau tidur itu saya ngobrol sama Mama sambil baca-baca Cookpad. Mendaratlah pada resep ayam woku. Duh, fotonya itu, walau buram tapi terlihat bikin ngiler banget soalnya bumbu wokunya mlekoh. Akhirnya saya bertekad, "Besok pagi bikin ayam woku!"

So, here this is it, ayam woku ala-ala. Menyesuaikan bahan yang ada di pasar ya, karena kalau aslinya masakan Manado sih pakai daun kunyit tapi di sini sulit didapatkan.

Bahan:
Sayap dan paha ayam (boleh pakai ayam bagian apa saja, kalau saya lebih suka bagian sayap dan paha)
Daun jeruk, potek-potek supaya minyak alaminya keluar
Daun salam, potek-potek supaya minyak alaminya keluar
Serai
Daun kemangi
Jeruk nipis

Bumbu halus:
Bawang merah
Bawang putih
Cabe merah besar
Cabe rawit
Kunyit
Jahe
Lengkuas
Garam
Gula
Lada

Cara membuat:

  1. Semua bumbu halus diulek atau diblender. Saya anaknya ulekan banget, jadi lebih suka diulek agak kasar. Ada yang suka halus banget. Sesuai selera lah ya.
  2. Ayam direbus sekitar 10 menit, jangan sampai terlalu keras ya, karena nanti bakal dimasak lagi dengan bumbu. Kaldunya jangan dibuang.
  3. Tumis semua bumbu halus dengan minyak sampai aromanya wangi. 
  4. Masukkan ayam. Aduk hingga tercampur dengan bumbu.
  5. Masukkan daun jeruk, daun salam, serai.
  6. Tambahkan sedikit air kaldu ayam tadi.
  7. Masukkan kemangi, aduk-aduk sampai rata dan minyak ayamnya keluar dan tanak. 
  8. Kasih perasan jeruk nipis biar lebih segar
  9. Biarkan sampai mendidih dan matang. Matikan kompor.
  10. Siap disajikan

Ini adalah tipikal makanan yang bikin ketagihan nambah nasi. Kalau masih tersisa bumbunya bisa tambahin rebusan telor atau tahu digoreng setengah matang. Enak banget dimakan dengan kerupuk  kampung atau kerupuk udang. Rasanya nggak rela kalau di piring masih ada sisa-sisa minyak. Bawaan pengen bersihin aja, pake nasi putih panas (lagi). Gitu terus nggak berhenti makan :P

Selamat mencoba! 



Komentar

  1. Sial.

    Baca ginian jadi pengen nge eksekusi besok, Wind!


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. Wuah enaaak, apalagi pedes. Masakan kayak gini nih yg bikin galau, pengin masak tapi anak2 nggak bisa makan pedes, ntar aku sendiri dong yg ngabisin *tambah melar badannya :D

    BalasHapus
  3. hai anak ulekan, dapet salam dari anak blender! (kenapa blender? karena kalo ngulek keringetan nanti lepekkkkk disini panas banget bok)

    btw aku kirimin tulisan ini ke mamaku lho. minta dimasakin kalo besok aku pulang. kenapa ngga masak sendiri? karena aku mau nyiapin tenaga buat makannya huahahaha

    BalasHapus
  4. Save ah aku sukkaaak banget masak.... Yes dpt resep baru biar gak muter itu2 mulu

    BalasHapus
  5. emang bener, rica ayam menambah nafsu makan dan bikin ketagihan terutama rasa pedasnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Thankyou for your feedback!

Postingan Populer